Kamis, 20 September 2018 | Cianjur, Indonesia

Akan Ada Hal yang Berbeda dalam Debat Cagub Jabar Malam Ini

Net

Senin, 12 Maret 2018 - 07:55 WIB

KOMISIONER KPU Jawa Barat, Nina Yuningsih
KOMISIONER KPU Jawa Barat, Nina Yuningsih
A A A

Beritacianjur.com - KOMISIONER KPU Jawa Barat, Nina Yuningsih memastikan, Debat Kandidat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat yang akan digelar berbeda dengan debat kandidat di daerah lain atau sebelumnya.

Tak hanya akan ada adu argumen sengit, pada Debat Kandidat yang akan digelar Senin (12/3/2018) malam ini, para kandidat dan pendukungnya diberi kesempatan tampil setelah segmen pertanyaan dan tanggapan. 

Performa pendukung kandidat tersebut, sambung Nina, akan menyemarakkan debat kandidat. KPU Jawa Barat telah menyusun enam segmen debat yang akan dikendalikan sepenuhnya oleh moderator yaitu Rosiana Silalahi mulai pukul 19.30 Wib. 

"Pokoknya akan berbeda. Enam segmen itu pemaparan visi dan misi, pertanyaan dari moderator, tanggapan kandidat, performa kandidat dan pendukungnya, pertanyaan undian, dan diakhiri oleh pernyataan penutup" ujarnya kemarin. 

Nina menyebutkan, dalam ajang debat kali ini tidak ada panelis yang akan memberikan pertanyaan kepada kandidat. Pertanyaan yang disusun oleh tim perumus dan diserahkan sepenuhnya kepada moderator untuk disampaikan dan ditanggapi kandidat. Adapun tim perumus terdiri atas 18 akademisi dari berbagai perguruan tinggi. 

"Nanti pun undian pertanyaan sudah disediakan. Kandidat tinggal memilih untuk siapa pertanyaan ditujukan," ucap dia. 

Sementara itu, Sekretaris KPU Jabar Heri Suherman menjelaskan, panitia debat publik kandidat gubernur dan wakil gubernur menyediakan 1.600 kursi atau masing-masing 400 kursi untuk setiap pasangan calon dan 300 kursi undangan. 

Panitia menyediakan panggung kesenian bagi 15 orang dari setiap pasangan calon untuk memeriahkan acara yang diselenggarakan di Gedung Sabuga, Jalan Tamansari, Kota Bandung itu.

Menurutnya, hal tersebut merupakan hasil rapat KPU dengan Kompas TV selaku stasiun TV yang akan menayangkan siaran langsung debat kandidat perdana. 

"Perencanaan debat kandidat akan dibahas kembali dalam forum rapat teknis. Rapat lanjutan antara lain membahas tata tertib pasangan calon dan tim pendukung, serta pengaturan penempatan tim pendukung," tutupnya.

Selain Rosiana Silalahi acara diisi pula oleh Mario Ginanjar dan Saung Angklung Mang Ujo.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…