Senin, 23 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Ojek Online dan Pangkalan Sepakat Berdamai

Angga Purwanda

Minggu, 18 Maret 2018 - 21:27 WIB

foto: Istimewa
foto: Istimewa
A A A

Beritacianjur.com - KISRUH antara pengemudi ojek online dan pangkalan di Cianjur akhirnya menemukan titik terang, setelah kedua kubu menggelar deklarasi damai, usai audiensi di Kantor DPRD Kabupaten Cianjur, Sabtu (17/3/2018).

Dalam deklarasi damai yang difasilitasi anggota legislatif Cianjur itu, ada beberapa kesepakatan yang dibuat untuk dipatuhi bersama agar tidak ada gesekan atau konflik antara pengemudi ojek online dan pangkalan di Cianjur.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cianjur, Susilawati mengatakan, audiensi yang dilanjutkan dengan deklarasi damai itu untuk mengantisipasi kembali terjadi gesekan atau konflik di antara mereka.

"Ada kesepahaman dari dua belah pihak. Ujungnya mereka juga deklrasi damai. Ada enam poin yang disepakati dan perlu dipatuhi masing-masing," kata Susilawati.

Menurutnya, poin penting yang disepakati, yaitu batasan jarak dan adanya area yang tidak boleh dilintasi oleh ojek online. Dari 26 pangkalan yang ada, dua pangkalan yakni Pasundan dan Rumah Sakit yang dititikberatkan untuk tidak dimasuki, mulai dari pengangkutan atau pengantaran penumpang.

"Sebenarnya yang poin itu masih dalam proses, sebab perlu pembahasan lebih lanjut, terutama titiknya. Tapi lima poin lainnya, seperti senyum sapa salam, mangkal di radius 100 meter dari pangkalan ojek konvensional, dan beberapa poin lainnya," kata dia.

Susi mengharapkan, dengan adanya kesepakatan tersebut tidak ada lagi konflik antara ojek online dan pangkalan. Selain itu, rencananya dewan bakal merumuskan regulasi yang mengatur angkutan roda dua di Cianjur, dengan dasar peraturan menteri.

"Jangan sampai ada konflik lagi seperti beberapa waktu lalu. Regulasi pasti perlu, supaya ada dasar hukum. Itu jadi masukan untuk dewan Cianjur, tapi melihat dulu di daerah lain," ucapnya.

Ketua Persatuan Motor Ojek Cianjur (PMOC), Husen Saepulloh, mengatakan, dirinya berharap ojek online mengikuti keinginan ojek pangkalan, dengan tidak memasuki wilayah atau pengkalan khusus. Terkait satu kesepatan yang belum final, dirinya berencana untuk membahas dulu dengan pengurus dari setiap pangkalan. "Pekan depan kami akan bahas, selanjutnya baru audiensi lagi dengan ojok online dan dewan," kata Husen.

Sementara itu, Ketua Driver Online Cianjur (DOC), Yanwar Sidik, mengatakan, pihaknya akan mengikuti kesepatan yang sudah dibuat. Pihaknya pun bakal mengoordinir pengemudi online di luar DOC, supaya tidak ada pelanggaran atas kesepatan tersebut.

"Kami juga rencananya komunikasi dengan DOC di kabupaten/kota lain termasuk pihak penyedia angkutan onlinenya, supaya tidak ada pengemudi dari luar daerah ke Cianjur. Sebab hal itu akan mempengaruhi komunikasi dan kesepakatan yang dibangun," pungkas Yanwar. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Aktualita 19/04/2018 08:00 WIB

Kebohongan Ketua DPRD Terungkap

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi terkait mekanisme penghapusan pendapat akhir fraksi semakin menguat. Benarkah?

Aktualita 19/04/2018 07:55 WIB

Balas Budi? Ini Dugaan Kongkalikong Antara Bupati dan Ketua DPRD

DUGAAN kongkalikong antara Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar dengan Ketua DPRD, Yadi Mulyadi menyeruak. Pasalnya, meski sejak awal sudah diketahui belum mengantongi izin, namun Megaproyek Campaka baru…

Aktualita 19/04/2018 07:50 WIB

Golkar Pecat Dua Anggotanya, Demokrat?

HAWA politik Cianjur kian memanas. Birunya langit tak lagi menjadi pertanda akan cerahnya panggung politik Cianjur, tapi sebaliknya justru membawa pertanda datangnya “hujan badai” yang akan menyapu…

Cianjur Euy 18/04/2018 21:55 WIB

Polwan Polres Cianjur Berikan Bantuan Bagi Adah

MEMPERINGATI Hari Kartini 2018 jajaran Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur menggelar sejumlah kegiatan sosial, di antaranya dengan menyambangi kediaman Adah, warga Kampung Mayak Empang RT 01/04, Desa…

Cianjur Euy 18/04/2018 21:55 WIB

Polres Cianjur Ciduk Tujuh Pelaku Kejahatan

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur menciduk tujuh orang pelaku kejahatan yang biasa menjalankan aksinya di wilayah hukum Cianjur. Penangkapan ketujuh pelaku itu dilakukan dalam waktu dan tempat berbeda.

Aktualita 18/04/2018 08:10 WIB

Desak Pemkab Tanggung Jawab, Garis Sebar Spanduk Banjir

BANJIR belum pernah terjadi sebelumnya di Cianjur. Masihkah kita bangga dengan dosa-dosa? Itulah tulisan dalam spanduk yang dipasang Gerakan Reformis Islam (Garis) di sejumlah lokasi banjir di kawasan…