Selasa, 22 Mei 2018 | Cianjur, Indonesia

Politisi Demokrat 'Curigai' Presiden Jokowi

Maharaya Akbar

Senin, 07 September 2015 - 12:00 WIB

syarief hasan/net
syarief hasan/net
A A A

BERITACIANJUR.COM, JAKARTA – Partai Demokrat meminta DPR untuk segera menggunakan hak bertanya guna mengklarifikasi alasan yang melatari penggantian Kabareskrim Mabes Polri Komjen Budi Waseso oleh Komjen Pol Anang Iskandar.

Disampaikan Wakil Ketua Partai Demokrat, Syarifudin Hasan, hak bertanya dinilai penting mengingat kebijakan yang diambil telah mendapat perhatian luas dari publik, apalagi Bareskrim belakangan ini tengah mengusut banyak kasus korupsi kelas kakap.

Meski menurutnya, rotasi di tubuh Polri bukanlah hal yang biasa, namun publik membutuhkan penjelasan yang benar dan jujur dari presiden dan Kapolri. “Apa yang terjadi menyangkut penggantian  Kabareskrim?" kata Syarief di kantornya, Jakarta, Minggu (6/9).

Dikatakan dia, ada dua hal yang perlu dijelaskan oleh pemerintah, pertama mengenai latar belakang serta alasan penggantian Kabareskim dan kedua kaitan dengan pengambilan keputusan yang dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi tanpa melibatkan Kapolri.

“Jika hal itu benar terjadi, maka presiden telah melanggar prosedur,’ ujarnya.

“Untuk presiden, pertanyaan yang perlu dijawab adalah apakah benar presiden panggil langsung Komjen Buwas untuk sampaikan bahwa yang bersangkutan akan diganti tanpa melibatkan Kapolri yang justru memiliki kewenangan untuk melakukan penggantian dan pengangkatan para pati di jajarannya," sambung Syarief.

Kendati begitu, ia mafhum jika rotasi perwira di lingkungan Polri bukan menjadi urusan DPR, hanya saja mengingat persoalan ini sudah menimbulkan polemik dan pergunjingan, maka pihaknya meminta DPR dan pemerintah membuat pengecualian.

"Dengan niat baik, dan kepentingan rakyat banyak, PD berpendapat amat tepat jika DPR RI minta penjelasan dari Presiden RI dan Kapolri. Sehingga pergunjingan tentang Kabareskrim bisa segera diakhiri. Mengingat masih banyak permasalahan bangsa yang harus diatasi," ungkapnya. (bbs)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Bisnis Line 15 menit yang lalu

Paket Kombo D'Abah Jadi Menu Andalan 'Bukber'.

BULAN Ramadhan merupakan momentum keberkahan bagi umat Islam. Uniknya, momen keberkahan ramadhan ternyata dirasakan tidak hanya untuk muslim, tetapi juga dirasakan oleh para pebisnis kuliner. Bagaimana…

Cianjur Euy 16 menit yang lalu

CAI Soroti Pendirian Mall GSP Ciranjang

PENDIRIAN Ruko dan Mall GSP Ciranjang kembali mendapat sorotan publik. Kali ini sorotan tajam disampaikan kalangan aktivis yang tergabung dalam Cianjur Aktivis Independen (CAI).

Cianjur Euy 17 menit yang lalu

Pemicu Terjadinya Macet Di Ciranjang Bertambah

JALAN raya Cianjur - Bandung tepatnya di pertigaan jalan masuk ke pasar, Bojongpicung dan menuju jalan Jati, setiap harinya tak pernah sepi kendaraan motor maupun mobil.

Cianjur Euy 19 menit yang lalu

PJU Tak Ada, Jalan Kebon Jeruk Rawan Lakalantas

TIDAK tersedianya fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang ruas jalan Ciranjang - Bojongpicung tepatnya di Kampung Kebon Jeruk, Kecamatan Bojongpicung menyebabkan lokasi tersebut rawan terjadi…

Aktualita 14 jam yang lalu

Wabup Akui Nikmati Upah Pungut

TERNYATA, Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman mengakui jika dirinya memang menerima bagian dari alokasi dana insentif pemungutan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU). Kok bisa?

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Longsor Tutup Akses Jalan Ke Gunung Padang

BENCANA longsor kembali menerjang Kabupaten Cianjur, kini terjadi di wilayah Kecamatan Campaka. Akibatnya, akses jalan menuju situs Meghalitikum Gunung Padang sempat tertutup longsoran tanah, Jumat (18/5/2018)…

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Muspida Kabupaten Cianjur Komitmen Berantas Minuman Keras dan Oplosan

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur berkomitmen untuk memberantas minuman keras (Miras) bermerk dan oplosan dengan cara meningkatkan razia gabungan diberbagai wilayah setiap pekannya.

Cianjur Euy 16 jam yang lalu

Kecamatan Ciranjang Gelar Sertijab Serentak Kepala Desa

PASCA pelantikan Kepala Desa oleh Bupati Cianjur empat hari lalu, Kecamatan Ciranjang langsung menggelar Serah Terima Jabatan (Sertijab) tiga Kepala Desa di wilayahnya, Senin (21/5).

Bisnis Line 21/05/2018 21:15 WIB

Pizza Hut Cianjur Diduga Operasional Tanpa Izin Andalalin

DINAS Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Cianjur bakal memberikan surat teguran terhadap restauran Pizza di Jalan Ir H Juanda. Pasalnya, sampai saat ini restauran pizza…

Cianjur Euy 21/05/2018 21:14 WIB

Pembangunan Simbol Keagamaan Rentan Memicu Konflik

BANGUNAN monumental sekarang ini marak bermunculan di Kabupaten Cianjur. Berbagai bangunan tugu dibangun pemerintah di sejumlah lokasi yang tersebar di 32 Kecamatan.