Sabtu, 24 Juni 2017 - Pukul 17:19

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

edukasi

Cintai Budaya Cianjur Lewat Film Tiga Pilar Satu Hati

Oleh: Susi Susilawati - Senin 07 September 2015 | 18:00 WIB

Cintai Budaya Cianjur Lewat Film Tiga Pilar Satu Hati

ilustrasi/net

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR – Pemutaran film layar lebar yang berjudul Tiga Pilar Satu Hati di aula SMP Muhammadiyah Cianjur, kemarin, mengajarkan kepada peserta didik mengenai pentingnya mencintai budaya sendiri. Tiga Pilar Satu Hati sendiri merupakan film mengenai budaya Cianjur.

 

Ketua Pelaksana Pemutaran Film Tiga Pilar Satu Hati, Dadang Sudrajat, bagian film yang menceritakan Ngaos, Mamaos dan Maepon ditayangkan pada episode “Bebegig Sawah”.

 “Minimal siswa ini mengetahui dan mengenal, setelah itu kan mereka akan mencari tahun apa yang maksud dari tiga pilar budaya untuk bisa mempelajari, mencintai dan nantinya akan melestarikan,” ujar Dadang sekaligus Ketua Sangar Pelangi kepada “BC” saat ditemui sebelum pemutaran film dimulai di Aula SMP Muhammadiyah Cianjur, Minggu (6/9).

 

Lanjut Dadang, film edukasi tersebut pihaknya sudah memutar di sejumlah sekolah mulai dari SD, SMP, SMA/SMK. Diharapkan makna yang diterima siswa mampu ditularkan kepada teman lainnya.

 

“Film ini untuk kalangan umum, namun yang jadi sasaran utama kalangan pelajar terlebih dahulu. Film edukasi tiga pilar satu hati masih mempunyai terusan episodenya untuk memperdalam makna tiga pilar di Cianjur,” tandasnya.

 

Guru SMP Muhammadiyah, Yudha mengatakan, kegiatan pemutaran film Tiga Pilar Satu Hati sangat positif dan membangun sebagai bentuk pembelajaran dan apresiasi seni di bidang pendidikan, sehingga menjadi sebuah motivasi untuk anak, supaya lebih berinovasi dan kreatif lagi dalam bidang seni.

 

“Sangat diapresiasi oleh seluruh siswa yang hadir hampir lebih dari 50 siswa yang tergabung dari beberapa kelas. Diharapkan akan ada pembelajaran yang bisa diambil seperti melestarikan budaya Cianjur melalui kreasi dan inovasinya untuk terus dieksplor ke luar daerah atau di daerahnya sendiri,” pungkasnya. (usi)

 

Komentar