Minggu, 22 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Apdesi Cianjur Siapkan Ribuan Massa

Kepala Desa Kembali Akan Ontrog BPKAD, Terkait Masih Belum Cairnya Anggaran Desa

Angga Purwanda

Minggu, 15 April 2018 - 22:11 WIB

Apdesi Cianjur Siapkan Ribuan Massa
Apdesi Cianjur Siapkan Ribuan Massa
A A A

Beritacianjur.com - KEPALA Desa (Kades) di Kabupaten Cianjur kembali akan melakukan aksi unjukrasa ke Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Cianjur. Hal itu diungkapkan Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI)  Kabupaten Cianjur, Beni Irawan, kepada wartawan, Minggu (15/4/2018).

Beni mengatakan, aksi yang digelar itu akan melibatkan massa yang lebih banyak, termasuk para perangkat desa. “Kami pastikan akan menggelar aksi yang lebih besar, untuk  menagih janji segera dilakukan pencairan anggaran untuk desa, seperti Alokasi Dana Desa, Dana Desa dan Siltap,” kata Beni.

Beni menyebutkan, para kepala desa dan perangkatnya mengaku sudah sangat kesal dengan janji BPKAD Cianjur yang pada audiesi pekan lalu berjanji akan segera mencairkan anggaran untuk desa. “Janji mereka (BPKAD) hari itu juga akan dicairkan, paling lambat satu hari. Tapi hingga kini masih  tidak kunjung ada realisasi pencairan,” bebernya.

Menurutnya, usai aksi sebelumnya pun pihak BPKAD tidak menyampaikan alasan terkait belum kunjung dicairkannya anggaran untuk desa. "Kalau misalnya ada berkas yang kurang kan sudah kesepakatan untuk segera dikomunikasikan. Tapi sekarang tidak ada kabar, kenapa dan apa yang jadi penyebab masih belum cair,"  tegas Beni dengan nada tinggi.

Beni menambahkan, para kepala desa bakal memberikan tenggang waktu hingga Senin (16/4/2018) untuk BPKAD merealisasikan janjinya. Jika masih tidak kunjung ada pencairan, pihaknya akan menurunkan ribuan massa dari kepala desa dan perangkatnya ke kantor pengelolaan keuangan itu. "Kalau kemarin hanya perwakilan, Selasa akan kami turunkan seluruh kepala desa beserta perangkatnya. Kami hanya menuntut hak, demi pembangunan di Desa," tegasnya.

Sebelumnya, puluhan kepala desa yang tergabung dalam Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Cianjur melakukan aksi unjukrasa dan audiensi ke kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Cianjur, Rabu (11/4/2018).

Mereka datang mewakili seluruh kepala desa se-Kabupaten Cianjur terkait kepastian pencairan Dana Desa, Alokasi Dana Desa, dan Siltap perangkat desa yang tak kunjung cair. Padahal para kepala desa sudah melakukan berkas sejak beberapa pekan lalu.

Di bawah pengawalan anggota Satpol PP Kabupaten Cianjur, para kepala desa itu berkumpul di halaman kantor BPKAD sejak pukul 09.00 Wib. Namun tidak lama bekumpul, mereka langsung diarahkan ke aula kantor untuk beraudiensi dengan Kepala BPKAD bersama jajarannya.

Berbagai alasan pun dilontarkan oleh Kepala BPKAD kepada para kepala desa terkait keterlambatan proses pencairan, namun banyak dari dalih tersebut yang tak diterima oleh kepala desa. Adu argumen pun terjadi selama dua jam audiensi berlangsung. Pihak BKPAD pun berjanji akan segera mencairkan beberapa anggaran milik desa tersebut.

Sementara itu, Kepala BPKAD Kabupaten Cianjur, Dedi Sudrajat, mengatakan, pihaknya akan mengevaluasi secara internal untuk memastikan kendala pencairan ada dimana. Namun dia memastikan akan ada pencairan untuk dua hari ke depan.

Dedi menambahkan, isu jika keterlambatan lantaran dia sering tak ada di kantor untuk mengikuti Cianjur Ngawangun Lembur (CNL). Dia juga memastikan anggaran untuk desa juga tersedia.

"Makanya saya akan cek dimana terhambatnya. Kalau sebelumnya ada juga keterlambatan tapi tidak sampai begini, makanyaakan diliat dulu, dievaluasi," tuturnya.

Di sisi lain, Kepala Bidang Anggaran BPKAD Kabupaten Cianjur, Muhammad Lutfi, menuturkan, anggaran di tahap pertama untuk desa mencapai Rp 346 miliar. Tetapi dia mengklaim sudah banyak mencairkan anggaran untuk desa. Sementara yang belum cair dikarenakan ada tahan verifikasi dari berkas yang diajukan.

"Ada tiga verifikasi, dari staf, kasi, dan kabid. Jadi mungkin dianggapnya ketika sudah diterima berita acara iitu tandanya sudah selesai, padahal harus diverifikasi lagi. Kami juga terkadang susah komunikasi dengan desa untuk menyampaikan kekurangan Makanya nanti akan melalui apdesi," ungkapnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Aktualita 19/04/2018 08:00 WIB

Kebohongan Ketua DPRD Terungkap

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi terkait mekanisme penghapusan pendapat akhir fraksi semakin menguat. Benarkah?

Aktualita 19/04/2018 07:55 WIB

Balas Budi? Ini Dugaan Kongkalikong Antara Bupati dan Ketua DPRD

DUGAAN kongkalikong antara Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar dengan Ketua DPRD, Yadi Mulyadi menyeruak. Pasalnya, meski sejak awal sudah diketahui belum mengantongi izin, namun Megaproyek Campaka baru…

Aktualita 19/04/2018 07:50 WIB

Golkar Pecat Dua Anggotanya, Demokrat?

HAWA politik Cianjur kian memanas. Birunya langit tak lagi menjadi pertanda akan cerahnya panggung politik Cianjur, tapi sebaliknya justru membawa pertanda datangnya “hujan badai” yang akan menyapu…

Cianjur Euy 18/04/2018 21:55 WIB

Polwan Polres Cianjur Berikan Bantuan Bagi Adah

MEMPERINGATI Hari Kartini 2018 jajaran Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur menggelar sejumlah kegiatan sosial, di antaranya dengan menyambangi kediaman Adah, warga Kampung Mayak Empang RT 01/04, Desa…

Cianjur Euy 18/04/2018 21:55 WIB

Polres Cianjur Ciduk Tujuh Pelaku Kejahatan

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur menciduk tujuh orang pelaku kejahatan yang biasa menjalankan aksinya di wilayah hukum Cianjur. Penangkapan ketujuh pelaku itu dilakukan dalam waktu dan tempat berbeda.

Aktualita 18/04/2018 08:10 WIB

Desak Pemkab Tanggung Jawab, Garis Sebar Spanduk Banjir

BANJIR belum pernah terjadi sebelumnya di Cianjur. Masihkah kita bangga dengan dosa-dosa? Itulah tulisan dalam spanduk yang dipasang Gerakan Reformis Islam (Garis) di sejumlah lokasi banjir di kawasan…