Rabu, 20 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Tolak Arogansi Bupati terhadap Pendidikan

Cianjur Institute: Harga Mati, Bujensa Harus Tetap Utuh dan Dikembalikan ke Fungsi Semula

Gie

Kamis, 12 April 2018 - 07:55 WIB

foto:net
foto:net
A A A

Beritacianjur.com - JIKA SDN Ibu Djenab (Bujensa) jadi dibongkar, ini akan menjadi preseden buruk untuk dunia pendidikan Cianjur di masa depan.

Itulah yang diungkapkan Direktur Cianjur Institute, Ridwan Mubarak yang konsisten dengan penolakannya terkait pembongkaran Bujensa oleh Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar.

“Bujensa itu simbol kedaulatan pendidikan rakyat Cianjur. Saya melawan, kita melawan, rakyat Cianjur melawan arogansi Bupati Cianjur,“ ujarnya kepada Berita Cianjur, Rabu (11/4/2018).

Jika rencana pembongkaran tetap bakal dilakukan, sambung Ridwan, maka pembodohan dan pemiskinan terstruktur akan terjadi di Cianjur. Menurutnya, bupati harus bertanggung jawab atas realitas atau pendidikan di Cianjur yang memilukan ini.

Ia menegaskan, harga mati, Bujensa harus tetap utuh dan dikembalikan ke fungsi semula sebagai sekolah, bukan dengan museum atau perpustakaan.

“Jadi menurut saya, harus segera didirikan yayasan Raden Siti Djenab yang terdiri dari ahli waris, serta tokoh masyarakat Cianjur yang memiliki kepedulian terhadap masa depan pendidikan di Cianjur,“ ucapnya.

Ya, pembahasan soal rencana pembongkaran Bujensa ini kembali muncul setelah adanya kegiatan pengusulan Raden Siti Djenab sebagai pahlawan nasional, di Aula FKIP Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur.

“Di acara itu ada Profesor Nina Lubis (Guru Besar Ilmu Sejarah Unpad), yang menurut saya dia bekerjasama dengan Pemkab Cianjur atau Wabup Cianjur, seolah melegitimasi (membenarkan, red) pembongkaran Bujensa,“ ungkapnya.

Ridwan menegaskan, banyak pihak mengetahui bahwa relokasi unit satuan pendidikan SD 2 di Cianjur tidak berdasarkan kajian akademis. Terbukti, lanjut dia, Sekretaris Dinas Pendidikan, Asep Saepulrachman tidak mampu memperlihatkan kajian akademis sebagaimana yang diminta oleh massa aksi Cianjur Institute, beberapa waktu lalu.

“Ahli waris pun sepertinya terpecah, namun kebanyakan menolak pembongkaran karena ini lahan wakaf, yang diperuntukkan untuk sekolah bukan museum,“ tuturnya.

Pemkab Cianjur dalam hal ini bupati, kata Ridwan, secara tidak langsung sudah melakukan pembodohan sistematis terhadap rakyat Cianjur. Faktanya, bupati sibuk bahkan repot melakukan relokasi dan pnghancuran bangunan fisik SD 2 di Cianjur.

“Bukannya membenahi kurikulum dan metodologi pembelajaran. Jadi bupati kok kebelinger. Pokoknya kita konsisten dengan penolakan pembongkaran Bujensa oleh bupati. Bujensa itu simbol kedaulatan pendidikan rakyat Cianjur. Tolak arogansi bupati terhadap pendidikan di Cianjur,“ tegasnya.

Saat ditanya segudang permasalahan lainnya di Cianjur yang terindikasi terjadinya pelanggaran aturan dan hukum, Ridwan mengatakan, semua pihak harus mengingatkan bupati atas kekeliruan kebijakan yang dilakukannya, melalui audiensi dan aksi jalanan.

Menurutnya, ada indikasi bupati melakukan pembangkangan terhadap hukum dan indikasi penyimpangan kekuasaan. Jika cara-cara normatif melalui penegakan hukum tidak juga menyadarkan bupati atas kekeliruan kebijakan yang diambilnya, lanjut Ridwan, maka alternatif terakhir adalah dengan menggunakan kekuatan massa aksi sebanyak mungkin.

“Dalam aksinya menuntut bupati mundur dari jabatannya. Bila perlu melalui pansus hak angket DPRD untuk pemakzulan. Ingat, kesalahan bupati dalam pengambilan kebijakan tidak untuk dibiarkan, tapi untuk diingatkan. Jika tidak mau diingatkan, ya dipaksa mundur oleh gelombang massa aksi,“

Ridwan menambahkan, rakyat Cianjur tidak butuh bupati yang tidak becus mengurusi hajat hidup rakyatnya. “Kita butuh bupati yang sadar diri, professional, merakyat, bukan hanya pencitraan saja. Bupati tak becus urusi rakyat, ke laut aja deh,“ pungkasnya.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.