Sabtu, 21 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia
Advertorial

FH Unsur Peringkat ke-2 Pemberkasan Kompetisi Peradilan Semu Tingkat Nasional

Elloy/adv

Senin, 05 Maret 2018 - 22:22 WIB

Foto: Elloy/BC
Foto: Elloy/BC
A A A

Beritacianjur.com - KPS FH UNSUR mengikuti Kompetisi Peradilan Semu Tingkat Nasional Piala Frans Seda 2018 dengan Tindak Pidana Siber dan Telematika yang diselenggarakn oleh Fakultas Hukum Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta. Kegiatan ini dibagi menjadi dua sistem kompetisi yaitu babak Final dengan sistem Presentasi dan Babak Final yaitu dengan simulasi sidang.

Menurut Bagian Kemahasiswaan FH Unsur M. Rendi Aridhayandi, acara ini diselenggarakan selama tiga hari dimulai hari Jum’at 23 sampai dengan Minggu 25 Februari 2018, dan di ikuti oleh delapan Universitas baik itu Negeri maupun Swasta di Indonesia yang terdiri dari Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Pelita Harapan (UPH), Universitas Islam Nusantara (UNINUS), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Suryakancana (UNSUR), Universitas Atma Jaya Yogyakarta (ATMA JOGJA), Universitas Merdeka Malang (UNMER), dan Universitas Krismadwipayana (UNKRIS).

Selain itu kata Rendi, diikut sertakan juga delegasi yang menjadi observer yaitu Universitas Pamulang, Universitas Muhamadiyyah Kendari, Universitas Samudra Langsa, dan Universitas Lampung. Dalam sistem Kompetisi ini di ambil empat delegasi yang nantinya akan melanjutkan langkah ke Final. Selain itu sistem kompetisi kali ini yaitu Group/Chamber jadi delapan delegasi dibagi dalam dua kelompok yang akan diambil dua delegasi dari nilai tertinggi dari masing-masing kelompok.

Berbeda dari sebelumnya, kata Rendi sistem kompetisi yang lalu adalah liga/rangking yang diambil dari keseluruhan nilai tertinggi semua delegasi. Sebelum kompetisi dilaksanakan, seluruh delegasi mengikuti technical meeting terlebih dahulu yang isinya pembagian group dan pengundian jadwal main para delegasi di masing-masing grup tersebut. Hasilnya, Universitas Suryakancana (UNSUR) mendapat undian main pertama dan masuk grup A, dilanjutkan main kedua UGM, ketiga UNKRIS dan terakhir main di grup A yaitu UPH. Lalu di grup B adalah ATMA JOGJA, UNMER, UNINUS dan UAD.

"Syarat untuk lulusnya Final adalah kumulatif dari nilai Berkas dan nilai Presentasi, selain itu ada juga reward dari pihak penyelenggara yaitu adanya Berkas Terbaik dan Presentator Terbaik. Akhirnya dalam penjumlahan nilai hasil dari kompetisi yaitu penilaian Berkas UGM = 2058,6; UNSUR = 1827,3; UNKRIS = 1734; ATMA JOGJA = 1684,5; UNINUS = 1656,8; UPH = 1649,4; dan UAD = 1595,2," jelasnya.

Dalam berkas UNSUR telah mendapatkan berkas terbaik dari keseluruhan delegasi. Tetapi sangat disayangkan dalam sebuah Filosifi mengatakan “Tuhan sedang bermain dadu” yaitu keberuntungan yang dapat menyelamatkan dalam sebuah persaingan, jika saja UNSUR masuk ke grup B akhirnya dapat masuk final.

Selain itu, jika sistem kompetisi dari pihak penyelenggara seperti dulu, yaitu liga UNSUR masih dapat bertahan masuk ke 4 besar dan melanjutkan ke final. Tetapi tidak akan ada kekecewaan, karena segalanya masih juara yaitu UNSUR masih pertama dalam pengundian main, UNSUR masih juara kedua dalam Berkas Kompetisi Tingkat Nasional, dan UNSUR masih juara ketiga dalam urutan nilai grup. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 20/07/2018 07:00 WIB

Rancangan Perubahan RTRW Sarat Kepentingan

BELUM beres dengan persoalan sejumlah kasus dugaan korupsi di Cianjur, kini kembali muncul permasalahan baru yang juga menjadi sorotan tajam publik Cianjur. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 19/07/2018 21:35 WIB

Harga Map Pengurusan Adminduk Disoal Warga

PENGURUSAN administrasi penduduk (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur seluruhnya gratis. Namun, beberapa hari ini, masyarakat yang mengurus adminduk mempertanyakan…

Cianjur Euy 19/07/2018 21:34 WIB

Masyarakat Cibiuk Datangi DPMPTSP

PULUHAN masyarakat Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang mendatangi kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kamis (19/7).

Cianjur Euy 19/07/2018 21:33 WIB

9 Pemuda Terampil Siap Bangun Perkonomian Desa

SEDIKITNYA 12 pemuda desa diberangkatkan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Haurwangi, Kabupaten Cianjur mengikuti pendidikan keterampilan di kota Bekasi. Mereka diberangkatkan TKSK sekitar 4 bulan…

Cianjur Euy 19/07/2018 18:23 WIB

Ratusan Hektar Sawah di Cibeber Alami Kekeringan

RATUSAN hektar lahan sawah di Desa Girimulya, Kecamatan Cibeber kekeringan akibat terdampak kemarau panjang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:20 WIB

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup

MENGANTISIPASI kerusakan vegetasi karena kekeringan akibat musim kemarau. Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango akan ditutup pada pertengahan Agustus mendatang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:12 WIB

Pesantren Ideal Untuk Filter Penyebaran Hoax

PONDOK Pesantren (Pontren) menjadi tempat yang dinilai efektif untuk menekan dan mengantisipasi penyebaran berita bohong (hoaks) di lingkungan masyarakat.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:09 WIB

PLN Upayakan yang Terbaik untuk Bocah Korban Tersengat Listrik

PERUSAHAAN Listrik Negara (PLN) Area Cianjur memaksimalkan upaya kemanusiaan untuk Enda Supriyadi (7) bocah yang tersengat listrik, dan kini menjalani pengobatan alternatif di wilayah Sukalarang, Kabupaten…

Cianjur Euy 19/07/2018 18:06 WIB

Satreskrim Polres Cianjur Tangkap Lima Pelaku Tindak Pidana

SATUAN Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur berhasil mengungkap sejumlah kasus tindak pidana yang terjadi di wilayah hukum Cianjur dalam beberapa bulan terakhir.

Aktualita 19/07/2018 07:00 WIB

Ini Deretan Dugaan Kasus Korupsi

BUKAN hanya Megaproyek Campaka, ternyata ada lebih dari tujuh kasus dugaan korupsi lainnya yang terjadi di Cianjur. Benarkah?