Selasa, 24 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Bulan Genap Sebulan Damai, Ojek Online dan Ojek Pangkalan Kembali Beseteru

Angga Purwanda

Kamis, 05 April 2018 - 21:58 WIB

Ojek Online dan Ojek Pangkalan Kembali Beseteru
Ojek Online dan Ojek Pangkalan Kembali Beseteru
A A A

Beritacianjur.com - OJEK pangkalan dan ojek online di Kabupaten Cianjur kembali berseteru. Padahal, belum genap sebulan kedua kelompok moda transportasi umum itu sempat menggelar ikrar damai.

Informasi yang dihimpun, perseteruan yang terjadi di Jalan Arif  Rahman Hakim (Araha) itu diduga setelah  kedua belahpihak diketahui adu mulut akibat adanya perjanjian yang dilanggar oleh salah satu pihak.

Dikethaui, seorang pengemudi ojek online disebut-sebut beroperasi ke area yang sepakat untuk tidak dilintasi. Di dalam kesepakatan yang dilakukan pada 18 Maret 2018 lalu, pangakalan Pasundan menjadi area yang tidak boleh dimasuki pengemudi online.

“Awalnya kami hanya menghampiri dan berkomunikasi dengan pengemudi ojek online tersebut. Tapi, situasi jadi tidak kondusif ketika puluhan ojek online datang dan berkumpul di pangkalan kami (ojek pangkalan),” kata Sekretaris Pengemudi Motor Ojek Cianjur (PMOC), Elan Jaelani, Kamis (5/4/2018).

Kedatangan puluhan ojek online itu, disinyalir terjadi setelah pengemudi ojek online pertama menghubungi rekannya. Saat itulah terjadi cekcok antar kedua penyedia jasa ojek itu. Beruntung, adu mulut itu tidak berlanjut pada aksi perkelahian yang mengakibatkan kerusakan bahkan hingga menyebabkan korban luka seperti pertikaian sebelumnya.

Hal itu dikarenakan, aparat kepolisian dan warga berhasil menenangkan kedua belah pihak. "Kami hanya bertanya setelah ada yang melanggar. Kami tanya, (dia) dari mana dan kenapa melintas. Tidak ada tekanan atau tindakan apapun, tapi tiba-tiba datang puluhan ojek online," beber Elan.

Secara terbuka, Elan mengaku, jika para pengemudi ojek pangkalan sudah tidak ingin ada perseteruan apapun. Akan tetapi, lebih baik jika para pengemudi ojek online juga dapat kooperatif dengan mengikuti aturan yang sudah disepakati.

Apabila kesepakatan dilanggar, dikhawatirkan pengemudi ojek online lainnya akan mengikuti dan melanggar komitmen yang sudah disepakati bersama. Pasalnya, sejauh ini sudah ditemukan beberapa pengemudi ojol yang melanggar. "Kebanyakan pengemudi yang tidak masuk Driver Online Cianjur (DOC). Tapi ada juga yang dari DOC, dua dari mereka ketahuan melanggar bulan lalu," ucapnya.

Keributan itu, membuat Elan meminta agar pihak DOC dapat lebih tegas kepada anggotanya untuk memenuhi kesepakatan. Ia juga mengharapkan, agar pemerintah dapat memfasilitasi dan memberikan kejelasan lebih lanjut mengingat audiensi bulan lalu dinilai belum ada tindak lanjutnya.

Sementara itu, perwakilan DOC Roney mengungkapkan, datangnya puluhan pengemudi ojol merupakan tindakan spontan. Hal itu terjadi, setelah para pengemudi mendengar rekan mereka diberhentikan oleh opang.

"Kami sebenarnya mengharapkan agar larangan masuk atau mengantar ke zona merah bisa dicabut. Soalnya, kalau diturunkan di luar tujuan, pengemudi akan kena sanksi dan penilaian buruk," kata dia.

Ia bersama pengemudi ojol mengharapkan ada keputusan lain. Ke depannya juga DOC akan mengkomunikasikan lagi kesepakatan yang ada. Besar harapan, ada keputusan yamg lebih baik dan menguntungkan kedua belah pihak. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 4 jam yang lalu

Masyarakatnya Masih Miskin Malah Bangun Gedung

TAK hanya melabrak aturan, Megaproyek Campaka dinilai sejumlah kalangan dibangun di saat kondisi kemiskinan di Cianjur cukup memprihatinkan.

Aktualita 4 jam yang lalu

Dirut RSUD Klaim Tak Ada Masalah

DIREKTUR Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, Ratu Tri Yulia mengaku sudah memenuhi panggilan penyidik Kepolisian Resor (Polres) Cianjur untuk dimintai keterangan.

Si Maung 6 jam yang lalu

Laga El Clasico Panas Sebelum Laga Dimulai

LAGA Persib kontra Persija memang baru akan dimulai Sabtu (28/4/2018) mendatang. Namun panasnya laga bertajuk “El Clasico” sudah terasa sebelum laga dimulai.

Si Maung 6 jam yang lalu

Pede, Gomez Targetkan Kemenangan di Jakarta

BUKAN imbang tapi menang. Itulah target Pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomes, pada laga bertajuk “El Clasico” yang bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (28/4/2018)…

Bisnis Line 18 jam yang lalu

Baru Dibuka, 'Sabore Kitchen' Diburu Pecinta Gelato

BISNIS kuliner di Kabupaten Cianjur semakin dilirik. Banyak lokasi kafe dan restoran 'anyar' tumbuh di kota yang terkenal dengan kota tauco ini. Tak heran jika antar outlet kuliner saling adu konsep,…

Aktualita 23/04/2018 08:00 WIB

Mimpi Besar Bupati yang Kontroversial

PEMINDAHAN ibu kota Cianjur ke wilayah Kecamatan Campaka rupanya merupakan rencana besar Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, setelah beberapa bulan berhasil menduduki tahta pemerintahan Kabupaten Cianjur.…

Aktualita 23/04/2018 07:55 WIB

Dunia Terbalik Ala Pemkab Cianjur

SETELAH heboh dengan Megaproyek Campaka yang melabrak aturan dan untuk pertama kalinya terjadi banjir di kawasan perkotaan, kini masyarakat Cianjur kembali dibuat heboh dengan adanya pemandangan pesawahan…

Cianjur Euy 20/04/2018 21:59 WIB

Dua Polwan Polres Cianjur Ikuti Kartini Run 2018

DUA Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur akan memeriahkan lomba lari bertajuk Kartini Run 2018 yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…