Minggu, 24 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Nah Loh, Megaproyek Campaka Diselidiki

Jadi Atensi Polres Cianjur dan Polda Jabar, Sejumlah Saksi Sudah Diperiksa

Gie/Nuki

Jumat, 16 Maret 2018 - 08:00 WIB

Karikatur: Nandang S/BC
Karikatur: Nandang S/BC
A A A

Aktivis: Usut Aktor Intelektual dalam Persoalan Pembangunan Kantor Baru Pemkab Cianjur di Campaka

Beritacianjur.com - PERSOALAN pembangunan kantor baru pemerintahan di Kecamatan Campaka yang selama ini menyulut polemik, mulai memasuki babak baru. 

Hal ini seiring dengan adanya atensi (perhatian, red) dari aparat Kepolisian Resor (Polres) Cianjur dan Polda Jabar, terhadap pembangunan kantor baru Pemkab Cianjur, yang disebut sejumlah aktivis sebagai ‘Megaproyek Campaka’ dengan segala indikasi pelanggarannya.

Adanya atensi dari pimpinan aparat kepolisian terhadap persoalan ini, diibaratkan sejumlah aktivis sebuah angin segar yang berhembus di padang tandus.

Sebuah titik terang yang diharapkan mampu membongkar, membuka tabir kejelasan atas benar tidaknya, atau sesuai tidaknya langkah bupati dalam mewujudkan keinginannya membangun sebuah tatanan baru di Campaka tersebut, dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku di Negara ini.

Atensi aparat dibuktikan dengan mulai dilakukannya tahapan penyelidikan terhadap sejumlah persoalan yang terjadi dalam proses pelaksanaan megaproyek Campaka tersebut.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah melalui penegasan Kepala Satuan Reskrim (Kasat Reskrim), AKP Benny Cahyadi, bahwa jajaran Polres Cianjur saat ini tengah melakukan investigasi terhadap adanya laporan maupun indikasi, secara legalitas maupun tahapan proses proyek pembangunan kantor baru Pemkab Cianjur di Campaka.

“Tahapan penyelidikan sudah berjalan, sekarang ini kita tengah melakukan pemeriksaan terhadap orang-orang maupun saksi-saksi yang memang berkompeten. Hasil dalam pemeriksaan itu, nanti akan kita tuangkan dalam hasil laporan investigasi penyelidikan,” kata Benny dengan nada tegas saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (15/3/2018).

Orang nomor satu di jajaran Reskrim Cianjur itu menjelaskan, mengapa perlu dilakukan proses penyelidikan, dikarenakan statusnya saat ini masih sebatas laporan informasi. Meski begitu, sambung Benny, tidak menutup kemungkinan ke depan apabila ditemukan petunjuk lainnya yang bisa memperkuat bahan, persoalan ini bisa dilanjutkan ke tahapan penyidikan.

“Persoalan pembangunan kantor baru Pemkab di Campaka sudah menjadi petunjuk, atensi pimpinan, baik dari Polres Cianjur maupun Polda Jabar. Untuk itu proses penyelidikan kita lakukan,” ungkapnya.

Sementara itu, dukungan terhadap aparat kepolisian Cianjur yang berani memproses Megaproyek Campaka mengalir dari sejumlah aktivis di Cianjur. Mereka berharap dengan adanya tindak lanjut aparat, bisa mengembalikan supremasi hukum di Cianjur yang selama ini seakan tenggelam dalam pusaran genggaman kekuasaan.

Ketua DPD Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Cianjur, Asep Toha mengatakan, pihaknya menyambut baik dengan adanya tindak lanjut dari aparat terhadap dugaan penyimpangan dalam pelaksanan Megaproyek Campaka, terlebih jika Polres Cianjur memang benar-benar menunjukkan keseriusannya dalam menanganai kasus tersebut.

“Kalau memang kepolisian serius menangani kasus ini tentunya itu sangat bagus. Tapi perlu dicermati juga di wilayah mana dulu kepolisian menindaklanjutinya, apakah di pidana umum atau Tindak Pidana Korupsi (Tipikor)? Sebab persoalan Megaproyek Campaka ini domainnya berbeda, sangat kompleks,” ujar pria yang karib disapa Asto saat dihubungi Berita Cianjur, Kamis (15/3/2018).

Asto tidak menampik masih ada keraguan terhadap aparat Polres Cianjur bisa menangani dengan cepat kasus yang terbilang besar ini. Sebab kata dia, jika penangannya tidak dilakukan dengan serius, nantinya justru malah akan menggangu lembaga lain yang memang lebih kompeten melakukan penyidikan di wilayah Tipikor.

“Misalkan karena alasan ada kepolisian masuk di situ, sehingga membuat KPK tidak masuk, jangan sampai terkesan seperti itu. Jadi kalau memang serius, masyarakat tentunya akan sangat berterima kasih,” jelasnya.

Jika kepolisian memang serius, Asto menegaskan, tanpa keraguan pihaknya akan menyuport penuh kepolisan, sehingga mereka bisa mengusut tuntas kasus ini sampai memang bisa mengungkap siapa aktor intelektual di balik Megaproyek Campaka, walaupun publik sudah tidak perlu ditanya lagi siapa si aktor yang dimaksud itu.

“Tinggal apakah jajaran Polres Cianjur ini mampu untuk menjangkau itu semua, itu kan pertanyaanya? Mau di wilayah mana masuknya, pidana terkait tata ruangnya, pengadaan lahan, atau di soal pembangunan gedungnya? Nah ini juga Polres Cianjur tentunya harus transparan kepada publik. Supaya publik bisa mengetahui dan dapat mengontrol apa yang dilakukan kepolisian,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia (SPRI) Cianjur, Rudi Agan mengaku senang mendengar aparat kepolisian yang sudah memulai penyelidikan terhadap megaproyek Campaka. Ia berharap persoalan bangunan pemerintahan tak berizin tersebut bisa dengan cepat terungkap.

“Indikasi pelanggarannya sudah banyak dan jelas. Jadi seharusnya polisi tak memerlukan waktu yang lama untuk membongkar sejumlah pelanggaran pada megaproyek Campaka,“ ucapnya.

Menurutnya, ketika Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar tetap ‘keukeuh’ membangun kantor di Campaka meski tak berizin dan melabrak banyak aturan, harus segera diusut tuntas ada apa di balik sikap keukeuhnya tersebut.

“Kami akan mendukung dan sangat berterima kasih kepada kepolisian yang sudah menyelidiki persoalan besar ini. Saya berharap polisi bisa total membongkar megaproyek Campaka ini sampai tuntas dan cepat,“ pungkasnya.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.