Rabu, 20 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

IRM Pindah ke Lain Hati

Ketua DPC NasDem: Hari Ini Bupati Resmi Berwarna Biru

Nuki Nugraha

Selasa, 06 Maret 2018 - 07:55 WIB

foto:Angga Purwanda/BC
foto:Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - Kepindahan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar (IRM) ke partai Nasional Demokrat (NasDem) nampaknya bukan sekadar rumor semata. Sebuah fakta yang menguatkan kepindahan orang nomor satu di Cianjur itu ke partai besutan Surya Paloh tersebut, terungkap pada saat gelaran acara konsolidasi Partai NasDem di Gedung As-Sakinah, Cianjur, Senin (5/3/2018).

Statement yang disampaikan Ketua DPC NasDem Cianjur, Tjetjep Muchtar Soleh di hadapan Ketua Umum NasDem, Surya Paloh, menjadi penguat kepindahan tersebut. Dalam sambutannya, mantan Bupati Cianjur itu secara tersirat namun tegas menyampaikan, Irvan Rivano Muchtar (IRM) yang juga putranya itu kini telah resmi menjadi warna biru.

“Bupati resmi berwarna biru, bahkan istrinyapun nyalon di Dapil 5,” tegas Tjetjep di akhir sambutannya.

Sontak saja pernyataan tersebut membuat gaduh seisi gedung As-Sakinah. Gemuruh sorak-sorai diringi tepuk tangan ribuan pengikut bupati saat itu, seakan menjadi sebuah simbol lahirnya Sang Cianjur Jago yang telah berganti warna bendera kuning menjadi biru dongker khas NasDem.      

Sebelumnya, tanda-tanda kepindahan bupati dari partai Golkar ke NasDem mulai tampak jelas pada saat dirinya tidak hadir menyambut kedatangan kunjungan Menteri Sosial Idrus Marham ke Cianjur beberapa waktu lalu, dalam rangka konsolidasi Program Keluarga Harapan (PKH).

Perlu diketahui, sosok Idrus Marham ini merupakan orang penting dalam karir politik IRM. Pasalnya, orang yang merekomendasikan IRM hingga bisa menggunakan perahu Golkar maju di Pilkada Cianjur 2016 lalu, hingga sekarang ini berhasil duduk ditampuk kursi bupati adalah Sekjen Golkar pusat yaitu Idrus Marham.

Sementara itu, Bupati Cianjur, Irvan Rivanio Muchtar saat dikonfrimasi terkesan masih malu-malu menyatakan kebenaran bahwa dirinya telah resmi pindah ke partai NasDem. Bupati mengatakan, jika yang masuk ke partai NasDem itu adalah istrinya Ratu Ellise, sedangkan dirinya berada di empat partai.

“Itumah istri Kang, kalau saya mah pan bupati. Saya mah empat partai PBB, PKB, Golkar sama Nasdem,“ ujarnya saat menghadiri acara NasDem.

Saat dimintai tanggapannya terkait statement Ketua DPC NasDem soal bupati resmi jadi warna biru, kembali bupati menegaskan bahwa dirinya itu tetap ada di empat partai, malah katanya bertambah satu partai yakni PAN. “Pokona mah koalisi masagi, nambahan satu sama PAN,” jawabnya.

Ketika ditanya apakah Partai Golkar bakal ditinggalkan, bupati kembali berkilah dan menyebutkan bahwa dirinya menjadi dewan penasehat di empat partai. “Ah henteu, opatannana we pokona mah, empat partai we ah. Di empat partai saya mah ada, jadi dewan penasehat semuanya,” ucapnya.

Kendati bupati enggan mengakui akan pindah ke NasDem, namun kondisi tersebut cenderung bertolak belakang dengan sikapnya saat di lapangan. Buktinya, pada saat Ketua Umum NasDem Surya Paloh akan meninggalkan Cianjur, bupati tampak terlihat mengantarkan langsung sosok pria yang kini menjadi pimpinan bapaknya itu ke lapangan Joglo, tempat di mana helikopter yang digunakan Surya Paloh terparkir.   

Sementara itu, Ketua DPD partai Golkar Kabupaten Cianjur, Tubagus Mulyana Syahrudin saat dikonfirmasi terkait masih tidaknya Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar sebagai kader Golkar mengatakan, hingga saat ini yang bersangkutan masih tercatat sebagai Ketua Dewan Penasihat (Wanhat) di DPC Golkar Kabupaten Cianjur. “Sampai sekarang bupati masih menjadi Ketua Wanhat,” ujar Mulyana.

Namun saat ditanya soal benar tidaknya bupati telah pindah ke NasDem, adik dari politisi senior Cianjur Ade Barkah Surachman yang kini menjabat sebagai Sekjen Golkar Jabar itu hanya tertawa lirih, seakan mengisyaratkan sesuatu yang memang tabu, tak bisa menjadi konsumsi publik. “Itu saja we Kang yah,” lirih Mulyana.

Hanya saja, kata Mulyana, dalam mengelola partai itu memerlukan konsistensi. Intinya, soal bupati apakah nantinya akan beralih dari Golkar itu tinggal waktu saja yang menjawabnya.

Disingung soal ketidakhadiran bupati saat kunjungan Menteri Sosial, Idrus Marham ke Cianjur, Mulyana mengaku terkait itu pihaknya mendapat teguran langsung. Saat itu kata Mulyana, Pak Menteri menanyakan bupati yang memang tidak terlihat datang di acara.  

“Bukan cuma pejabat pemda yang kena tegur Pak Menteri, tapi kita juga sama. Pak Menteri menanyakan ke mana bupati, kok tidak ada," kata Mulyana menirukan ucapan Idrus Marham. (*)

Tag

  1. Nasdem
  2. IRM

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.