Rabu, 20 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Kegiatan ‘Hearing’ dan Sosialisasi Pimpinan DPRD Dipertanyakan

Disinyalir Jadi Ajang Menyiasati SPJ

Gie

Senin, 02 April 2018 - 07:57 WIB

foto:net
foto:net
A A A

Beritacianjur.com - KEGIATAN hearing (dengar pendapat, red) dan sosialisasi yang dilakukan oleh unsur pimpinan DPRD Kabupaten Cianjur tahun anggaran 2017, dipertanyakan. Pasalnya, disinyalir hanya dijadikan sebagai ajang untuk menyiasati surat pertanggungjawaban (SPJ) agar anggaran sosialisasi bisa dicairkan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, indikasi adanya upaya menyiasati SPJ dengan tujuan mencairkan anggaran sosialisasi dan hearing tersebut, terlihat dari pelaksanaan kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama oleh empat orang unsur pimpinan dewan.

Keempat orang tersebut antara lain Ketua DPRD Cianjur Yadi Mulyadi, Wakil Ketua DPRD dari PDIP Susilawati, Wakil Ketua DPRD dari Gerindra Andri Suryadinata, dan Wakil Ketua DPRD dari Golkar Deden Nasihin.

Dari dua kegiatan sosialisasi dan hearing yang dianggarkan tahun 2017 untuk setiap pimpinan dewan tersebut, kegiatan yang kedua atau terakhir dilaksanakan pada Oktober 2017 di Kecamatan Agrabinta.

Kegiatan tersebut dilakukan secara bersama-sama alias pada waktu dan tempat serta audiens atau peserta yang sama pula. Padahal, anggaran satu kali kegiatan hearing dan sosialisasi adalah sebesar Rp18 juta per orang untuk masing masing pimpinan dewan.

“Tahun 2017 ada dua kali kegiatan dan sudah ada laporannya di Sekertariat Dewan. Kegiatan hearing yang kedua atau yang terakhir dilaksanakan bulan Oktober di Kecamatan Agrabinta,” ujar Wakil ketua DPRD dari PDI Perjuangan, Susilawati saat dihubungi Berita Cianjur melalui pesan WhatsApp, Sabtu (31/3/2018).

Hal senada diungkapkan pula Wakil Ketua DPRD dari Gerindra, Andri Suryadinata. Menurutnya, kegiatan sosialisasi dan hearing yang terakhir dilaksanakan unsur pimpinan DPRD, yakni dalam acara yang dilaksanakan di daerah Agrabinta pada Oktober 2017 lalu.

“Hal yang disosialisasikan adalah beberapa Raperda (Rancangan Peraturan daerah, red) yang akan dibahas oleh DPRD Cianjur. Tapi, masing-masing pimpinan membahas Raperda yang berbeda,” ujar Andri yang dihubungi via WhatsApp, Minggu (1/4/2018).

Sementara itu, saat hendak dikonfirmasi terkait laporan SPJ dari kegiatan sosialisasi dan hearing yang dilaksanakan oleh 4 orang pimpinan dewan, Sekertaris DPRD Kabupaten Cianjur, Cahyo Supriyo tidak bisa dihubungi.

Menanggapi kejadian tersebut, Direktur Cianjur Institute, Ridwan Mubarok menilai, apa yang dilakukan oleh empat pimpinan DPRD Cianjur merupakan perbuatan yang tidak baik, serta menyebabkan citra lembaga legislatif di Cianjur semakin buruk.

“Perselingkuhan anggaran dengan nominal besar berawal dari perselingkungan nominal yang kecil. Hal ini sesuatu tindakan yang tidak baik, apalagi yang melakukannya adalah 4 orang unsur pimpinan DPRD,“ terangnya.

“Jika ini memang benar, pimpinan DPRD Cianjur tidak memberikan uswah/keteladanan yang baik terhadap 46 anggotanya. Karenanya tidak mengherankan jika kualitas anggota DPRD Cianjur bobrok, mandul dan lemah secara politik, karena pimpinannya miskin keteladanan,” sambungnya.

Tak hanya itu, Ridwan juga menyebut DPRD Cianjur lemah dari bargaining politik di hadapan eksekutif, karena legislatif pun setali tiga uang atau tak ada bedanya dengan perilaku korup dengan oknum eksekutif, yang dipimpin Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar. 

“Martabat politik legislatif di mata eksekutif nihil. Malah Eksekutif yang dominan memainkan DPRD Cianjur layaknya bidak catur, di mana maju dan mundur bergantung kepada Sang Tuan yang memainkan,” ungkapnya.

Menurutnya, hal tersebut bisa dibuktikan dengan tidak berjalannya hak pengawasan DPRD sebagaimana amanat UU Nomor 17 Tahun 2014 jo UU nomor 02 Tahun 2018 tentang MD3, yaitu Pasal 371 kaitan dengan hak interpelasi, hak angket, dan hak menyatakan pendapat.

“DPRD Cianjur telah menghianati amanat rakyat yang dipercayakan kepada mereka. Tepat kiranya jika rakyat Cianjur memberikan label merah atau mosi tidak percaya kepada DPRD, atas kinerjanya selama 4 tahun berjalan yang tidak sesuai harapan,“ pungkasnya.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.