Minggu, 22 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Ribuan Kendaraan Plat Merah tak Bayar Pajak

P3D Samsat Wilayah Cianjur Targetkan Pajak Kendaraan Bermotor Rp250 Miliar

Angga Purwanda

Senin, 16 April 2018 - 21:52 WIB

Ribuan Kendaraan Plat Merah tak Bayar Pajak
Ribuan Kendaraan Plat Merah tak Bayar Pajak
A A A

Beritacianjur.com - SEKITAR 1.500 unit kendaraan dinas pemerintahan di Kabupaten Cianjur, belum membayar pajak. Jumlahnya hanya sekitar 1persen dari jenis roda dua dan roda empat yang termasuk kendaraan tidak melakukan daftar ulang (KTMDU) hingga saat ini sekitar 140 ribuan unit.

Hal itu, diungkapkan Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) Provinsi Jawa Barat Samsat Wilayah Cianjur, Iwan Priatna, saat ditemui usai apel operasi gabungan KTMDU di seputaran Pos 9 Cepu, Senin (16/4/2018) pagi.

Iwan menyebutkan, potensi kendaraan roda dua dan roda empat di Kabupaten Cianjur mencapai sekitar 500 ribuan unit. P3D Samsat Wilayah Cianjur menargetkan tahun ini pajak kendaraan bermotor (PKB) sebesar lebih kurang Rp250 miliar.

"Kendaraan plat merah roda dua dan roda empat yang belum membayar pajak sekitar 1.500 unit. Tapi jumlahnya sekarang terus menurun. Operasi gabungan ini tujuannya menggiring masyarakat supaya tepat waktu membayar pajak sebagai bentuk legalitas kendaraan yang dipakai," ungkap Iwan.

Iwan mengatakan, tak ada alasan bagi pemilik kendaraan tak membayar pajak. Pasalnya, sekarang pembayaran pajak kendaraan terus dipermudah. Di wilayah selatan Cianjur, Samsat juga sudah membuka layanan pembayaran pajak di Kecamatan Cibinong.

"Ada tujuh bank yang siap melayani pembayaran pajak kendaraan. Sistemnya sudah online. Jadi di manapun berada, pemilik kendaraan bisa membayar pajak. Hasil pendapatan pajak kendaraan, sekitar 30% jadi sharing buat pemerintah kabupaten," bebernya.

Operasi gabungan KTMDU dilaksanakan empat kali dalam satu tahun. Kegiatan kali ini merupakan yang kedua. "Sanksinya denda. Upaya yang kita genjot juga sekarang yakni meningkatkan kesadaran masyarakat membayar pajak kendaraan. Semua fasilitas pelayanan pembayaran pajak betul-betul sudah dipermudah," tandasnya.

Kasatlantas Polres Cianjur AKP Rendi Setia Permana mengatakan, kegiatan operasi gabungan itu targetnya menjaring masyarakat yang belum membayar pajak kendaraan. Perlu kesadaran masyarakat agar membayar pajak kendaraan tepat waktu. "Nanti kan pajak itu perlu juga untuk pembangunan," kata Rendi.

Untuk wilayah operasi, lanjut Rendi, sifatnya acak. Operasi gabungan KTMDU akan dilaksanakan di beberapa titik. "Wilayahnya random. Nanti ada beberapa titik, seperti di Puncak, terus di wilayah timur, serta ke arah Sukabumi," tandasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Aktualita 19/04/2018 08:00 WIB

Kebohongan Ketua DPRD Terungkap

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi terkait mekanisme penghapusan pendapat akhir fraksi semakin menguat. Benarkah?

Aktualita 19/04/2018 07:55 WIB

Balas Budi? Ini Dugaan Kongkalikong Antara Bupati dan Ketua DPRD

DUGAAN kongkalikong antara Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar dengan Ketua DPRD, Yadi Mulyadi menyeruak. Pasalnya, meski sejak awal sudah diketahui belum mengantongi izin, namun Megaproyek Campaka baru…

Aktualita 19/04/2018 07:50 WIB

Golkar Pecat Dua Anggotanya, Demokrat?

HAWA politik Cianjur kian memanas. Birunya langit tak lagi menjadi pertanda akan cerahnya panggung politik Cianjur, tapi sebaliknya justru membawa pertanda datangnya “hujan badai” yang akan menyapu…

Cianjur Euy 18/04/2018 21:55 WIB

Polwan Polres Cianjur Berikan Bantuan Bagi Adah

MEMPERINGATI Hari Kartini 2018 jajaran Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur menggelar sejumlah kegiatan sosial, di antaranya dengan menyambangi kediaman Adah, warga Kampung Mayak Empang RT 01/04, Desa…

Cianjur Euy 18/04/2018 21:55 WIB

Polres Cianjur Ciduk Tujuh Pelaku Kejahatan

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur menciduk tujuh orang pelaku kejahatan yang biasa menjalankan aksinya di wilayah hukum Cianjur. Penangkapan ketujuh pelaku itu dilakukan dalam waktu dan tempat berbeda.

Aktualita 18/04/2018 08:10 WIB

Desak Pemkab Tanggung Jawab, Garis Sebar Spanduk Banjir

BANJIR belum pernah terjadi sebelumnya di Cianjur. Masihkah kita bangga dengan dosa-dosa? Itulah tulisan dalam spanduk yang dipasang Gerakan Reformis Islam (Garis) di sejumlah lokasi banjir di kawasan…