Selasa, 17 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Ojek Online dan Pangkalan Sepakat Berdamai

Angga Purwanda

Minggu, 18 Maret 2018 - 21:27 WIB

foto: Istimewa
foto: Istimewa
A A A

Beritacianjur.com - KISRUH antara pengemudi ojek online dan pangkalan di Cianjur akhirnya menemukan titik terang, setelah kedua kubu menggelar deklarasi damai, usai audiensi di Kantor DPRD Kabupaten Cianjur, Sabtu (17/3/2018).

Dalam deklarasi damai yang difasilitasi anggota legislatif Cianjur itu, ada beberapa kesepakatan yang dibuat untuk dipatuhi bersama agar tidak ada gesekan atau konflik antara pengemudi ojek online dan pangkalan di Cianjur.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cianjur, Susilawati mengatakan, audiensi yang dilanjutkan dengan deklarasi damai itu untuk mengantisipasi kembali terjadi gesekan atau konflik di antara mereka.

"Ada kesepahaman dari dua belah pihak. Ujungnya mereka juga deklrasi damai. Ada enam poin yang disepakati dan perlu dipatuhi masing-masing," kata Susilawati.

Menurutnya, poin penting yang disepakati, yaitu batasan jarak dan adanya area yang tidak boleh dilintasi oleh ojek online. Dari 26 pangkalan yang ada, dua pangkalan yakni Pasundan dan Rumah Sakit yang dititikberatkan untuk tidak dimasuki, mulai dari pengangkutan atau pengantaran penumpang.

"Sebenarnya yang poin itu masih dalam proses, sebab perlu pembahasan lebih lanjut, terutama titiknya. Tapi lima poin lainnya, seperti senyum sapa salam, mangkal di radius 100 meter dari pangkalan ojek konvensional, dan beberapa poin lainnya," kata dia.

Susi mengharapkan, dengan adanya kesepakatan tersebut tidak ada lagi konflik antara ojek online dan pangkalan. Selain itu, rencananya dewan bakal merumuskan regulasi yang mengatur angkutan roda dua di Cianjur, dengan dasar peraturan menteri.

"Jangan sampai ada konflik lagi seperti beberapa waktu lalu. Regulasi pasti perlu, supaya ada dasar hukum. Itu jadi masukan untuk dewan Cianjur, tapi melihat dulu di daerah lain," ucapnya.

Ketua Persatuan Motor Ojek Cianjur (PMOC), Husen Saepulloh, mengatakan, dirinya berharap ojek online mengikuti keinginan ojek pangkalan, dengan tidak memasuki wilayah atau pengkalan khusus. Terkait satu kesepatan yang belum final, dirinya berencana untuk membahas dulu dengan pengurus dari setiap pangkalan. "Pekan depan kami akan bahas, selanjutnya baru audiensi lagi dengan ojok online dan dewan," kata Husen.

Sementara itu, Ketua Driver Online Cianjur (DOC), Yanwar Sidik, mengatakan, pihaknya akan mengikuti kesepatan yang sudah dibuat. Pihaknya pun bakal mengoordinir pengemudi online di luar DOC, supaya tidak ada pelanggaran atas kesepatan tersebut.

"Kami juga rencananya komunikasi dengan DOC di kabupaten/kota lain termasuk pihak penyedia angkutan onlinenya, supaya tidak ada pengemudi dari luar daerah ke Cianjur. Sebab hal itu akan mempengaruhi komunikasi dan kesepakatan yang dibangun," pungkas Yanwar. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 20 jam yang lalu

Korupsi di Cianjur Aman?

KORUPSI di Cianjur aman. Begitu kata seorang aktivis, menyikapi sederet temuan kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur yang kini mencuat dan ramai dibicarakan publik.

Cianjur Euy 15/07/2018 23:07 WIB

Polsek Warungkondang Siap Menjawab Keinginan Masyarakat

PERINGATI HUT Bhayangkara ke 72 Polsek Warungkondang, Kabupaten Cianjur gelar syukuran, Sabtu (14/7/2018). Terlihat seluruh kalangan masyarakat menjadi tamu undangan.

Cianjur Euy 15/07/2018 20:15 WIB

Asian GamesXVIII Ajang Dongkrak Sektor Pariwisata

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur bakal memaskimalkan momentum gelaran Asian Games XVIII/2018 untuk mempromosikan dan mendongkrak sektor pariwisata.

Aktualita 13/07/2018 07:00 WIB

Masyarakat Muak dengan Kebijakan Bupati

DUGAAN kuat pelanggaran Megaproyek Campaka tak hanya ramai diberitakan di media massa, namun ternyata isu kebijakan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar terkait pemindahan ibu kota juga viral di jejaring…

Aktualita 13/07/2018 06:55 WIB

Didemo Warga, Pengusaha Balik Ancam Akan Tutup Perusahaan

Ratusan warga Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, mendemo PT Three Six World (PT.TSW), Kamis (12/7/2018)

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Lapas Kelas IIB Cianjur Utamakan Pembinaan Keagamaan

LATAR belakang pondok pesantren (Pontren) yang diterapkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Cianjur menjadi sesuatu yang unik. Dimana, para warga binaan diberikan pendekataan keagamaan untuk…

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Tingkat Penyerapan Beras Petani di Semeseter I Mencapai 80,78%

BULOG Subdivre Cianjur mengklaim tingkat penyerapan beras petani memasuki semester I tahun ini sudah mencapai 80,78 persen. Hal itu, tak terlepas dari mulai meningkatnya kepercayaan petani menjual hasil…

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Situs Gunung Padang Diusulkan Ke UNESCO

TIM Arkeolog Situs Gunung Padang tengah mengkaji untuk mengusulkan situs tersebut ke UNESCO sebagai warisan budaya dunia (World Heritage). Rencananya semua elemen, mulai dari pemerintah daerah bakal dilibatkan…

Aktualita 12/07/2018 07:00 WIB

Bukti Kuat untuk Aparat

PENGAKUAN dan penjelasan dugaan kuat pelanggaran pada Megaproyek Campaka terus bermunculan. Mulai dari masyarakat, aktivis, wakil rakyat hingga pakar hukum. Lalu, mengapa aparat penegak hukum belum bertindak?

Cianjur Euy 11/07/2018 21:36 WIB

Pemkab Cianjur Siap Antisipasi Kekeringan

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur menyiapkan langkah antisipasi terjadinya dampak kekeringan yang diperkirakan terjadi pada Agustus mendatang.