Rabu, 20 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Kadisdik Diancam Dilaporkan ke Polisi

Rata-rata Lulus Sekolah di Cianjur Paling Rendah se-Jawa Barat

Gie

Senin, 02 April 2018 - 07:55 WIB

Kepala Dinas Pendidikan Cianjur, Cecep Sobandi
Kepala Dinas Pendidikan Cianjur, Cecep Sobandi
A A A

Beritacianjur.com - KEPALA Dinas Pendidikan Cianjur, Cecep Sobandi lebih mementingkan kegiatan Gorol (Gotong Royong Lobaan) dan Cianjur Ngawangun Lembur (CNL) yang jelas-jelas bernuansa politik, ketimbang pendidikan bagi masyarakat Cianjur.

Itulah yang diungkapkan Direktur Cianjur Institute, Ridwan Mubarok, Minggu (1/4/2018). Penilaian tersebut ia sampaikan karena Kadisdik Cianjur tidak menghadiri kegiatan hearing (dengar pendapat, red) yang sudah dijadwalkan pada Kamis (29/3/2018) lalu, dengan alasan harus mengikuti CNL dan Gorol.

Menurutnya, Dinas Pendidikan (Disdik) Cianjur harus bertanggung jawab terhadap rendahnya tingkat melek pendidikan di Cianjur, yakni rata-rata lulus sekolah (RLS) usia produktif sekolah di Cianjur mendapatkan 60,28 atau grade paling rendah se-Jawa Barat.  

“Hal ini berarti tingkat lulus sekolah masyarakat Cianjur adalah kelas 1 SMP (kelas 7), dan itu pun tidak lulus,“ ungkapnya.

Tak hanya itu, Ridwan juga menyebutkan, pola pembodohan terstruktur nampak dari kebijakan-kebijakan Kadisdik Cianjur atas nama Bupati Cianjur, dalam upayanya merelokasi bangunan-bangunan SD yang tidak berdasarkan kajian akademis.

“Ini dapat saya katakan sebagai kebijakan konyol. Mengurus pendidikan kok tidak berdasarkan kajian akademis dan metodologi ilmiah. Ini yang namanya malpraktik dalam dunia pendidikan,“ ucapnya.

Ridwan menilai, Sekretaris Disdik Cianjur, Asep Saepulrochman yang mewakili Kadisdik pun tidak bisa berbuat banyak. Bahkan Asep dinilai lebih banyak tidak tahunya. “Ditanya masalah kajian akademis soal relokasi SD, ia (Sekdis) mengklaim bahwa Disdik sudah melakukan kajian, tapi tidak bisa membuktikannya,“ jelasnya.

Karena tidak adanya kejelasan, Ridwan menegaskan, Cianjur Institute menuntut bertemu langsung dengan Kadisdik Cianjur. Jika tidak mau, pihaknya mengancam bakal melaporkan segudang permasalahan di Disdik Cianjur ke lembaga peradilan dan aparat penegak hukum.

“Ya, kami akan laporkan bahwa Kadisdik Cianjur sudah melakukan kebijakan yang keliru tentang relokasi SD, penghancuran SDN Ibu Jenab 1, politisasi ASN oleh sekdis, dan indikasi pungli oleh oknum pegawai disdik, serta lain sebagainya,“ bebernya.

Ridwan menambahkan, Disdik Cianjur tidak sehat dan wajib dipantau serta dikritisi. Jika tidak membaik, sambung Ridwan, maka bubarkan saja Disdik Cianjur karena menjadi beban sejarah untuk rakyat Cianjur.

“Parameter sehatnya suatu pemerintahan di daerah adalah dinas pndidikan. Jika disdik saja menjadi sarang bandit-bandit anggaran dan tidak paham tupoksi (tugas pokok dan fungsi), hancurlah Cianjur. Disdik harus menjadi ruang cuci moral bagi oknum-oknum pejabat yang tidak bermoral. Jika tidak bisa, bubarkan saja,“ pungkasnya.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.