Senin, 23 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Bencana Longsor Landa Tiga Desa di Sukaresmi

Dua Orang Warga Terluka Akibat Tertimpa Reruntuhan Bangunan

Angga Purwanda

Senin, 19 Maret 2018 - 22:06 WIB

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa
A A A

Beritacianjur.com - WAWAN (30), dan Randi Wahlidaeni (40), warga Kampung Cisalak, Desa Cikancana, Kecamatan Sukaresmi mengalami luka di sekujur tubuhnya usai terkena longsor yang melanda wilayah itu, Minggu (18/3/2018) malam, sekitar pukul 21.00 WIB.

Bencana longsor yang melanda tiga desa di Kecematan Sukaresmi itu terjadi usai wilayah itu diguyur hujan sejak sore hari. Selain mengakibatkan dua orang warga mengalami luka, bencana itu juga menyebabkan satu rumah rusak, akses jalan desa tertimbun longsor, dua tiang listrik roboh, dan hektaran sawah rusak.

Camat Sukaresmi, Aris Haryanto, mengatakan, dua orang warga yang mengalami luka, satu orang di antaranya harus mendapatkan perawatan intensif di RSUD Cimacan karena mengalami luka serius pada bagian pinggangnya.

“Korban atasnama Randi Wahlidaeni terpaksa harus mendapatkan perawatan di rumah sakit. Kedua korban tersebut mengalami luka, karena tertimpa reruntuhan bangunan rumah,” kata Aris, kepada wartawan, Senin (19/3/2018).

Aris menyebutkan, tiga desa yang terdampak longsor adalah Desa Sukaresmi dengan satu rumah mengalami rusak berat, satu ruangan kamar di Kampung Garung rusak berat. Kemudian, dua rumah di Kampung Cisalak Desa Cikancana mengalami rusak dan menimpa dua korban.

"Kerusakan  parah terjadi di Kampung Cisalak RT 04/05, Desa Cikancana. Di lokasi tersebut, longsor mengakibatkan bangunan mengalami rusak berat. Terakhir, jalur sepanjang 50 meter tertimbun material longsoran, lalu 0,5 hektare rusak, dan dua tiang listrik roboh di Kampung Sadamaya,” ucapnya.

Sejauh ini, pihak desa masih melakukan pendataan terkait kerugian akibat bencana tersebut. Diperkirakan, kerugian bangunan yang tertimpa longsoran tanah mencapai Rp 30 juta.

Sementara itu, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur mengaku baru menurunkan petugas ke lokasi terkait. "Baru diturunkan dan kami akan segera melakukan assessment di wilayah bencana," kata Kepala BPBD Cianjur, Dodi Permadi.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, Sugeng Supriyanto mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dengan kondisi cuaca saat ini. Sebab, lanjut Sugeng, dengan intensitas hujan yang cukup tinggi berpotensi terjadinya bencana, terutama tanah longsor.

“Kami juga sudah menyiagakan puluhah relawan yang siaga 24 jam untuk mengatasi terjadinya bencana di wilayah Cianjur. Selain itu, di setiap desa pun di siagakan relawan, yang akan menginformasikan jika terjadi bencana di wilayahnya,” pungkas Sugeng. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Aktualita 19/04/2018 08:00 WIB

Kebohongan Ketua DPRD Terungkap

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi terkait mekanisme penghapusan pendapat akhir fraksi semakin menguat. Benarkah?

Aktualita 19/04/2018 07:55 WIB

Balas Budi? Ini Dugaan Kongkalikong Antara Bupati dan Ketua DPRD

DUGAAN kongkalikong antara Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar dengan Ketua DPRD, Yadi Mulyadi menyeruak. Pasalnya, meski sejak awal sudah diketahui belum mengantongi izin, namun Megaproyek Campaka baru…

Aktualita 19/04/2018 07:50 WIB

Golkar Pecat Dua Anggotanya, Demokrat?

HAWA politik Cianjur kian memanas. Birunya langit tak lagi menjadi pertanda akan cerahnya panggung politik Cianjur, tapi sebaliknya justru membawa pertanda datangnya “hujan badai” yang akan menyapu…

Cianjur Euy 18/04/2018 21:55 WIB

Polwan Polres Cianjur Berikan Bantuan Bagi Adah

MEMPERINGATI Hari Kartini 2018 jajaran Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur menggelar sejumlah kegiatan sosial, di antaranya dengan menyambangi kediaman Adah, warga Kampung Mayak Empang RT 01/04, Desa…

Cianjur Euy 18/04/2018 21:55 WIB

Polres Cianjur Ciduk Tujuh Pelaku Kejahatan

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur menciduk tujuh orang pelaku kejahatan yang biasa menjalankan aksinya di wilayah hukum Cianjur. Penangkapan ketujuh pelaku itu dilakukan dalam waktu dan tempat berbeda.

Aktualita 18/04/2018 08:10 WIB

Desak Pemkab Tanggung Jawab, Garis Sebar Spanduk Banjir

BANJIR belum pernah terjadi sebelumnya di Cianjur. Masihkah kita bangga dengan dosa-dosa? Itulah tulisan dalam spanduk yang dipasang Gerakan Reformis Islam (Garis) di sejumlah lokasi banjir di kawasan…