Senin, 23 April 2018 | Cianjur, Indonesia

KPU Cianjur Tetapkan DPS Sebanyak 1.649.874 Pemilih

Angga Purwanda

Minggu, 18 Maret 2018 - 21:28 WIB

foto:Angga Purwanda/BC
foto:Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat sebanyak 1.649.874 pemilih melalui pleno terbuka, di Kantor KPU Kabupaten Cianjur, Jalan Ir H Djuanda, Jumat (16/3/2018) siang.

Ketua KPU Kabupaten Cianjur, Anggy Sophia Wardhani, mengatakan, dari  jumlah DPS tersebut, sebanyak 60.447 pemilih di antaranya belum memiliki KTP elektronik. KPU, lanjut Anggy, akan terus berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Cianjur menyangkut pemilih yang belum memiliki KTP elektronik.

“Kami terus melakukan dengan disdukcapil. Targetnya, sebelum penetapan daftar pemilih tetap (DPT) nanti, semua pemilih sudah memiliki KTP elektronik,” kata Anggy, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya.

Anggy mengungkapkan, masih adanya pemilih yang belum memiliki KTP elektronik, sempat  menjadi catatan dari tim pemenangan pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 2.

 "Jadi catatan mereka (Tim pemenangan paslon), tapi sebetulnya bukan ditujukan kepada kami, karena KPU tak memiliki kebijakan melakukan progres perekaman KTP elektronik. Catatannya cenderung ditujukan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil," ungkapnya.

Anggy mengharapkan, sebelum penetapan DPT tak ada lagi pemilih yang tak memiliki KTP elektronik. “Diharapkan bisa nol persen. Tapi kalaupun tidak, suket (surat keterangan) juga berlaku. Mereka bisa menyalurkan hak pilihnya," ucapnya.

Pleno penetapan DPS dilaksanakan serentak di wilayah Jawa Barat. KPU Kabupaten Cianjur akan mengikuti pleno penetapan DPS di tingkat KPU Jawa Barat.  "Secara umum pleno penetapan DPS tidak ada sanggahan maupun rekomendasi dari Panwaslu. Selanjutnya kita laksanakan pleno di tingkat Jawa Barat," sebutnya.

Bagi masyarakat pemilih yang belum terdata dalam DPS, menurut Anggy, KPU memberikan toleransi dengan tahapan hasil perbaikan. Masyarakat bisa aktif mendaftarkan ke penyelenggara adhoc yakni panitia pemilihan kecamatan (PPK) atau panitia pemungutan suara (PPS).

"Nanti ada waktu sepuluh hari untuk melakukan DPS hasil perbaikan. Selanjutnya DPS hasil perbaikan akan diplenokan kembali sebelum memasuki penetapan DPT. Agendanya sekitar April kita sudah menetapkan DPT," ujar Anggy.

Jumlah DPS sebanyak 1.649.874 pemilih terdiri dari 838.825 pemilih laki-laki dan 811.049 pemilih perempuan dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 3.921. "Pada pilkada serentak kali ini jumlah DPS menurun dibandingkan pemilu sebelumnya," tandas Anggy. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Positif Amfetamin, Dua Remaja Perempuan Diamankan

DUA orang pengunjung tempat hiburan di Cianjur diamankan petugas gabungan dalam razia cipta kondisi (Cipkon) yang digelar Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018) dini hari.

Cianjur Euy 20/04/2018 21:59 WIB

Dua Polwan Polres Cianjur Ikuti Kartini Run 2018

DUA Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur akan memeriahkan lomba lari bertajuk Kartini Run 2018 yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Hari Kartini, Polwan Polres Cianjur Gelar Pengobatan dan Makan Gratis

LIMA ratusan orang dari sejumlah wilayah di Cianjur mengikuti pengobatan gratis di lingkungan Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku, Kamis (19/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Aktualita 19/04/2018 08:00 WIB

Kebohongan Ketua DPRD Terungkap

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi terkait mekanisme penghapusan pendapat akhir fraksi semakin menguat. Benarkah?