Selasa, 19 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Dijadikan Kumpul Kelompok UN-Swissindo, Sebuah Rumah di Gerebek Petugas

Angga Purwanda

Selasa, 13 Maret 2018 - 22:23 WIB

Foto: Angga Purwanda/BC
Foto: Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - UNSUR Muspika Naringgul dibantu warga setempat menggerebek sebuah rumah di Kampung Datar Kubang RT 02/10, Desa Wangunjaya, Kecamatan Naringgul, Selasa (13/3/2018) siang.

Bukan tanpa alasan, kedatangan aparat ke rumah milik Kinkin Sukirman (58), dan Nanu Hidayat (50) itu, karena aktivitas di dalam rumah itu dianggap telah meresahkan masyarakat.  Yaitu, adanya aktivitas berkumpul kelompok UN Swissindo, kelompok yang dipercaya memiliki harta karun peninggalan Kerajaan Pajajaran dan Bung Karno serta dipercaya dapat melunasi kredit masyarakat.

Dari hasil penggerebekan itu, aparat gabungan berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, seperti  48 peti yang dipercaya berisi harta karun bernilai miliaran rupiah, dan barang pusaka berupa keris, wayang golek serta tiang bendera, dan bendera berwarna hitam berlambang garuda yang diduga milik Kanjeung Maulana Hadi  SH warga asal Kecamatan Banjaran,  Kabupaten Bandung.

Kinkin (58), pemilik rumah mengaku, tempat tinggalnya itu dijadikan tempat berkumpul kelompok UN-Swissindo serta dijadikan tempat penitipan harta karun.

“Awalnya saya hanya ikut-ikutan saja, tidak tau apa tujuannya? Saya hanya ketitipan barang -barang dari Kanjeung Maulana Hadi SH yang katanya didalam kotak itu ada harta karun peninggalan dari Bung Karno dan Kerajaan Pajajaran,” kata Kinkin, yang sudah tergabung dengan kelompok itu sejak 2016 itu.

Kapolsek Naringgul, AKP Warsono, melalui Kanit Binmas Bripka Pepen Supendi, mengatakan, penggerebekan rumah itu berawal dari laporan masyarakat yang resah dengan aktivitas dari pemilik rumah beserta kelompoknya.

Dari laporan itu, lanjut Pepen, jajarannya langsung melakukan penyelidikan.”Berdasarkan laporan masyarakat,  kelompok itu diduga telah melakukan aktivitas yang menyimpang dan telah meresahkan masyarakat,” kata Pepen.

Pepen menyebutkan, untuk pemeriksaan lebih lanjut pihaknya juga mengamaankan tiga orang termasuk pemilik rumah untuk dimintai keterangan terkait aktivitas kelompok mereka.

“Kami imbau agar masyarakat jangan asal gampang percaya dengan orang yang baru dikenal apalagi dengan adanya orang yang mengaku atau kelompok yang bisa mengadakan, entah itu harta karun atau apapun juga dan secepatnya melaporkan kepada Babinkamtibmas atau Babinsa setempat," pungakasya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 06/06/2018 20:11 WIB

PJU dan Rambu-rambu di Jalur Alternatif Mudik Ditambah

DINAS Perhubugan (Dishub) Kabupaten Cianjur akan menyiapkan penambahan penerangan jalan umum (PJU) maupun rambu-rambu lalulintas di beberapa ruas jalur altenatif di wilyah itu yang dinilai masih minim…

Cianjur Euy 06/06/2018 20:02 WIB

Tak Laik Jalan, Dishub Kandangkan Angkutan Mudik

SEJUMLAH kendaraan umum untuk kebutuhan angkutan mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kabupaten Cianjur, terpaksa dikandangkan sementara karena tak laik jalan. Kendaraan bisa kembali beroperasi apabila perusahaan…

Ragam 06/06/2018 11:14 WIB

Kayuh Sepeda, Bocah Ini Nekat Mudik dari Cianjur ke Majalengka

NEKAT dan luar biasa. Itulah ungkapan yang pas disematkan untuk Ade Rahman, santri pesantren di kawasan Ciketung, Cipanas, Cianjur. Betapa tidak, dengan mengayuh sepeda, santri ini nekat mudik dari Cianjur…