Selasa, 23 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

'Main' Tak Pakai Kondom di Denda Rp 50 Juta

Firman Taqur

Senin, 07 September 2015 - 12:00 WIB

ilustrasi/net
ilustrasi/net
A A A

BERITACIANJUR.COM, SUKABUMI – Pemkot Sukabumi menelurkan peraturan daerah atau perda yang terbilang ‘unik’. Perda yang dimaksud adalah pemberlakukan sanksi denda uang maksimal Rp 50 juta jika seorang penderita HIV/AIDS terbukti tidak menggunakan kondom saat berhubungan badan.

Ketua Komisi Penanggulangan AIDS, Achmad Fahmi dikutip dari detikcom mengatakan, aturan tersebut diterapkan hanya bagi mereka yang terbukti menularkan virus HIV/AIDS dengan sengaja.

"Ada sanksi yang diberlakukan pada perda ini, jika seseorang terbukti dengan sengaja menularkan atau menyebarkan virus HIV/AIDS yang dideritanya kepada orang lain, maka akan terkena sanksi berupa denda uang dalam jumlah tertentu di sesuaikan dengan tingkat kesalahannya," terang Fahmi melalui siaran persnya, kemarin.

Intinya ungkap Wakil Walikota Sukabumi ini, dalam perda tersebut upaya penanggulangan HIV/AIDS tidak hanya memuat tanggung jawab pemerintah melainkan juga kewajiban dari Odha (Orang Dengan HIV/AIDS) yang wajib mencegah untuk tidak menularkan.

Dengan adanya payung hukum tersebut, diharapkan Pemkot Sukabumi bisa lebih optimal dalam menekan penyebaran virus mematikan di wilayah Sukabumi tersebut. Terlebih lagi petugas lapangan juga akan lebih nyaman dalam menjalankan tugas-tugasnya seperti halnya saat menjalankan bahaya HIV/AIDS.

“Namun saat ini KPA masih  menunggu hasil evaluasi Pemprov Jabar dan penomoran untuk Perda tersebut,” katanya.

Sementara dikemukakan pengurus KPA Kota Sukabumi, Yanti Rosdiana Partha, saat ini jumlah pengidap AIDS di Kota Sukabumi mencapai 240 orang dengan wilayah penyebaran terjadi di semua kecamatan.

“Sekitar 3 ribu  lelaki di Kota Sukabumi berisiko tinggi terinfeksi HIV/AIDS. Kalangan lelaki berisiko tinggi terinfeksi HIV/AIDS ini mayoritas orang berduit dan sering ‘jajan’ dan tak pakai pengaman," tandasnya. (bbs)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Cuaca Buruk, Masyarakat Agar Waspada

MASYARAKAT Kabupaten Cianjur diimbau untuk mewaspadai bencana akibat cuaca buruk yang dalam beberapa pekan terakhir melanda Tatar Santri.

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Disdukcapil Siap Launching Lima Cabang Layanan

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur membuka cabang layanan administrasi kependudukan di lima kecamatan. Tak hanya proses perekaman, pencetakan KTP el pun dapat dilaksanakan…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…

Aktualita 23 jam yang lalu

Tega, Ini Jeritan Hati Pegawai RSUD

PENGAKUAN mengejutkan datang dari sejumlah pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur. Sudah dua bulan, insentif para pegawai di rumah sakit plat merah tersebut belum dibayarkan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:37 WIB

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:36 WIB

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:35 WIB

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 21/01/2018 22:28 WIB

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 21/01/2018 21:52 WIB

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 21/01/2018 21:50 WIB

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.