Senin, 23 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Panwaslu Cianjur Hentikan Kasus Dugaan Pelanggaran Kampanye

Angga Purwanda

Jumat, 16 Maret 2018 - 20:03 WIB

Ketua Panwaslu Kabupaten Cianjur, Hadi Dzikri Nur
Ketua Panwaslu Kabupaten Cianjur, Hadi Dzikri Nur
A A A

Beritacianjur.com - PANITIA Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Cianjur, menghentikan kasus dugaan pelanggaran yang dilakukan tim kampanye pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 4, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.

Ketua Panwaslu Kabupaten Cianjur, Hadi Dzikri Nur, mengatakan, berdasarkan hasil rapat pleno tim Sentra Gakkumdu memutuskan perbuatan tersebut tak memenuhi unsur pidana pemilu yang disangkakan pada pasal 73 ayat (4) juncto Pasal 187A ayat (1) Undang-Undang Nomor 10/2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 1/2015 tentang penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1/2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota menjadi undang-undang.

"Atas saran dan pertimbangan dari penyidik serta jaksa pada Sentra Gakkumdu Kabupaten Cianjur kasus ini dihentikan. Sehingga eksesnya tidak dilanjutkan ke tahap penyidikan," kata Hadi, kepada wartawan, Jumat (16/3/2018).

Hadi menyebutkan, kesimpulan tidak adanya dugaan pelanggaran pidana pemilu dalam kasus tersebut, diperoleh berdasarkan data dan fakta hasil klarifikasi kepada masing-masing pihak yakni pelapor, terlapor dalam hal ini fungsionaris Partai Golkar Kabupaten Cianjur, serta para saksi.

Termasuk melihat tayangan video yang merekam adanya aktivitas sejumlah fungsionaris Partai Golkar yang sedang mengemas paket telur.

"Kami kesulitan merangkai video, telur, pemberi, dan penerima. Makanya hasil kesimpulan dinyatakan tak memenuhi unsur pelanggaran pidana pemilu," tegasnya.

Selain itu, lanjut Hadi, Panwaslu mengimbau tim kampanye pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat segera menyerahkan daftar nama tim pemenangan di tingkat Kabupaten Cianjur.

Dari empat pasangan calon, kata Hadi, baru tim kampanye TB Hasanudin-Anton Charliyan (Hasanah) yang sudah menyerahkan daftar nama tim pemenangannya.

"Kepada seluruh tim pemenangan pasangan calon agar mematuhi PKPU Nomor 4/2017 tentang Kampanye. Dalam aturan itu tegas dijelaskan apa saja yang dikatakan souvenir itu. Jadi tidak ada lagi upaya-upaya untuk merekayasa. Jenis souvenir itu di antaranya pakaian, penutup kepala, dan gelas atau mug," pungkasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Positif Amfetamin, Dua Remaja Perempuan Diamankan

DUA orang pengunjung tempat hiburan di Cianjur diamankan petugas gabungan dalam razia cipta kondisi (Cipkon) yang digelar Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018) dini hari.

Cianjur Euy 20/04/2018 21:59 WIB

Dua Polwan Polres Cianjur Ikuti Kartini Run 2018

DUA Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur akan memeriahkan lomba lari bertajuk Kartini Run 2018 yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Hari Kartini, Polwan Polres Cianjur Gelar Pengobatan dan Makan Gratis

LIMA ratusan orang dari sejumlah wilayah di Cianjur mengikuti pengobatan gratis di lingkungan Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku, Kamis (19/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Aktualita 19/04/2018 08:00 WIB

Kebohongan Ketua DPRD Terungkap

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi terkait mekanisme penghapusan pendapat akhir fraksi semakin menguat. Benarkah?