Minggu, 22 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Mohon Diturunkan Hujan, Warga Haurwangi Gelar Shalat Istisqa

Apip Samlawi

Senin, 07 September 2015 - 12:00 WIB

sholat istisqa/apip samlawi/BC
sholat istisqa/apip samlawi/BC
A A A

BERITACIANJUR.COM, HAURWANGI – Sedikitnya 800 warga Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi, Minggu (6/9) siang, menggelar shalat istisqa, menyusul kondisi kekeringan yang melanda seluruh desa. Kekeringan yang sudah berjalan sekitar 4 bulan ini juga bisa berdampak terjadinya rawan pangan.

Shalat untuk meminta hujan ini dipusatkan di lapangan sepak bola Pasir Merak. Dalam shalat istisqa yang diikuti sekitar ratusan orang dari berbagai lapisan masyarakat dan para pegawai ini diwarnai isak tangis para jemaah, terutama kaum ibu.

Warga yang mengikuti shalat istisqa baik laki-laki maupun wanita tampak qhusu melaksanakan shalat tersebut. Bahkan, sejumlah warga menangis saat khotib memanjatkan doa agar hujan segera turun di wilayah Kecamatan Haurwangi.

Shalat istisqa yang digagas Pemerintah Desa Haurwangi ini merupakan dampak dari musim kemarau yang menyebabkan sejumlah wilayah desa ini mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih. Sejak lima bulan ini yang berakibat sumur warga dan sungai menjadi kering.

Kepala Desa Haurwangi, Iwan Sulaeman, mengatakan, digelarnya sholat istisqa atau shalat meminta hujan ini tiada lain untuk memohon ampunan pada Allah Swt, dan sekaligus minta agar segera diturunkan air hujan, karena musim kemarau yang saat ini terjadi sudah cukup lama, terhitung hingga sekarang kurang lebih sekitar 4 bulan.

Pelaksanaan shalat istisqo ini, kata dia, berdasarkan hasil kesepakatan dengan pihak MUI, para alim ulama, tokoh masyarakat, dan seluruh warga Desa Haurwangi. Karena  elaksanakan shalat istisqa ini tidaklah mudah, hingga perlu adanya tempat atau lapangan luas, yang dapat menampung ratusan bahkan ribuan jamaah baik kaum laki-laki maupun perempuan.

"Dengan dilaksanakannya shalat istisqa ini, semoga Allah SWT segera mengabulkan permintaan warga Desa Neglasari, dengan diturunkannya air hujan, supaya seluruh warga memiliki air bersih untuk keperluan sehari-hari serta untuk melaksanakan aktivitas lahan pertanian," ucapnya.

Sementara pengurus MUI setempat, KH Asari Yusuf mengatakan, kegiatan shalat istisqa ini merupakan upaya meminta turun hujan. Kekeringan yang melanda saat ini merupakan bencana bagi kehidupan manusia. Istisqa merupakan cara terbaik dan merupakan shalat sunat berjamaah dan sekaligus merupakan bentuk ibadah.

"Kondisi saat ini banyak kerugian bagi masyarakat terutama petani. Bila melaksanakan shalat istisqo dengan khusyu dan ikhlas, maka Allah SWT akan segera mengabulkan permintaan umatnya itu sendiri. Kita dituntut untuk bertaubat kepada Allah. Shalat istisqa merupakan bagian dari pertaubatan kita, sebagai manusia yang banyak melanggar perintah Allah. warga hanya berharap, bencana kekeringan akan segera berakhir dan hujan yang penuh barokah segera diturunkan," pungkasnya. (day)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Aktualita 19/04/2018 08:00 WIB

Kebohongan Ketua DPRD Terungkap

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi terkait mekanisme penghapusan pendapat akhir fraksi semakin menguat. Benarkah?

Aktualita 19/04/2018 07:55 WIB

Balas Budi? Ini Dugaan Kongkalikong Antara Bupati dan Ketua DPRD

DUGAAN kongkalikong antara Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar dengan Ketua DPRD, Yadi Mulyadi menyeruak. Pasalnya, meski sejak awal sudah diketahui belum mengantongi izin, namun Megaproyek Campaka baru…

Aktualita 19/04/2018 07:50 WIB

Golkar Pecat Dua Anggotanya, Demokrat?

HAWA politik Cianjur kian memanas. Birunya langit tak lagi menjadi pertanda akan cerahnya panggung politik Cianjur, tapi sebaliknya justru membawa pertanda datangnya “hujan badai” yang akan menyapu…

Cianjur Euy 18/04/2018 21:55 WIB

Polwan Polres Cianjur Berikan Bantuan Bagi Adah

MEMPERINGATI Hari Kartini 2018 jajaran Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur menggelar sejumlah kegiatan sosial, di antaranya dengan menyambangi kediaman Adah, warga Kampung Mayak Empang RT 01/04, Desa…

Cianjur Euy 18/04/2018 21:55 WIB

Polres Cianjur Ciduk Tujuh Pelaku Kejahatan

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur menciduk tujuh orang pelaku kejahatan yang biasa menjalankan aksinya di wilayah hukum Cianjur. Penangkapan ketujuh pelaku itu dilakukan dalam waktu dan tempat berbeda.

Aktualita 18/04/2018 08:10 WIB

Desak Pemkab Tanggung Jawab, Garis Sebar Spanduk Banjir

BANJIR belum pernah terjadi sebelumnya di Cianjur. Masihkah kita bangga dengan dosa-dosa? Itulah tulisan dalam spanduk yang dipasang Gerakan Reformis Islam (Garis) di sejumlah lokasi banjir di kawasan…