Jumat, 17 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

KPU Cianjur Tetapkan DPS Sebanyak 1.649.874 Pemilih

Angga Purwanda

Minggu, 18 Maret 2018 - 21:28 WIB

foto:Angga Purwanda/BC
foto:Angga Purwanda/BC
A A A

Beritacianjur.com - KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat sebanyak 1.649.874 pemilih melalui pleno terbuka, di Kantor KPU Kabupaten Cianjur, Jalan Ir H Djuanda, Jumat (16/3/2018) siang.

Ketua KPU Kabupaten Cianjur, Anggy Sophia Wardhani, mengatakan, dari  jumlah DPS tersebut, sebanyak 60.447 pemilih di antaranya belum memiliki KTP elektronik. KPU, lanjut Anggy, akan terus berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Cianjur menyangkut pemilih yang belum memiliki KTP elektronik.

“Kami terus melakukan dengan disdukcapil. Targetnya, sebelum penetapan daftar pemilih tetap (DPT) nanti, semua pemilih sudah memiliki KTP elektronik,” kata Anggy, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya.

Anggy mengungkapkan, masih adanya pemilih yang belum memiliki KTP elektronik, sempat  menjadi catatan dari tim pemenangan pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 2.

 "Jadi catatan mereka (Tim pemenangan paslon), tapi sebetulnya bukan ditujukan kepada kami, karena KPU tak memiliki kebijakan melakukan progres perekaman KTP elektronik. Catatannya cenderung ditujukan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil," ungkapnya.

Anggy mengharapkan, sebelum penetapan DPT tak ada lagi pemilih yang tak memiliki KTP elektronik. “Diharapkan bisa nol persen. Tapi kalaupun tidak, suket (surat keterangan) juga berlaku. Mereka bisa menyalurkan hak pilihnya," ucapnya.

Pleno penetapan DPS dilaksanakan serentak di wilayah Jawa Barat. KPU Kabupaten Cianjur akan mengikuti pleno penetapan DPS di tingkat KPU Jawa Barat.  "Secara umum pleno penetapan DPS tidak ada sanggahan maupun rekomendasi dari Panwaslu. Selanjutnya kita laksanakan pleno di tingkat Jawa Barat," sebutnya.

Bagi masyarakat pemilih yang belum terdata dalam DPS, menurut Anggy, KPU memberikan toleransi dengan tahapan hasil perbaikan. Masyarakat bisa aktif mendaftarkan ke penyelenggara adhoc yakni panitia pemilihan kecamatan (PPK) atau panitia pemungutan suara (PPS).

"Nanti ada waktu sepuluh hari untuk melakukan DPS hasil perbaikan. Selanjutnya DPS hasil perbaikan akan diplenokan kembali sebelum memasuki penetapan DPT. Agendanya sekitar April kita sudah menetapkan DPT," ujar Anggy.

Jumlah DPS sebanyak 1.649.874 pemilih terdiri dari 838.825 pemilih laki-laki dan 811.049 pemilih perempuan dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 3.921. "Pada pilkada serentak kali ini jumlah DPS menurun dibandingkan pemilu sebelumnya," tandas Anggy. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…