Selasa, 24 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Longsor Lagi, Jalur Puncak Kembali Ditutup

Kapolres Cianjur: Roda Empat Dialihkan ke Jalur Sukabumi atau Jonggol

Angga Purwanda

Kamis, 29 Maret 2018 - 01:58 WIB

foto:istimewa
foto:istimewa
A A A

Beritacianjur.com - KAWASAN Puncak tepatnya Jalan Raya Puncak, Puncak Pass, Ciloto, Kecamatan Cipanas, Cianjur kembali dilanda longsor, Rabu (28/3/2018) sekitar pukul 20.45 Wib.

Tak ada informasi adanya korban atau kendaraan yang terseret amblasnya jalan tersebut. Namun guna mengantisipasi terjadinya longsor susulan, petugas kepolisian terpaksa menutup Jalur Puncak dari kedua arah.

Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah SIK MH menjelaskan, Jalur Puncak Pass Cianjur kembali amblas dengan kedalaman 40 meter dan panjang sekitar 150 meter. Hingga sekitar pukul 21.00 Wib, masih terjadi pergerakan tanah setiap ada getaran atau pergerakan dari kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

“Dari hasil pengecekan petugas kepolisian dan Dinas PU, terdapat tiga bangunan RM. Puncak Pass yang mengalami kerusakan atau roboh. Di antaranya kamar dan dapur,“ ujarnya saat meninjau langsung ke lokasi longsor kemarin.

Ia mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polres Bogor untuk melakukan penutupan arus di Gunung Mas wilayah bogor. Sementara untuk roda empat dialihkan ke jalur Sukabumi atau Jonggol.

Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama membenarkan hal tersebut. Ia menerangkan, titik longsor terletak pada pembangunan tanggul penahanan tanah yang memang masih dalam tahap pengerjaan.

"Kami menutup Jalur Puncak baik yang menuju Bogor maupun yang menuju Cianjur. Pengendara yang menuju Bogor maupun Cianjur bisa menggunakan Jalur Jonggol dengan jarak tempuh 86 Km," ujar AKP Hasby Ristama kepada wartawan, Rabu (28/3/2018).

Penutupan jalur tersebut, sambung Hasby, dimulai dari Gunung Mas hingga Ciloto. Bagi pengendara dari arah Bogor yang bertujuan ke Gunung Mas masih diperbolehkan naik ke atas.

"Bagi masyarakat dapat berjalan ke puncak sampai gerbang Gunung Mas. Selebihnya, demi keselamatan dari titik tersebut semua kendaraan roda empat atau lebih sudah dilarang melintas," terangnya.

Ia melanjutkan penutupan total Jalur Puncak masih berlaku sementara dan menunggu hasil kajian dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (KemenPU-Pera).

"Waktu penutupan Jalur Puncak masih belum dapat dipastikan waktunya. Saat ini Kami masih dalam kajian tim ahli jalan KemenPU-pera," lanjutnya.

Sementara itu, warga sekitar, Mety (42) mengatakan, warga sempat mendengar suara dentuman yang cukup keras sebelum jalan yang di bagian bawahnya tengah dipasang bronjong itu, amblas sebagian.

 "Kami sempat mendegar bunyi retakan dan tanah bergetar disekitar lokasi sekitar pukul 20.30 WIB. Selang beberapa saat terdengar dentuman dan jalan tersebut amblas sejauh beberapa meter," katanya.

Saat ditanya kemungkinan kamar hotel yang terletak di bagian bawah terseret, Mety tak dapat memastikannya dikarenakan lokasi minim penerangan. Namun sejak sore ungkap beberapa orang karyawan dinding kamar mulai retak.

"Tidak tahu pasti apakah ada kamar hotel yang terseret longsor atau tidak. Infonya ada beberapa kamar yang sejak sore mengalami retak di bagian dinding," pungkasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Si Maung 6 jam yang lalu

Laga El Clasico Panas Sebelum Laga Dimulai

LAGA Persib kontra Persija memang baru akan dimulai Sabtu (28/4/2018) mendatang. Namun panasnya laga bertajuk “El Clasico” sudah terasa sebelum laga dimulai.

Si Maung 6 jam yang lalu

Pede, Gomez Targetkan Kemenangan di Jakarta

BUKAN imbang tapi menang. Itulah target Pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomes, pada laga bertajuk “El Clasico” yang bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (28/4/2018)…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Laporan Keuangan Desa di Cianjur Belum Seragam

PEMERINTAHAN Desa (Pemdes) di Kabupaten Cianjur masih belum seragam dalam sistem laporan keuangan desa. Ada yang masih menggunakan Sistem Pengelolaan Keuangan Desa (Silokades) tapi juga yang sudah menerapkan…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Satlantas Pantau Ruas Infrastruktur Jalan

SATUAN Lalulintas Polres Cianjur, mengagendakan survei pemantauan ruas-ruas infrastruktur jalan menjelang arus mudik Idul Fitri 2018. Hal itu diungkapkan Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Rendy Setia Permana,…

Bisnis Line 17 jam yang lalu

Baru Dibuka, 'Sabore Kitchen' Diburu Pecinta Gelato

BISNIS kuliner di Kabupaten Cianjur semakin dilirik. Banyak lokasi kafe dan restoran 'anyar' tumbuh di kota yang terkenal dengan kota tauco ini. Tak heran jika antar outlet kuliner saling adu konsep,…

Cianjur Euy 22/04/2018 20:53 WIB

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 22/04/2018 20:07 WIB

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.

Cianjur Euy 22/04/2018 20:05 WIB

Positif Amfetamin, Dua Remaja Perempuan Diamankan

DUA orang pengunjung tempat hiburan di Cianjur diamankan petugas gabungan dalam razia cipta kondisi (Cipkon) yang digelar Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018) dini hari.

Cianjur Euy 20/04/2018 21:59 WIB

Dua Polwan Polres Cianjur Ikuti Kartini Run 2018

DUA Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur akan memeriahkan lomba lari bertajuk Kartini Run 2018 yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…