Senin, 23 April 2018 | Cianjur, Indonesia

28 Karateka Pelatnas Ikuti Seleksi Asian Games 2018

Angga Purwanda

Sabtu, 10 Maret 2018 - 14:37 WIB

foto:Angga Purwanda/BC
foto:Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - Sebanyak 28 karateka pelatnas menjalani seleksi tahap pertama di  Hotel Arra Lembah Pinus Ciloto Puncak, Cipanas, Sabtu (10/3/2018).

Dalam seleksi tahap pertama itu, PB Forki akan merampingkan tim dari 200 persen menjadi 150 persen.

Selain itu dalam, seleksi tahap pertama yang diikuti 15 karateka putra dan 13 karateka putri. Mereka akan terus menjalani beberapa tahap seleksi hingga didapatkan jumlah 100% atau 8 karateka jelang pelaksanaan Asian Games 2018, Agustus mendatang.

“Seleksi ini akan bertahap. Pada pada seleksi yang pertama ini, kami akan merampingkan atlet menjadi 150%,” ujar Kepala Pelatih Syamsuddin, kepada wartawan, Sabtu (10/3/2018).

Mereka akan diambil untuk mengisi delapan nomor pertandingan pada Asian Games 2018 ini. Sebab, dalam ajang multievent empat tahunan itu, setiap negara hanya boleh tampil di delapan kelas dari 12 kelas yang dipertandingkan di cabang karate.

Di nomor kata perseorangan putra misalnya, akan bersaing tiga karateka pelatnas, yaitu Andi Dasril Dwi Dahrmawan (Sulsel), Erlando Stevano (Jambi), dan Iwan Fairuz Taher (Jawa Barat). Sementara di kumite kelas -55 kg putra ada Iwan Bidu Sirait (Sumatera Utara), M Tegar Januar (Jawa Barat), dan Wahyu Mukti Wijaya (Jawa Tengah).  

Sedangkan di kumite -60 kg bersaing I Gede Gangga Wijaya (Banten), Ari Saputra (Lampung), dan Rifky Ardiansyah Arrosyiid (Jawa Timur).

Beberapa atlet senior seperti Jintar Simanjuntak juga masih akan turun gunung dengan mengikuti seleksi di kelas -67 kg putra dengan  Maruli Butar-Butar (Jawa Barat).

Sementara di kelas -75 kg putra ada Sandi Firmansyah (Jawa Barat) dan Angga Laksmana (Jawa Timur).

Di kumite -84 kg putra juga akan bersaing dua karateka terbaik Indonesia, yakni Romario Setiamu (Jawa Barat) dan Baskoro Ndaru Murti (DKI Jakarta. Sedangkan I Made Budi Kertiyasa (Bali) dan M Raihand (Sumatera Utara) akan bersaing di kumite kelas +84 kg.

Sementara di nomor putri, karateka Sulawesi Selatan Krisda  Putri Aprilia dan Nawar Kautsar M (Jawa Barat) akan bersaing dalam perebutan tiket nomor kata perseorangan putri.

Sedangkan Dwi Fadhilah (Sumatera Utara) dan Risca Anisa (Jawa Barat) akan bersaing di nomor kumite putri -50 kg.

Karateka-karateka pelatnas lain yang akan ikut ambil bagian dalam seleksi tersebut adalah Jihan Fitrian (Jawa Barat), Nova SInaga )Sumatera Utara) di kelas 55 kg putri, Tri Winarni (Sumatera Utara), Inta Nurjanah (Jawa Barat) di kelas -61 kg putri, Ceyco Georgia Zefanya (DKI Jakarta) di kelas -68 kg putri, serta Dessynta Rakawuni Banurea (Sumatera Utara) dan Indri Ramadhanti (Lampung) akan bersaing di kelas +68 kg putri.

Para karateka tersebut akan menjalani seleksi setelah mendapatkan pelatihan intensif dari para pelatih di bawah pimpinan kepala pelatih Syamsuddin asal DKI Jakarta.

Bahkan, peraih medali emas Asian Games 1998 Bangkok Arief Taufan Syamsuddin asal Sulawesi Selatan pun turut mengambil peran sebagai pelatih dalam upaya menyukseskan karate di Asian Games 2018.

Pelatih lainnya adalah Robert Karly (Jawa Timur), Aswan Ali (Sulawesi Selatan), Idris Taher Gusti (DKI Jakarta), Sapta Hidayat Dama (Gorontalo), dan Donny Dharmawan, pelatih asal Sumatera Utara yang pernah meraih medali perunggu pada kejuaraan dunia di Finlandia pada 2007.  

Dalam sejarah Asian Games, karate Indonesia pernah menorehkan sejarah besar  dengan merebut medali emas pada Asian Games 1998 Bangkok lewat Arief Taufan dan Asian Games 2002 Busan melalui M Hasan Basri.Karena itu, dalam perhelatan AG 2018 ini, Indonesia pun berharap bisa meraih minimal satu medali emas. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Positif Amfetamin, Dua Remaja Perempuan Diamankan

DUA orang pengunjung tempat hiburan di Cianjur diamankan petugas gabungan dalam razia cipta kondisi (Cipkon) yang digelar Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018) dini hari.

Cianjur Euy 20/04/2018 21:59 WIB

Dua Polwan Polres Cianjur Ikuti Kartini Run 2018

DUA Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur akan memeriahkan lomba lari bertajuk Kartini Run 2018 yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Hari Kartini, Polwan Polres Cianjur Gelar Pengobatan dan Makan Gratis

LIMA ratusan orang dari sejumlah wilayah di Cianjur mengikuti pengobatan gratis di lingkungan Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku, Kamis (19/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Aktualita 19/04/2018 08:00 WIB

Kebohongan Ketua DPRD Terungkap

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi terkait mekanisme penghapusan pendapat akhir fraksi semakin menguat. Benarkah?