Minggu, 24 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

12 Balon Kades Gugur Tes Akademik

Pilkades Serentak Akan Dilaksanakan di Lima Desa di Empat Kecamatan

Angga Purwanda

Kamis, 08 Maret 2018 - 21:48 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - SEBANYAK 12 bakal calon kepala desa di Kabupaten Cianjur yang akan melaksanakan pilkades serentak, gugur dalam seleksi tes akademik yang dilaksanakan di Aula Unisversitas Suryakancana (Unsur), Cianjur, Kamis (8/3/2018).

Dengan tidak lulusnya itu, secara otomatis mereka pun tak bisa mencalonkan diri dalam pesta demokrasi di tingkat desa karena seleksi tes akademik jadi penentu lulus atau tidaknya balon menjadi calon.

Ketua panitia seleksi tes akademik balon kades Unsur Cianjur, Dedi Mulyadi, mengatakan dari puluhan balon kades yang ikut seleksi itu, belasan balon dinyatakan gugur. Sebab, sesuai dengan kesepakatan para panitia pemilihan kades tes tersebut merupakan tahapan akhir untuk menetapkan bakal calon (Balon) menjadi calon.

“Ini menjadi  tahap akhir menetapkan bakal calon menjadi calon. Jadi tes administrasi yang sudah dilaksanakan di tingkat panitia pilkades dianggap sudah clear. Jadi, tes akademik merupakan patokan. Hari ini (kemarin) kami laksanakan tes akademik bagi 37 bakal calon kepala desa," kata Dedi, kepada wartawan.

Pemilihan kepala desa di Kabupaten Cianjur kali ini dilaksanakan di lima desa di empat kecamatan. Wilayah itu terdiri dari Desa Ciranjang dan Desa Mekargalih di Kecamatan Ciranjang, Desa Pageurmaneuh di Kecamatan Tanggeung, Desa Sukamaju di Kecamatan Pagelaran, dan Desa Sukajadi di Kecamatan Karangtengah.

Jumlah bakal calon kepala desa yang mengikuti tes akademik sebanyak 37 orang. Berdasarkan peraturan daerah (Perda), syarat jumlah peserta pemilihan kepala desa maksimal lima orang. Berarti jumlah bakal calon kepala desa yang lolos seleksi tes akademik sebanyak 25 orang.

"Alhamdulillah, pelaksanaan tes akademik berjalan lancar karena kita justru meminimalkan permasalahan. Artinya kita lakukan transparansi dengan melaksanakan pengisian, pemeriksaan, perangkingan, dan pengumuman di satu tempat. Ini mempersempit terjadinya kebocoran dan kecurigaan. Mungkin kalau di tempat lain bisa saja terjadi kecurangan," beber Dedi.      

Pelaksana tes akademik merupakan pihak ketiga. Seluruh panitia pemilihan kepala desa sepakat menunjuk Universitas Suryakencana sebagai pelaksanannya. "Ini tahun kedua kami ditunjuk sebagai pelaksana tes akademik," tandasnya.

Ketua Panitia Pilkades Mekargalih, Zaenal Muttaqien, mengatakan pelaksanaan seleksi tes akademik bakal calon kepala desa sudah berjalan dengan objektif. Adanya seleksi tersebut bisa menjadi pedoman jika kepala desa yang terpilih nanti betul-betul berkualitas. "Seleksi ini dilaksanakan bagi desa dengan jumlah bakal calon lebih dari lima orang. Sesuai aturan dalam perda, maka harus dilaksanakan seleksi," kata Zaenal.Selanjutnya, kata Zaenal, panitia pilkades bersama pihak kecamatan dan Badan Permusyawatan Desa (BPD) akan merapatkan jadwal penetapan dan pengumuman calon. Hasil seleksi tes akademik, di Desa Mekargalih terpilih lima dari 10 bakal calon. "Jumlah bakal calon di Desa Mekargalih memang paling banyak," tandasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 06/06/2018 20:11 WIB

PJU dan Rambu-rambu di Jalur Alternatif Mudik Ditambah

DINAS Perhubugan (Dishub) Kabupaten Cianjur akan menyiapkan penambahan penerangan jalan umum (PJU) maupun rambu-rambu lalulintas di beberapa ruas jalur altenatif di wilyah itu yang dinilai masih minim…

Cianjur Euy 06/06/2018 20:02 WIB

Tak Laik Jalan, Dishub Kandangkan Angkutan Mudik

SEJUMLAH kendaraan umum untuk kebutuhan angkutan mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kabupaten Cianjur, terpaksa dikandangkan sementara karena tak laik jalan. Kendaraan bisa kembali beroperasi apabila perusahaan…

Ragam 06/06/2018 11:14 WIB

Kayuh Sepeda, Bocah Ini Nekat Mudik dari Cianjur ke Majalengka

NEKAT dan luar biasa. Itulah ungkapan yang pas disematkan untuk Ade Rahman, santri pesantren di kawasan Ciketung, Cipanas, Cianjur. Betapa tidak, dengan mengayuh sepeda, santri ini nekat mudik dari Cianjur…