Selasa, 17 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Bencana Longsor Landa Tiga Desa di Sukaresmi

Dua Orang Warga Terluka Akibat Tertimpa Reruntuhan Bangunan

Angga Purwanda

Senin, 19 Maret 2018 - 22:06 WIB

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa
A A A

Beritacianjur.com - WAWAN (30), dan Randi Wahlidaeni (40), warga Kampung Cisalak, Desa Cikancana, Kecamatan Sukaresmi mengalami luka di sekujur tubuhnya usai terkena longsor yang melanda wilayah itu, Minggu (18/3/2018) malam, sekitar pukul 21.00 WIB.

Bencana longsor yang melanda tiga desa di Kecematan Sukaresmi itu terjadi usai wilayah itu diguyur hujan sejak sore hari. Selain mengakibatkan dua orang warga mengalami luka, bencana itu juga menyebabkan satu rumah rusak, akses jalan desa tertimbun longsor, dua tiang listrik roboh, dan hektaran sawah rusak.

Camat Sukaresmi, Aris Haryanto, mengatakan, dua orang warga yang mengalami luka, satu orang di antaranya harus mendapatkan perawatan intensif di RSUD Cimacan karena mengalami luka serius pada bagian pinggangnya.

“Korban atasnama Randi Wahlidaeni terpaksa harus mendapatkan perawatan di rumah sakit. Kedua korban tersebut mengalami luka, karena tertimpa reruntuhan bangunan rumah,” kata Aris, kepada wartawan, Senin (19/3/2018).

Aris menyebutkan, tiga desa yang terdampak longsor adalah Desa Sukaresmi dengan satu rumah mengalami rusak berat, satu ruangan kamar di Kampung Garung rusak berat. Kemudian, dua rumah di Kampung Cisalak Desa Cikancana mengalami rusak dan menimpa dua korban.

"Kerusakan  parah terjadi di Kampung Cisalak RT 04/05, Desa Cikancana. Di lokasi tersebut, longsor mengakibatkan bangunan mengalami rusak berat. Terakhir, jalur sepanjang 50 meter tertimbun material longsoran, lalu 0,5 hektare rusak, dan dua tiang listrik roboh di Kampung Sadamaya,” ucapnya.

Sejauh ini, pihak desa masih melakukan pendataan terkait kerugian akibat bencana tersebut. Diperkirakan, kerugian bangunan yang tertimpa longsoran tanah mencapai Rp 30 juta.

Sementara itu, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur mengaku baru menurunkan petugas ke lokasi terkait. "Baru diturunkan dan kami akan segera melakukan assessment di wilayah bencana," kata Kepala BPBD Cianjur, Dodi Permadi.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, Sugeng Supriyanto mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dengan kondisi cuaca saat ini. Sebab, lanjut Sugeng, dengan intensitas hujan yang cukup tinggi berpotensi terjadinya bencana, terutama tanah longsor.

“Kami juga sudah menyiagakan puluhah relawan yang siaga 24 jam untuk mengatasi terjadinya bencana di wilayah Cianjur. Selain itu, di setiap desa pun di siagakan relawan, yang akan menginformasikan jika terjadi bencana di wilayahnya,” pungkas Sugeng. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 20 jam yang lalu

Korupsi di Cianjur Aman?

KORUPSI di Cianjur aman. Begitu kata seorang aktivis, menyikapi sederet temuan kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur yang kini mencuat dan ramai dibicarakan publik.

Cianjur Euy 15/07/2018 23:07 WIB

Polsek Warungkondang Siap Menjawab Keinginan Masyarakat

PERINGATI HUT Bhayangkara ke 72 Polsek Warungkondang, Kabupaten Cianjur gelar syukuran, Sabtu (14/7/2018). Terlihat seluruh kalangan masyarakat menjadi tamu undangan.

Cianjur Euy 15/07/2018 20:15 WIB

Asian GamesXVIII Ajang Dongkrak Sektor Pariwisata

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur bakal memaskimalkan momentum gelaran Asian Games XVIII/2018 untuk mempromosikan dan mendongkrak sektor pariwisata.

Aktualita 13/07/2018 07:00 WIB

Masyarakat Muak dengan Kebijakan Bupati

DUGAAN kuat pelanggaran Megaproyek Campaka tak hanya ramai diberitakan di media massa, namun ternyata isu kebijakan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar terkait pemindahan ibu kota juga viral di jejaring…

Aktualita 13/07/2018 06:55 WIB

Didemo Warga, Pengusaha Balik Ancam Akan Tutup Perusahaan

Ratusan warga Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, mendemo PT Three Six World (PT.TSW), Kamis (12/7/2018)

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Lapas Kelas IIB Cianjur Utamakan Pembinaan Keagamaan

LATAR belakang pondok pesantren (Pontren) yang diterapkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Cianjur menjadi sesuatu yang unik. Dimana, para warga binaan diberikan pendekataan keagamaan untuk…

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Tingkat Penyerapan Beras Petani di Semeseter I Mencapai 80,78%

BULOG Subdivre Cianjur mengklaim tingkat penyerapan beras petani memasuki semester I tahun ini sudah mencapai 80,78 persen. Hal itu, tak terlepas dari mulai meningkatnya kepercayaan petani menjual hasil…

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Situs Gunung Padang Diusulkan Ke UNESCO

TIM Arkeolog Situs Gunung Padang tengah mengkaji untuk mengusulkan situs tersebut ke UNESCO sebagai warisan budaya dunia (World Heritage). Rencananya semua elemen, mulai dari pemerintah daerah bakal dilibatkan…

Aktualita 12/07/2018 07:00 WIB

Bukti Kuat untuk Aparat

PENGAKUAN dan penjelasan dugaan kuat pelanggaran pada Megaproyek Campaka terus bermunculan. Mulai dari masyarakat, aktivis, wakil rakyat hingga pakar hukum. Lalu, mengapa aparat penegak hukum belum bertindak?

Cianjur Euy 11/07/2018 21:36 WIB

Pemkab Cianjur Siap Antisipasi Kekeringan

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur menyiapkan langkah antisipasi terjadinya dampak kekeringan yang diperkirakan terjadi pada Agustus mendatang.