Minggu, 24 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

PHRI : Tingkatkan PAD Sektor Pariwisata, Cianjur Butuh BPPD

Rizky

Senin, 12 Maret 2018 - 21:10 WIB

Foto: Rizky/BC
Foto: Rizky/BC
A A A

Beritacianjur.com - PEMERINTAH Daerah dapat memfasilitasi pembentukan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) yang berkedudukan di Ibu Kota Provinsi dan Kabupaten/ Kota. Regulasi itu, menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Cianjur, wajib memiliki BPPD guna meningkat promosi pariwisata di daerah.

Ketua Badan Pimpinan Cabang Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (BPC PHRI) Cianjur, Nano Indrapraja menegaskan untuk meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari sektor pariwisata khususnya hunian hotel, diperlukan BPPD  di Cianjur. Kabupaten tetangga Cianjur, lanjut dia seperti Bogor dan Bandung sudah memiliki BPPD sebagai mitra kerja Pemerintah dalam mempromosikan pariwisata.

“Vital, dibentuknya BPPD di Cianjur. Kami sebagai lembaga yang memiliki anggota hotel se-Kabupaten Cianjur mengharapkan otoritas bisa memfasilitasi agar badan promosi ini bisa terbentuk,” kata Nano.

Tokoh yang berprofesi sebagai General Manager Lotus Hotel, Cianjur ini menjelaskan, setiap tahunnya pemerintah selalu mentargetkan kenaikan PAD dari beberapa anggota kami, tapi harapan itu tidak dibarengi dengan dukungan. Pasalnya, isu terkait pembentukan BPPD ini sudah lama disuarakan, namun tidak kunjung direalisasikan. Nano juga menjelaskan, bahwa tujuan utama dibentuknya BPPDguna mensinergikan program program kepariwisataan dalam rangka meningkatkan PAD.

“Selama ini, kami terbuka jika diminta saran dan pendapat. Pariwisata itu kan menjadi tanggung jawab bersama. Karenanya, kami berharap anggota kami yang merupakan stakeholders pariwisata bisa diajak duduk bersama jika pemerintah ingin mengembangkan potensi dari sektor pariwisata,” pungkasnya.

Nano juga menjelaskan, isu klasik yang menghambat potensi PAD dari sektor Pariwisata adalah keberadaan vila vila liar di Kabupaten Cipanas yang hingga saat ini, tidak ditertibkan oleh pihak yang berwenang. Ia menegaskan, regulasi itu semestinya tidak ‘tebang pilih’. “Kalau ke anggota kami, berbagai dokumen perizinan dan laporan pajak aktif selalu ditanyakan pihak dinas. Tetapi, kalau villa villa itu, kenapa tidak ditanyakan juga,” tutupnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?