Selasa, 24 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Kadisdik Diancam Dilaporkan ke Polisi

Rata-rata Lulus Sekolah di Cianjur Paling Rendah se-Jawa Barat

Gie

Senin, 02 April 2018 - 07:55 WIB

Kepala Dinas Pendidikan Cianjur, Cecep Sobandi
Kepala Dinas Pendidikan Cianjur, Cecep Sobandi
A A A

Beritacianjur.com - KEPALA Dinas Pendidikan Cianjur, Cecep Sobandi lebih mementingkan kegiatan Gorol (Gotong Royong Lobaan) dan Cianjur Ngawangun Lembur (CNL) yang jelas-jelas bernuansa politik, ketimbang pendidikan bagi masyarakat Cianjur.

Itulah yang diungkapkan Direktur Cianjur Institute, Ridwan Mubarok, Minggu (1/4/2018). Penilaian tersebut ia sampaikan karena Kadisdik Cianjur tidak menghadiri kegiatan hearing (dengar pendapat, red) yang sudah dijadwalkan pada Kamis (29/3/2018) lalu, dengan alasan harus mengikuti CNL dan Gorol.

Menurutnya, Dinas Pendidikan (Disdik) Cianjur harus bertanggung jawab terhadap rendahnya tingkat melek pendidikan di Cianjur, yakni rata-rata lulus sekolah (RLS) usia produktif sekolah di Cianjur mendapatkan 60,28 atau grade paling rendah se-Jawa Barat.  

“Hal ini berarti tingkat lulus sekolah masyarakat Cianjur adalah kelas 1 SMP (kelas 7), dan itu pun tidak lulus,“ ungkapnya.

Tak hanya itu, Ridwan juga menyebutkan, pola pembodohan terstruktur nampak dari kebijakan-kebijakan Kadisdik Cianjur atas nama Bupati Cianjur, dalam upayanya merelokasi bangunan-bangunan SD yang tidak berdasarkan kajian akademis.

“Ini dapat saya katakan sebagai kebijakan konyol. Mengurus pendidikan kok tidak berdasarkan kajian akademis dan metodologi ilmiah. Ini yang namanya malpraktik dalam dunia pendidikan,“ ucapnya.

Ridwan menilai, Sekretaris Disdik Cianjur, Asep Saepulrochman yang mewakili Kadisdik pun tidak bisa berbuat banyak. Bahkan Asep dinilai lebih banyak tidak tahunya. “Ditanya masalah kajian akademis soal relokasi SD, ia (Sekdis) mengklaim bahwa Disdik sudah melakukan kajian, tapi tidak bisa membuktikannya,“ jelasnya.

Karena tidak adanya kejelasan, Ridwan menegaskan, Cianjur Institute menuntut bertemu langsung dengan Kadisdik Cianjur. Jika tidak mau, pihaknya mengancam bakal melaporkan segudang permasalahan di Disdik Cianjur ke lembaga peradilan dan aparat penegak hukum.

“Ya, kami akan laporkan bahwa Kadisdik Cianjur sudah melakukan kebijakan yang keliru tentang relokasi SD, penghancuran SDN Ibu Jenab 1, politisasi ASN oleh sekdis, dan indikasi pungli oleh oknum pegawai disdik, serta lain sebagainya,“ bebernya.

Ridwan menambahkan, Disdik Cianjur tidak sehat dan wajib dipantau serta dikritisi. Jika tidak membaik, sambung Ridwan, maka bubarkan saja Disdik Cianjur karena menjadi beban sejarah untuk rakyat Cianjur.

“Parameter sehatnya suatu pemerintahan di daerah adalah dinas pndidikan. Jika disdik saja menjadi sarang bandit-bandit anggaran dan tidak paham tupoksi (tugas pokok dan fungsi), hancurlah Cianjur. Disdik harus menjadi ruang cuci moral bagi oknum-oknum pejabat yang tidak bermoral. Jika tidak bisa, bubarkan saja,“ pungkasnya.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Si Maung 6 jam yang lalu

Laga El Clasico Panas Sebelum Laga Dimulai

LAGA Persib kontra Persija memang baru akan dimulai Sabtu (28/4/2018) mendatang. Namun panasnya laga bertajuk “El Clasico” sudah terasa sebelum laga dimulai.

Si Maung 6 jam yang lalu

Pede, Gomez Targetkan Kemenangan di Jakarta

BUKAN imbang tapi menang. Itulah target Pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomes, pada laga bertajuk “El Clasico” yang bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (28/4/2018)…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Laporan Keuangan Desa di Cianjur Belum Seragam

PEMERINTAHAN Desa (Pemdes) di Kabupaten Cianjur masih belum seragam dalam sistem laporan keuangan desa. Ada yang masih menggunakan Sistem Pengelolaan Keuangan Desa (Silokades) tapi juga yang sudah menerapkan…

Cianjur Euy 17 jam yang lalu

Satlantas Pantau Ruas Infrastruktur Jalan

SATUAN Lalulintas Polres Cianjur, mengagendakan survei pemantauan ruas-ruas infrastruktur jalan menjelang arus mudik Idul Fitri 2018. Hal itu diungkapkan Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Rendy Setia Permana,…

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Baru Dibuka, 'Sabore Kitchen' Diburu Pecinta Gelato

BISNIS kuliner di Kabupaten Cianjur semakin dilirik. Banyak lokasi kafe dan restoran 'anyar' tumbuh di kota yang terkenal dengan kota tauco ini. Tak heran jika antar outlet kuliner saling adu konsep,…

Cianjur Euy 22/04/2018 20:53 WIB

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 22/04/2018 20:07 WIB

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.

Cianjur Euy 22/04/2018 20:05 WIB

Positif Amfetamin, Dua Remaja Perempuan Diamankan

DUA orang pengunjung tempat hiburan di Cianjur diamankan petugas gabungan dalam razia cipta kondisi (Cipkon) yang digelar Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018) dini hari.

Cianjur Euy 20/04/2018 21:59 WIB

Dua Polwan Polres Cianjur Ikuti Kartini Run 2018

DUA Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur akan memeriahkan lomba lari bertajuk Kartini Run 2018 yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…