Selasa, 17 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Ribuan Kendaraan Plat Merah tak Bayar Pajak

P3D Samsat Wilayah Cianjur Targetkan Pajak Kendaraan Bermotor Rp250 Miliar

Angga Purwanda

Senin, 16 April 2018 - 21:52 WIB

Ribuan Kendaraan Plat Merah tak Bayar Pajak
Ribuan Kendaraan Plat Merah tak Bayar Pajak
A A A

Beritacianjur.com - SEKITAR 1.500 unit kendaraan dinas pemerintahan di Kabupaten Cianjur, belum membayar pajak. Jumlahnya hanya sekitar 1persen dari jenis roda dua dan roda empat yang termasuk kendaraan tidak melakukan daftar ulang (KTMDU) hingga saat ini sekitar 140 ribuan unit.

Hal itu, diungkapkan Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) Provinsi Jawa Barat Samsat Wilayah Cianjur, Iwan Priatna, saat ditemui usai apel operasi gabungan KTMDU di seputaran Pos 9 Cepu, Senin (16/4/2018) pagi.

Iwan menyebutkan, potensi kendaraan roda dua dan roda empat di Kabupaten Cianjur mencapai sekitar 500 ribuan unit. P3D Samsat Wilayah Cianjur menargetkan tahun ini pajak kendaraan bermotor (PKB) sebesar lebih kurang Rp250 miliar.

"Kendaraan plat merah roda dua dan roda empat yang belum membayar pajak sekitar 1.500 unit. Tapi jumlahnya sekarang terus menurun. Operasi gabungan ini tujuannya menggiring masyarakat supaya tepat waktu membayar pajak sebagai bentuk legalitas kendaraan yang dipakai," ungkap Iwan.

Iwan mengatakan, tak ada alasan bagi pemilik kendaraan tak membayar pajak. Pasalnya, sekarang pembayaran pajak kendaraan terus dipermudah. Di wilayah selatan Cianjur, Samsat juga sudah membuka layanan pembayaran pajak di Kecamatan Cibinong.

"Ada tujuh bank yang siap melayani pembayaran pajak kendaraan. Sistemnya sudah online. Jadi di manapun berada, pemilik kendaraan bisa membayar pajak. Hasil pendapatan pajak kendaraan, sekitar 30% jadi sharing buat pemerintah kabupaten," bebernya.

Operasi gabungan KTMDU dilaksanakan empat kali dalam satu tahun. Kegiatan kali ini merupakan yang kedua. "Sanksinya denda. Upaya yang kita genjot juga sekarang yakni meningkatkan kesadaran masyarakat membayar pajak kendaraan. Semua fasilitas pelayanan pembayaran pajak betul-betul sudah dipermudah," tandasnya.

Kasatlantas Polres Cianjur AKP Rendi Setia Permana mengatakan, kegiatan operasi gabungan itu targetnya menjaring masyarakat yang belum membayar pajak kendaraan. Perlu kesadaran masyarakat agar membayar pajak kendaraan tepat waktu. "Nanti kan pajak itu perlu juga untuk pembangunan," kata Rendi.

Untuk wilayah operasi, lanjut Rendi, sifatnya acak. Operasi gabungan KTMDU akan dilaksanakan di beberapa titik. "Wilayahnya random. Nanti ada beberapa titik, seperti di Puncak, terus di wilayah timur, serta ke arah Sukabumi," tandasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 20 jam yang lalu

Korupsi di Cianjur Aman?

KORUPSI di Cianjur aman. Begitu kata seorang aktivis, menyikapi sederet temuan kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur yang kini mencuat dan ramai dibicarakan publik.

Cianjur Euy 15/07/2018 23:07 WIB

Polsek Warungkondang Siap Menjawab Keinginan Masyarakat

PERINGATI HUT Bhayangkara ke 72 Polsek Warungkondang, Kabupaten Cianjur gelar syukuran, Sabtu (14/7/2018). Terlihat seluruh kalangan masyarakat menjadi tamu undangan.

Cianjur Euy 15/07/2018 20:15 WIB

Asian GamesXVIII Ajang Dongkrak Sektor Pariwisata

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur bakal memaskimalkan momentum gelaran Asian Games XVIII/2018 untuk mempromosikan dan mendongkrak sektor pariwisata.

Aktualita 13/07/2018 07:00 WIB

Masyarakat Muak dengan Kebijakan Bupati

DUGAAN kuat pelanggaran Megaproyek Campaka tak hanya ramai diberitakan di media massa, namun ternyata isu kebijakan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar terkait pemindahan ibu kota juga viral di jejaring…

Aktualita 13/07/2018 06:55 WIB

Didemo Warga, Pengusaha Balik Ancam Akan Tutup Perusahaan

Ratusan warga Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, mendemo PT Three Six World (PT.TSW), Kamis (12/7/2018)

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Lapas Kelas IIB Cianjur Utamakan Pembinaan Keagamaan

LATAR belakang pondok pesantren (Pontren) yang diterapkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Cianjur menjadi sesuatu yang unik. Dimana, para warga binaan diberikan pendekataan keagamaan untuk…

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Tingkat Penyerapan Beras Petani di Semeseter I Mencapai 80,78%

BULOG Subdivre Cianjur mengklaim tingkat penyerapan beras petani memasuki semester I tahun ini sudah mencapai 80,78 persen. Hal itu, tak terlepas dari mulai meningkatnya kepercayaan petani menjual hasil…

Cianjur Euy 12/07/2018 21:08 WIB

Situs Gunung Padang Diusulkan Ke UNESCO

TIM Arkeolog Situs Gunung Padang tengah mengkaji untuk mengusulkan situs tersebut ke UNESCO sebagai warisan budaya dunia (World Heritage). Rencananya semua elemen, mulai dari pemerintah daerah bakal dilibatkan…

Aktualita 12/07/2018 07:00 WIB

Bukti Kuat untuk Aparat

PENGAKUAN dan penjelasan dugaan kuat pelanggaran pada Megaproyek Campaka terus bermunculan. Mulai dari masyarakat, aktivis, wakil rakyat hingga pakar hukum. Lalu, mengapa aparat penegak hukum belum bertindak?

Cianjur Euy 11/07/2018 21:36 WIB

Pemkab Cianjur Siap Antisipasi Kekeringan

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cianjur menyiapkan langkah antisipasi terjadinya dampak kekeringan yang diperkirakan terjadi pada Agustus mendatang.