Jumat, 27 April 2018 | Cianjur, Indonesia

'Main' Tak Pakai Kondom di Denda Rp 50 Juta

Firman Taqur

Senin, 07 September 2015 - 12:00 WIB

ilustrasi/net
ilustrasi/net
A A A

BERITACIANJUR.COM, SUKABUMI – Pemkot Sukabumi menelurkan peraturan daerah atau perda yang terbilang ‘unik’. Perda yang dimaksud adalah pemberlakukan sanksi denda uang maksimal Rp 50 juta jika seorang penderita HIV/AIDS terbukti tidak menggunakan kondom saat berhubungan badan.

Ketua Komisi Penanggulangan AIDS, Achmad Fahmi dikutip dari detikcom mengatakan, aturan tersebut diterapkan hanya bagi mereka yang terbukti menularkan virus HIV/AIDS dengan sengaja.

"Ada sanksi yang diberlakukan pada perda ini, jika seseorang terbukti dengan sengaja menularkan atau menyebarkan virus HIV/AIDS yang dideritanya kepada orang lain, maka akan terkena sanksi berupa denda uang dalam jumlah tertentu di sesuaikan dengan tingkat kesalahannya," terang Fahmi melalui siaran persnya, kemarin.

Intinya ungkap Wakil Walikota Sukabumi ini, dalam perda tersebut upaya penanggulangan HIV/AIDS tidak hanya memuat tanggung jawab pemerintah melainkan juga kewajiban dari Odha (Orang Dengan HIV/AIDS) yang wajib mencegah untuk tidak menularkan.

Dengan adanya payung hukum tersebut, diharapkan Pemkot Sukabumi bisa lebih optimal dalam menekan penyebaran virus mematikan di wilayah Sukabumi tersebut. Terlebih lagi petugas lapangan juga akan lebih nyaman dalam menjalankan tugas-tugasnya seperti halnya saat menjalankan bahaya HIV/AIDS.

“Namun saat ini KPA masih  menunggu hasil evaluasi Pemprov Jabar dan penomoran untuk Perda tersebut,” katanya.

Sementara dikemukakan pengurus KPA Kota Sukabumi, Yanti Rosdiana Partha, saat ini jumlah pengidap AIDS di Kota Sukabumi mencapai 240 orang dengan wilayah penyebaran terjadi di semua kecamatan.

“Sekitar 3 ribu  lelaki di Kota Sukabumi berisiko tinggi terinfeksi HIV/AIDS. Kalangan lelaki berisiko tinggi terinfeksi HIV/AIDS ini mayoritas orang berduit dan sering ‘jajan’ dan tak pakai pengaman," tandasnya. (bbs)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Petani Penggarap di Cianjur Tuntut Penerapan Reforma Agraria

RATUSAN petani penggarap di Cianjur menggeruduk gedung DPRD Kabupaten Cianjur, di Jalan KH Abdullah bin Nuh, Kamis (26/4/2018) pagi.Mereka menuntut pemerintah mengimplementasikan reforma agraria karena…

Cianjur Euy 8 jam yang lalu

Kapolres Cianjur Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Lodaya 2018

KAPOLRES Cianjur AKBP Soliyah SIK, MH memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Lodaya 2018 di Lapangan Utama Mapolres Cianjur, Jalan KH Abdulah bin Nuh, Kamis (26/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Warga Terdampak Banjir di Ciadun Kembali Tempati Rumah

WARGA di sejumlah kampung di Desa Kertajadi dan Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun yang sempat mengungsi akibat perkampungannya diterjang banjir bandang sudah kembali ke rumah mereka.

Aktualita 22 jam yang lalu

Dua Kali, Kadisdik Diperiksa Polres

DUGAAN korupsi di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Cianjur semakin menguat. Hal itu menyusul diperiksanya Kadisdik Cianjur, Cecep Sobandi oleh Kepolisian Resor (Polres) Cianjur.

Aktualita 22 jam yang lalu

Dugaan Permainan Proyek Terendus, Kadis Pertanian Dipanggil Polisi

WOW, ada apa dengan Cianjur? Setelah Kadisdik diperiksa karena dugaan korupsi, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Pangan dan Holtikultura Kabupaten Cianjur, Mamad Nano pun dipanggil Sat Reskrim Polres…

Bisnis Line 25/04/2018 21:43 WIB

MyRobo Kembali ‘Unjuk Gigi’ Melalui Event CRG

SEJUMLAH pelajar dari SMP Al Azhar Cianjur yang tergabung dalam MyRobo berhasil mengharumkan nama Kabupaten Cianjur di kancah Internasional. Setelah mengalahkan kontingen dari beberapa Negara di Asia,…

Cianjur Euy 25/04/2018 21:06 WIB

Banjir Bandang dan Longsor Terjang Cianjur Selatan

RATUSAN keluarga dievakuasi karena meluapnya air Sungai Cidamar, Kecamatan Cidaun. Sementara jalur penghubung Cianjur-Bandung di Kecamatan Naringgul tertutup longsor, akibatnya arus lalulintas di ruas…

Cianjur Euy 25/04/2018 21:06 WIB

Polres Cianjur Siap Gelar Ops Patuh Lodaya 2018

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur melalui Satuan Lalulintas Polres Cianjur akan menggelar Operasi Patuh Lodaya 2018, mulai Kamis (26/4/2018) hingga Minggu (6/5/2018).

Aktualita 25/04/2018 08:00 WIB

Mundur Sebelum Kami Turun Tangan

SEGERALAH untuk mundur sebelum kami yang turun tangan. Kalimat itulah yang tertulis dalam Surat Pernyataan Terbuka untuk Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar dan wakilnya, Herman Suherman.

Aktualita 25/04/2018 07:55 WIB

Akhirnya Bupati Berani Sambangi Acara Menteri

Ada yang berbeda saat acara launching program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) yang digelar Kementrian Pertanian (Kementan) di Desa Cikancana, Kecamatan Sukaresmi, Senin (23/4/2018) lalu.