Jumat, 17 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Panwaslu Cianjur Hentikan Kasus Dugaan Pelanggaran Kampanye

Angga Purwanda

Jumat, 16 Maret 2018 - 20:03 WIB

Ketua Panwaslu Kabupaten Cianjur, Hadi Dzikri Nur
Ketua Panwaslu Kabupaten Cianjur, Hadi Dzikri Nur
A A A

Beritacianjur.com - PANITIA Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Cianjur, menghentikan kasus dugaan pelanggaran yang dilakukan tim kampanye pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 4, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.

Ketua Panwaslu Kabupaten Cianjur, Hadi Dzikri Nur, mengatakan, berdasarkan hasil rapat pleno tim Sentra Gakkumdu memutuskan perbuatan tersebut tak memenuhi unsur pidana pemilu yang disangkakan pada pasal 73 ayat (4) juncto Pasal 187A ayat (1) Undang-Undang Nomor 10/2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 1/2015 tentang penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1/2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota menjadi undang-undang.

"Atas saran dan pertimbangan dari penyidik serta jaksa pada Sentra Gakkumdu Kabupaten Cianjur kasus ini dihentikan. Sehingga eksesnya tidak dilanjutkan ke tahap penyidikan," kata Hadi, kepada wartawan, Jumat (16/3/2018).

Hadi menyebutkan, kesimpulan tidak adanya dugaan pelanggaran pidana pemilu dalam kasus tersebut, diperoleh berdasarkan data dan fakta hasil klarifikasi kepada masing-masing pihak yakni pelapor, terlapor dalam hal ini fungsionaris Partai Golkar Kabupaten Cianjur, serta para saksi.

Termasuk melihat tayangan video yang merekam adanya aktivitas sejumlah fungsionaris Partai Golkar yang sedang mengemas paket telur.

"Kami kesulitan merangkai video, telur, pemberi, dan penerima. Makanya hasil kesimpulan dinyatakan tak memenuhi unsur pelanggaran pidana pemilu," tegasnya.

Selain itu, lanjut Hadi, Panwaslu mengimbau tim kampanye pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat segera menyerahkan daftar nama tim pemenangan di tingkat Kabupaten Cianjur.

Dari empat pasangan calon, kata Hadi, baru tim kampanye TB Hasanudin-Anton Charliyan (Hasanah) yang sudah menyerahkan daftar nama tim pemenangannya.

"Kepada seluruh tim pemenangan pasangan calon agar mematuhi PKPU Nomor 4/2017 tentang Kampanye. Dalam aturan itu tegas dijelaskan apa saja yang dikatakan souvenir itu. Jadi tidak ada lagi upaya-upaya untuk merekayasa. Jenis souvenir itu di antaranya pakaian, penutup kepala, dan gelas atau mug," pungkasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…