Selasa, 24 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Soal Alih Fungsi Lahan, Bupati Disebut Salahkan Papap

Aktivis Desak Ombudsman Rekomendasikan Penegak Hukum Panggil Paksa IRM

Angga Purwanda/Gie

Jumat, 02 Maret 2018 - 07:55 WIB

foto:Angga Purwanda/BC
foto:Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - ALIH fungsi lahan pertanian pangan berkelanjutan di Kabupaten Cianjur, masih terus disoroti Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat. Satu di antaranya alih fungsi lahan pendirian pabrik milik PT Pou Yuen Indonesia (PYI) yang menggerus hampir 70 hektar lahan pertanian di Desa Sukasirna, Kecamatan Sukaluyu.

Bahkan, Ombudsman sudah tiga kali melayangkan surat pemanggilan kepada Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar (IRM), untuk meminta klarifikasinya. 

Berdasarkan data yang dihimpun, pemanggilan kepada bupati melalui surat pertama dengan nomor 0054/KLA/0064.2017/bd.05/VIII/2017 tertanggal 29 Agustus 2017. Namun karena belum ada tanggapan, Ombudsman kembali melayangkan surat kedua bernomor 0023/LNJ/0064.2017/bd.05/X/2017 tertanggal 5 Oktober 2017.

Sedangkan surat ketiga bernomor 002/SRT/0064.2017/bd.05/1/2018 dilayangkan Ombudsman tertanggal 18 Januari 2018.

Menanggapi hal tersebut, Irvan menegaskan, alih fungsi lahan yang disoroti Ombudsman tersebut terjadi sebelum masa jabatannya. “Sehingga orang-orang teknis yang berangkat ke sana (Ombudsman) dari perizinan, Bappeda, termasuk dulu itu tata ruang dan permukiman, serta BLHD (Badan Lingkungan Hidup Daerah)," jelasnya saat ditemui usai rapat di kantor Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Cianjur, kemarin. 

Saat memenuhi panggilan Ombudsman, sambung dia, sejumlah petugas di instansi teknis di lingkungan Pemkab Cianjur tersebut menjelaskan, di Kabupaten Cianjur saat itu belum memiliki Perda Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B). Irvan menyebutkan, kebijakan moratorium alih fungsi lahan pertanian pangan berkelanjutan baru diberlakukan tiga hari setelah dirinya dilantik.

"Sekarang pun tidak bisa dikeluarkan izin-izin atas lahan pesawahan. Adapun tindak lanjut alih fungsi lahan yang lama, rencananya harus ada dulu perda. Baru ada pencetakan lahan baru dari hasil alih fungsi lahan tersebut," beber Irvan.       

Irvan terkesan tak mau tahu dengan permasalahan terjadinya alih fungsi lahan pertanian tersebut. Dalihnya, lagi-lagi karena alih fungsi lahan merupakan tataran teknis dan terjadi di saat periode Bupati Tjetjep Muchtar Soleh yang notabene merupakan orangtua Irvan Rivano Muchtar.

"Saya mah pengambil kebijakan, kebijakannya (alih fungsi lahan) bupati yang lama," pungkasnya. 

Sementara itu, Ketua Aliansi Rakyat Sugih Mukti untuk Cianjur (Ayat Suci), Ridwan Mubarak mendesak Ombudsman untuk melayangkan surat rekomendasi kepada lembaga peradilan terkait, baik Kejari maupun Kejati untuk memanggil paksa Bupati Cianjur dan Mantan Bupati Cianjur, Tjetjep Muchtar Soleh (TMS).

“Ketidakpatuhan terhadap lembaga tinggi negara setingkat Ombudsman oleh IRM dan TMS, adalah tindakan melawan hukum dan merupakan pembangkangan konstitusi yang sah,“ tegasnya.

Menurutnya, jika IRM dan TMS tidak merasa melakukan penyimpangan terkait dengan kawasan industri Sukaluyu.

“Harusnya bupati teuneung jeung ludeung (berani, red) menghadapi siapapun, tak terkecuali Ombudsman. Ketidak beranian TMS dan IRM memenuhi Ombudsman, akan memunculkan kesan bahwa mereka takut dan memang melakukan penyimpangan. Logikanya sederhana,“ tegasnya.

Terpisah, Ketua Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia (SPRI) Cianjur, Rudi Agan mengaku heran dengan sikap Bupati Cianjur yang terkesan hanya menyalahkan Mantan Bupati Cianjur yang merupakan Bapak Kandungnya sendiri.

“Ini kok jadi nyalahin Papap (Mantan Bupati, TMS, red). Harusnya, kalau memang merasa tak bersalah, baik bupati maupun mantan bupati hadapi Ombudsman, jelaskan sejelas-jelasnya. Jangan terkesan takut,“ tutupnya.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Si Maung 6 jam yang lalu

Laga El Clasico Panas Sebelum Laga Dimulai

LAGA Persib kontra Persija memang baru akan dimulai Sabtu (28/4/2018) mendatang. Namun panasnya laga bertajuk “El Clasico” sudah terasa sebelum laga dimulai.

Si Maung 6 jam yang lalu

Pede, Gomez Targetkan Kemenangan di Jakarta

BUKAN imbang tapi menang. Itulah target Pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomes, pada laga bertajuk “El Clasico” yang bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (28/4/2018)…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Laporan Keuangan Desa di Cianjur Belum Seragam

PEMERINTAHAN Desa (Pemdes) di Kabupaten Cianjur masih belum seragam dalam sistem laporan keuangan desa. Ada yang masih menggunakan Sistem Pengelolaan Keuangan Desa (Silokades) tapi juga yang sudah menerapkan…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Satlantas Pantau Ruas Infrastruktur Jalan

SATUAN Lalulintas Polres Cianjur, mengagendakan survei pemantauan ruas-ruas infrastruktur jalan menjelang arus mudik Idul Fitri 2018. Hal itu diungkapkan Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Rendy Setia Permana,…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Baru Dibuka, 'Sabore Kitchen' Diburu Pecinta Gelato

BISNIS kuliner di Kabupaten Cianjur semakin dilirik. Banyak lokasi kafe dan restoran 'anyar' tumbuh di kota yang terkenal dengan kota tauco ini. Tak heran jika antar outlet kuliner saling adu konsep,…

Cianjur Euy 22/04/2018 20:53 WIB

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 22/04/2018 20:07 WIB

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.

Cianjur Euy 22/04/2018 20:05 WIB

Positif Amfetamin, Dua Remaja Perempuan Diamankan

DUA orang pengunjung tempat hiburan di Cianjur diamankan petugas gabungan dalam razia cipta kondisi (Cipkon) yang digelar Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018) dini hari.

Cianjur Euy 20/04/2018 21:59 WIB

Dua Polwan Polres Cianjur Ikuti Kartini Run 2018

DUA Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur akan memeriahkan lomba lari bertajuk Kartini Run 2018 yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…