Sabtu, 21 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia
Advertorial

Alfamart Gelar Pemberdayaan Wanita Melalui Pelatihan

Elloy

Selasa, 24 April 2018 - 23:34 WIB

foto:Rizky/BC
foto:Rizky/BC
A A A

Beritacianjur.com - Memperingati Hari Kartini, Toko Modern Alfamart menggelar kegiatan pemberdayaan wanita berupa pelatihan pengolahan bonggol pisang menjadi produk bernilai ekonomis di Balai Desa Sukaratu, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Selasa (24/4/2018). Kegiatan tersebut di ikuti oleh 45 peserta yang merupakan perempuan rawan sosial .

Seluruh peserta pelatihan mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimnana cara mengolah bonggol pisang menjadi bahan makanan, seperti krupuk dan abon. Sementara untuk yang menjadi narasumber pada acara pelatihan pengolahan bonggol pisang tersebut adalah Hera Wijaya, yang merupakan entrepreneur muda di bidang pengolahan makanan di Indramayu.

“Bonggol Pisang yang sudah tidak di fungsikan dan biasanya di buang begitu saja, ternyata ini malah bisa menjadi olahan makanan yang innovative dan kreatif. apalagi di wilayah Cianjur banyak sekali potensi pohon pisang yang belum di manfaatkan secara maksimal oleh masyarakat setempat, terutama bonggolnya," jelasnya.

Lebih lanjut Hera mengungkapkan, ternyata kalau bonggol pisang ini memiliki kandungan berbagai Vitamin. Ini terbukti berdasarkan uji lab kesehatan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu menyatakan kalau bonggol pisang ini memiliki kandungan Vitamin A, Vitamin B, dan Vitamin C serta karbohidrat dan lemak.   Dengan kandungannya tersebut tentunya bonggol pisang ini sangat memiliki banyak manfaatnya.

Sementara itu, Branch Manager Alfamart Cianjur, Ardi Sulardi mengatakan, pelatihan pembuatan krupuk dan abon berbahan bonggol pisang ini merupakan salah satu bentuk kontribusi perusahaan kepada masyarakat, khususnya masyarakat Desa Sukaratu Kecamatan Gekbrong tersebut. Sekaligus juga mengajak masyarakat untuk bisa memanfaatkan bonggol pisang menjadi makanan yang bernilai jual.

Di sisi lain, kegiatan pelatihan ini merupakan upaya alfamart dalam menumbuh kembangkan jiwa kemandirian dan kewirausahaan melalui pengembangan kemampuan keterampilan bagi masyarakat. “Semoga pelatihan ini menjadikan ibu-ibu rumah tangga bisa memanfaatkan bonggol pisang ini. Dan lebih kreatif serta menjadi wirausahawan apabila sudah mahir,” ungkap Ardi. (*)

Tag

  1. Alfamart

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 20/07/2018 07:00 WIB

Rancangan Perubahan RTRW Sarat Kepentingan

BELUM beres dengan persoalan sejumlah kasus dugaan korupsi di Cianjur, kini kembali muncul permasalahan baru yang juga menjadi sorotan tajam publik Cianjur. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 19/07/2018 21:35 WIB

Harga Map Pengurusan Adminduk Disoal Warga

PENGURUSAN administrasi penduduk (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur seluruhnya gratis. Namun, beberapa hari ini, masyarakat yang mengurus adminduk mempertanyakan…

Cianjur Euy 19/07/2018 21:34 WIB

Masyarakat Cibiuk Datangi DPMPTSP

PULUHAN masyarakat Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang mendatangi kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kamis (19/7).

Cianjur Euy 19/07/2018 21:33 WIB

9 Pemuda Terampil Siap Bangun Perkonomian Desa

SEDIKITNYA 12 pemuda desa diberangkatkan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Haurwangi, Kabupaten Cianjur mengikuti pendidikan keterampilan di kota Bekasi. Mereka diberangkatkan TKSK sekitar 4 bulan…

Cianjur Euy 19/07/2018 18:23 WIB

Ratusan Hektar Sawah di Cibeber Alami Kekeringan

RATUSAN hektar lahan sawah di Desa Girimulya, Kecamatan Cibeber kekeringan akibat terdampak kemarau panjang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:20 WIB

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup

MENGANTISIPASI kerusakan vegetasi karena kekeringan akibat musim kemarau. Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango akan ditutup pada pertengahan Agustus mendatang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:12 WIB

Pesantren Ideal Untuk Filter Penyebaran Hoax

PONDOK Pesantren (Pontren) menjadi tempat yang dinilai efektif untuk menekan dan mengantisipasi penyebaran berita bohong (hoaks) di lingkungan masyarakat.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:09 WIB

PLN Upayakan yang Terbaik untuk Bocah Korban Tersengat Listrik

PERUSAHAAN Listrik Negara (PLN) Area Cianjur memaksimalkan upaya kemanusiaan untuk Enda Supriyadi (7) bocah yang tersengat listrik, dan kini menjalani pengobatan alternatif di wilayah Sukalarang, Kabupaten…

Cianjur Euy 19/07/2018 18:06 WIB

Satreskrim Polres Cianjur Tangkap Lima Pelaku Tindak Pidana

SATUAN Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur berhasil mengungkap sejumlah kasus tindak pidana yang terjadi di wilayah hukum Cianjur dalam beberapa bulan terakhir.

Aktualita 19/07/2018 07:00 WIB

Ini Deretan Dugaan Kasus Korupsi

BUKAN hanya Megaproyek Campaka, ternyata ada lebih dari tujuh kasus dugaan korupsi lainnya yang terjadi di Cianjur. Benarkah?