Sabtu, 24 Juni 2017 - Pukul 17:30

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

edukasi

Kewiraan Efektif Bentuk Mentalitas Pelajar

Oleh: Susi Susilawati - Senin 07 September 2015 | 07:00 WIB

Kewiraan Efektif Bentuk Mentalitas Pelajar

ilustrasi/net

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR – Sejumlah sekolah mulai menerapkan pendidikan kewiraan kepada peserta didik. Pasalnya, pendidikan tersebut dinilai dapat menumbuhkan jiwa perjuangan dan rasa nasionalisme, serta melatih mental peserta didik.

 

Kepala SMK Negeri 1 Pacet, Iwan Gunawan menjelaskan, pendidikan kewiraan merupakan suatu pembelajaran yang harus diterapkan di sekolah. Termasuk SMKN 1 Pacet yang sudah menerapkannya sejak empat tahun lalu.

 

“Ini dilakukan untuk pemeliharaan sikap, mental kuat dan menumbuhkan rasa sopan santun para siswa. Hal ini perlu jika melihat kondisi pelajar sekarang ini dengan yang dulu, sangat berbeda. Sudah ada degradasi,” terangnya kepada “BC”, Sabtu (6/9) lalu.

 

Dikatakannya, menumbuhkan rasa nasionalisme juga merupakan aplikasi dari pendidikan kewarganegaraan (PKN). Untuk pendidikan kewiraan sendiri, sambung Iwan, para siswa menjalaninya selama satu bulan dengan berkoordinasi dengan Raider 300.

 

“Kegiatannya dilakukan di sekolah. Diberikan kepada seluruh tingkatan. Namun, evaluasi pendidikan kewiraan selalu dilakukan saat kenaikan kelas yang dilakukan selama tiga hari. Tujuannya agar siswa terus ingat dengan materi yang sudah disampaikan dalam pendidikan kewiraan,” paparnya.

 

Senada, Guru SMK Negeri 1 Cidaun Aan Gunawan menuturkan pendidikan kewiraan diberikan kepada siswa sebagai pelatihan mental. Pendidikannya sendiri diikuti seluruh siswa, baik putri maupun putra dan semua jurusan.

 

“Mulai dari Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) dan Teknologi Pengelolaan Hasil Pertanian (TPHP). Semua ikut pendidikan kewiraan. Kita kerjasama dengan koramil setempat, karena memang dekat dengan sekolah juga,” terangnya.

 

Dirinya berharap, pemberian pendidikan kewiraan dapat mlatih mental siswa-siswanya agar nantinya saat terjun ke dunia kerja dalam kondisi siap. “Apalagi buat mereka yang ingin jadi ABK, pendidikan ini sangat dibutuhkan,” tegasnya. (zlf)

Komentar