Selasa, 17 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Mak Icih, Sebatangkara Hidup Pos Ronda

Angga Purwanda

Minggu, 15 April 2018 - 22:13 WIB

Mak Icih, Sebatangkara Hidup Pos Ronda
Mak Icih, Sebatangkara Hidup Pos Ronda
A A A

Beritacianjur.com - POTRET kemiskinan masih terlihat jelas di Kabupaten Cianjur. Padahal, berbagai program unggulan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Tatar Santri terus di gelontorkan oleh pemerintah Kabupaten Cianjur.

Salah satu contoh, Mak Icih, nenek berusia tujuh puluh tahunan itu adalah satu diantara potret belum meratanya program peningkatan kesejahteraan yang selama ini digembor-gemborkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur.

Dengan kondisi fisik yang renta serta mata yang tidak dapat melihat. Mak Icih harus menghabiskan kesehariannya di sebuah bangunan bekas pos ronda di Kampung Cikaret, Gang Al Falah, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur.

Menempati bangunan yang juga milik orang lain itu, Mak Icih hanya dapat menunggu bantuan dari para tetangga atau dermawan untuk dapat memenuhi kebutuhan makan sehari-harinya.

Mak Icih mengaku, dirinya memutuskan untuk menghabiskan masa tuanya dengan kesendirian dan keterbatasan, karena ditelantarkan oleh keluarganya.

“Mak tidak mau merepotkan anak cucu, jadi lebih baik hidup seperti ini daripada jadi beban untuk mereka (keluarga),” kata Mak Icih, saat disambangi ke kediamannya.

Meskipun mempunyai keterampilan dalam memijat, namun dengan kondisi fisik yang telah renta membuat Mak Icih tak lagi mampu untuk melakukan aktivitas itu.

Hanya berdindingkan triplek bekas dan kain bekas seprai yang menutupi bangunan pos ronda itu. Mak Icih harus bertahan untuk berlindung dari terpaan angin dan hujan setiap malamnya.

Pegiat sosial dari Aliansi Masyarakat untuk Penegakan Hukum (Ampuh), Deden Dacek mengaku sangat prihatin dengan masih adanya masyarakat Cianjur yang hidup dibawah garis kemiskinan.

Padahal berbagai program untuk pengentasan kemiskinan yang digelontorkan baik oleh pemerintah, pusat, provinsi, maupun daerah setiap tahunnya tidak pernah berhenti.

“Bahkan nilainya pun tidak sedikit, hingga mencapai miliaran rupiah untuk program pengentasan kemiskinan tersebut,” ucap Deden.

Deden mendesak, Pemkab Cianjur agar lebih melek dan peduli dengan berbagai persoalan sosial yang terjadi ditengah masyarakat.

“Jangan hanya sekedar pencitraan saja, tapi kerja nyata yang saat ini dibutuhkan oleh masyarakat. Banyak persoalan sosial yang harus segera diselesaikan oleh pemkab,” tegas Deden. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 20 jam yang lalu

Korupsi di Cianjur Aman?

KORUPSI di Cianjur aman. Begitu kata seorang aktivis, menyikapi sederet temuan kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur yang kini mencuat dan ramai dibicarakan publik.

Cianjur Euy 15/07/2018 23:07 WIB

Polsek Warungkondang Siap Menjawab Keinginan Masyarakat

PERINGATI HUT Bhayangkara ke 72 Polsek Warungkondang, Kabupaten Cianjur gelar syukuran, Sabtu (14/7/2018). Terlihat seluruh kalangan masyarakat menjadi tamu undangan.

Cianjur Euy 15/07/2018 20:15 WIB

Asian GamesXVIII Ajang Dongkrak Sektor Pariwisata

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur bakal memaskimalkan momentum gelaran Asian Games XVIII/2018 untuk mempromosikan dan mendongkrak sektor pariwisata.

Aktualita 13/07/2018 07:00 WIB

Masyarakat Muak dengan Kebijakan Bupati

DUGAAN kuat pelanggaran Megaproyek Campaka tak hanya ramai diberitakan di media massa, namun ternyata isu kebijakan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar terkait pemindahan ibu kota juga viral di jejaring…

Aktualita 13/07/2018 06:55 WIB

Didemo Warga, Pengusaha Balik Ancam Akan Tutup Perusahaan

Ratusan warga Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, mendemo PT Three Six World (PT.TSW), Kamis (12/7/2018)

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Lapas Kelas IIB Cianjur Utamakan Pembinaan Keagamaan

LATAR belakang pondok pesantren (Pontren) yang diterapkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Cianjur menjadi sesuatu yang unik. Dimana, para warga binaan diberikan pendekataan keagamaan untuk…

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Tingkat Penyerapan Beras Petani di Semeseter I Mencapai 80,78%

BULOG Subdivre Cianjur mengklaim tingkat penyerapan beras petani memasuki semester I tahun ini sudah mencapai 80,78 persen. Hal itu, tak terlepas dari mulai meningkatnya kepercayaan petani menjual hasil…

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Situs Gunung Padang Diusulkan Ke UNESCO

TIM Arkeolog Situs Gunung Padang tengah mengkaji untuk mengusulkan situs tersebut ke UNESCO sebagai warisan budaya dunia (World Heritage). Rencananya semua elemen, mulai dari pemerintah daerah bakal dilibatkan…

Aktualita 12/07/2018 07:00 WIB

Bukti Kuat untuk Aparat

PENGAKUAN dan penjelasan dugaan kuat pelanggaran pada Megaproyek Campaka terus bermunculan. Mulai dari masyarakat, aktivis, wakil rakyat hingga pakar hukum. Lalu, mengapa aparat penegak hukum belum bertindak?

Cianjur Euy 11/07/2018 21:36 WIB

Pemkab Cianjur Siap Antisipasi Kekeringan

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur menyiapkan langkah antisipasi terjadinya dampak kekeringan yang diperkirakan terjadi pada Agustus mendatang.