Senin, 23 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Yuli HS, Bidan yang Aktif Menjadi Pegiat Sosial

Angga Purwanda

Rabu, 07 Maret 2018 - 22:12 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - Saat ini seluruh perempuan di dunia tengah memperingati Hari Perempuan Internasional 2018 atau yang lebih dikenal dengan International Women’s Day, diperingati setiap tahunnya pada tanggal 8 Maret.

Hari perempuan internasional sebagai bentuk penghormatan terhadap perjuangan hak-hak asasi perempuan dan mendorong perjuangan hak suara perempuan diseluruh dunia. Selain itu, tidak hanya sekedar memaknai Hari Perempuan Internasional sebagai perayaan saja, tetapi sebagai bagian dari perjuangan perempuan untuk menuntut hak-haknya yang sampai hari ini belum selesai.

Seperti yang dilakukan Yuli Hendrika Sugiharti, seorang bidan yang kini aktif sebagai pegiat sosial di Kabupaten Cianjur. Perempuan 28 tahun itu, hampir sebagian besar waktunya dicurahkan untuk dapat membantu dan bermanfaat bagi sesama.

Mulai dari aktif sebagai relawan di Komunitas Sehat Jiwa (KSJ), yaitu sebuah komunitas yang fokus terhadap penanganan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Yuli juga rutin menyambangi sejumlah warga kurang beruntung yang ada di Cianjur, dengan hanya memeriksa kondisi kesehatan mereka dan memberikan makanan tambahan.

“Kalau mulai suka keliling itu pas saya dinas di Puskesmas, kebetulan saya di poskesdes yang ada di kampung yang kondisinya sepi. Daripada tak ada kegiatan, saya sering keliling ke warga, ternyata banyak banget masalah sosial di sana, seperti persoalan rutilahu, orang yang sakit, segala macam lah,” tutur Yuli, kepada wartawan, Rabu (7/8/2018).

Berawal dari hanya mendengar curahan hati sejumlah warga yang kurang beruntung itu, jelas Yuli, justru menjadi motivasi lebih untuk dapat terus membantu warga, meskipun dirinya sadar dengan kodratnya sebagai perempuan.

“Sepertinya tak menjadi halangan ya, perempuan ataupun laki-laki. Selama kita punya keinginan kuat untuk dapat terus berguna dan bermanfaat bagi lingkungan kenapa tidak, lakukan saja,” jelasnya.

Meskipun sering keterbatasan dalam memberikan bantuan dalam bentuk materi. Namun, Yuli yakin dengan kemampuan yang dimilikinya. “Dulu ingin sekali bantu tapi terbatas dimateri, jadi ya saya bantu dengan kemampuan yang saya punya,” ucapnya.

Dalam momen hari perempuan ini, Yuli memiliki pesan bagi para perempuan, khususnya di Cianjur. Bahwa perempuan, lanjut dia, harus menjadi inspirator, untuk menjadi inspirator itu tidak harus berada di luar dengan menjadi wanita karir.“Perempuan yang bisa memahami bahasa kalbu dengan baik, bermanfaat untuk lingkungan sekitar, seperti RA. Kartini beliau menjadi inspirator bukan dengan cara berkoar-koar di luar, tetapi cukup dengan menulis sesuatu yang bisa merubah dunia. Jika kita tidak bisa memberikan materi, maka berikan senyuman, itu cukup membuat mereka bahagia dan diakui,” pungkasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Aktualita 19/04/2018 08:00 WIB

Kebohongan Ketua DPRD Terungkap

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi terkait mekanisme penghapusan pendapat akhir fraksi semakin menguat. Benarkah?

Aktualita 19/04/2018 07:55 WIB

Balas Budi? Ini Dugaan Kongkalikong Antara Bupati dan Ketua DPRD

DUGAAN kongkalikong antara Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar dengan Ketua DPRD, Yadi Mulyadi menyeruak. Pasalnya, meski sejak awal sudah diketahui belum mengantongi izin, namun Megaproyek Campaka baru…

Aktualita 19/04/2018 07:50 WIB

Golkar Pecat Dua Anggotanya, Demokrat?

HAWA politik Cianjur kian memanas. Birunya langit tak lagi menjadi pertanda akan cerahnya panggung politik Cianjur, tapi sebaliknya justru membawa pertanda datangnya “hujan badai” yang akan menyapu…

Cianjur Euy 18/04/2018 21:55 WIB

Polwan Polres Cianjur Berikan Bantuan Bagi Adah

MEMPERINGATI Hari Kartini 2018 jajaran Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur menggelar sejumlah kegiatan sosial, di antaranya dengan menyambangi kediaman Adah, warga Kampung Mayak Empang RT 01/04, Desa…

Cianjur Euy 18/04/2018 21:55 WIB

Polres Cianjur Ciduk Tujuh Pelaku Kejahatan

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur menciduk tujuh orang pelaku kejahatan yang biasa menjalankan aksinya di wilayah hukum Cianjur. Penangkapan ketujuh pelaku itu dilakukan dalam waktu dan tempat berbeda.

Aktualita 18/04/2018 08:10 WIB

Desak Pemkab Tanggung Jawab, Garis Sebar Spanduk Banjir

BANJIR belum pernah terjadi sebelumnya di Cianjur. Masihkah kita bangga dengan dosa-dosa? Itulah tulisan dalam spanduk yang dipasang Gerakan Reformis Islam (Garis) di sejumlah lokasi banjir di kawasan…