Minggu, 22 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Mak Icih, Sebatangkara Hidup Pos Ronda

Angga Purwanda

Minggu, 15 April 2018 - 22:13 WIB

Mak Icih, Sebatangkara Hidup Pos Ronda
Mak Icih, Sebatangkara Hidup Pos Ronda
A A A

Beritacianjur.com - POTRET kemiskinan masih terlihat jelas di Kabupaten Cianjur. Padahal, berbagai program unggulan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Tatar Santri terus di gelontorkan oleh pemerintah Kabupaten Cianjur.

Salah satu contoh, Mak Icih, nenek berusia tujuh puluh tahunan itu adalah satu diantara potret belum meratanya program peningkatan kesejahteraan yang selama ini digembor-gemborkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur.

Dengan kondisi fisik yang renta serta mata yang tidak dapat melihat. Mak Icih harus menghabiskan kesehariannya di sebuah bangunan bekas pos ronda di Kampung Cikaret, Gang Al Falah, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur.

Menempati bangunan yang juga milik orang lain itu, Mak Icih hanya dapat menunggu bantuan dari para tetangga atau dermawan untuk dapat memenuhi kebutuhan makan sehari-harinya.

Mak Icih mengaku, dirinya memutuskan untuk menghabiskan masa tuanya dengan kesendirian dan keterbatasan, karena ditelantarkan oleh keluarganya.

“Mak tidak mau merepotkan anak cucu, jadi lebih baik hidup seperti ini daripada jadi beban untuk mereka (keluarga),” kata Mak Icih, saat disambangi ke kediamannya.

Meskipun mempunyai keterampilan dalam memijat, namun dengan kondisi fisik yang telah renta membuat Mak Icih tak lagi mampu untuk melakukan aktivitas itu.

Hanya berdindingkan triplek bekas dan kain bekas seprai yang menutupi bangunan pos ronda itu. Mak Icih harus bertahan untuk berlindung dari terpaan angin dan hujan setiap malamnya.

Pegiat sosial dari Aliansi Masyarakat untuk Penegakan Hukum (Ampuh), Deden Dacek mengaku sangat prihatin dengan masih adanya masyarakat Cianjur yang hidup dibawah garis kemiskinan.

Padahal berbagai program untuk pengentasan kemiskinan yang digelontorkan baik oleh pemerintah, pusat, provinsi, maupun daerah setiap tahunnya tidak pernah berhenti.

“Bahkan nilainya pun tidak sedikit, hingga mencapai miliaran rupiah untuk program pengentasan kemiskinan tersebut,” ucap Deden.

Deden mendesak, Pemkab Cianjur agar lebih melek dan peduli dengan berbagai persoalan sosial yang terjadi ditengah masyarakat.

“Jangan hanya sekedar pencitraan saja, tapi kerja nyata yang saat ini dibutuhkan oleh masyarakat. Banyak persoalan sosial yang harus segera diselesaikan oleh pemkab,” tegas Deden. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Aktualita 19/04/2018 08:00 WIB

Kebohongan Ketua DPRD Terungkap

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi terkait mekanisme penghapusan pendapat akhir fraksi semakin menguat. Benarkah?

Aktualita 19/04/2018 07:55 WIB

Balas Budi? Ini Dugaan Kongkalikong Antara Bupati dan Ketua DPRD

DUGAAN kongkalikong antara Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar dengan Ketua DPRD, Yadi Mulyadi menyeruak. Pasalnya, meski sejak awal sudah diketahui belum mengantongi izin, namun Megaproyek Campaka baru…

Aktualita 19/04/2018 07:50 WIB

Golkar Pecat Dua Anggotanya, Demokrat?

HAWA politik Cianjur kian memanas. Birunya langit tak lagi menjadi pertanda akan cerahnya panggung politik Cianjur, tapi sebaliknya justru membawa pertanda datangnya “hujan badai” yang akan menyapu…

Cianjur Euy 18/04/2018 21:55 WIB

Polwan Polres Cianjur Berikan Bantuan Bagi Adah

MEMPERINGATI Hari Kartini 2018 jajaran Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur menggelar sejumlah kegiatan sosial, di antaranya dengan menyambangi kediaman Adah, warga Kampung Mayak Empang RT 01/04, Desa…

Cianjur Euy 18/04/2018 21:55 WIB

Polres Cianjur Ciduk Tujuh Pelaku Kejahatan

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur menciduk tujuh orang pelaku kejahatan yang biasa menjalankan aksinya di wilayah hukum Cianjur. Penangkapan ketujuh pelaku itu dilakukan dalam waktu dan tempat berbeda.

Aktualita 18/04/2018 08:10 WIB

Desak Pemkab Tanggung Jawab, Garis Sebar Spanduk Banjir

BANJIR belum pernah terjadi sebelumnya di Cianjur. Masihkah kita bangga dengan dosa-dosa? Itulah tulisan dalam spanduk yang dipasang Gerakan Reformis Islam (Garis) di sejumlah lokasi banjir di kawasan…