Sabtu, 21 Juli 2018 | Cianjur, Indonesia

Lapas Cianjur Tingkatkan Ekonomi Kreatif di Lingkungan Lapas II B.

Rizky Alfaraby

Selasa, 01 Mei 2018 - 20:14 WIB

Foto: Rizky/BC
Foto: Rizky/BC
A A A

Beritacianjur.com - CIANJUR-Rangkaian Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan (PHB) ke-54 di Lapas II B Cianjur sukses digelar dari awal bulan hingga akhir bulan April 2018.

Mulai dari perlombaan berbagai kegiatan olah raga, kegiatan sosial, upacara peringatan, hingga performa  musik dangdut didaulat menjadi penghibur para warga binaan. Tak kalah menariknya, melalui momentum PHB ke-54, Kepala Lapas (Kalapas)  II B Cianjur, Younianto pada hari Senin, (30/04) kemarin,  meresmikan galeri ekonomi kreatif dan jasa penjahitan umum dari warga binaan.  

Lokasi galeri berada di pinggir jalan, berbatasan langsung dengan tembok luar lapas II B. Mulai dari pagi hingga sore hari, galeri ini menerima jasa penjahitan dengan harga dibawah rata rata tempat jahit lainnya. Dalam rangka meyakinkan warga, bahwa hasil jahitan berkualitas, Kalapas II B Cianjur langsung memberikan order perdana beberapa pakaian pribadi untuk dijahit langsung. Setelah menunggu beberapa menit hasil jahitan selesai dengan kualitas memuaskan.

"Prinsipnya, kami ingin mengembalikan rasa percaya diri para warga binaan, mereka bukan golongan untuk dikucilkan. Terbukti, hasil kreatifitas mereka ini kami dorong untuk bisa diterima sebaik mungkin di masyarakat umum," tutur Kalapas II B yang memiliki 770 warga binaan kepada 'BC'.

Younianto menjelaskan, beberapa tahun lalu, tempat penjahitan dan hasil karya warga binaan ini sudah ada, sehubungan lanjut dia lokasinya di dalam lapas, banyak warga yang 'enggan' berkunjung. Kumuh, seram dan penjagaan ketat yang berlapis menjadi alasan utama tempat hasil karya di lapas sepi peminat. Kini, ruangan berukuran 20x3 meter yang awalnya merupakan kantin lapas, diharapkan warga lingkungan sekitar lapas berminat mengunjungi. Pasalnya, lokasi galeri dan jasa penjahitan mudah dijangkau dan berada di pinggir jalan.

"Kami mendukung penuh hasil karya dan kreatifitas warga binaan. Produknya berupa kaligrafi berbahan gabus hingga perabot rumah tangga seperti sapu dan sandal. Terkait profit, alurnya dibagi menjadi 3 bagian. 50% untuk warga binaan, 40% untuk pembinaan di lapas dan 10% untuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)," pungkasnya.

Sosok yang pernah berkiprah sebagai Kalapas di daerah Jambi, Sumatera ini juga menerangkan bahwa tantangan terbesar untuk mengembangkan produk adalah segmen pasar, pemasaran dan promosinya. Beberapa lapas di kota kota besar lanjut dia, hasil karya para narapidana ini sudah tembus ke berbagai daerah distribusinya. Pasalnya, untuk pemasaran produk, sudah memiliki pihak ketiga dengan distribusi pasar yang jelas.

Sementara itu, Kasi Binadik Lapas II B Cianjur, Erfin Kurniawan menjelaskan hasil produktifitas para warga binaan ditempatnya sudah pernah dipamerkan di pusat. Melalui momentum PHB ke-54, Kementrian Hukum dan Ham (Kemenkumham) menggelar event yang memamerkan hasil kreatifitas dari warga binaan yang berasal dari seluruh lapas se-Indonesia.

"Alhamdulillah seluruh acara rangkaian PHB selama sebulan penuh telah sukses digelar. Semoga kedepannya agenda rutin PHB ini bisa lebih meriah lagi di tahun depan," tuturnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 20/07/2018 07:00 WIB

Rancangan Perubahan RTRW Sarat Kepentingan

BELUM beres dengan persoalan sejumlah kasus dugaan korupsi di Cianjur, kini kembali muncul permasalahan baru yang juga menjadi sorotan tajam publik Cianjur. Ada apa lagi?

Cianjur Euy 19/07/2018 21:35 WIB

Harga Map Pengurusan Adminduk Disoal Warga

PENGURUSAN administrasi penduduk (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur seluruhnya gratis. Namun, beberapa hari ini, masyarakat yang mengurus adminduk mempertanyakan…

Cianjur Euy 19/07/2018 21:34 WIB

Masyarakat Cibiuk Datangi DPMPTSP

PULUHAN masyarakat Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang mendatangi kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kamis (19/7).

Cianjur Euy 19/07/2018 21:33 WIB

9 Pemuda Terampil Siap Bangun Perkonomian Desa

SEDIKITNYA 12 pemuda desa diberangkatkan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Haurwangi, Kabupaten Cianjur mengikuti pendidikan keterampilan di kota Bekasi. Mereka diberangkatkan TKSK sekitar 4 bulan…

Cianjur Euy 19/07/2018 18:23 WIB

Ratusan Hektar Sawah di Cibeber Alami Kekeringan

RATUSAN hektar lahan sawah di Desa Girimulya, Kecamatan Cibeber kekeringan akibat terdampak kemarau panjang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:20 WIB

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup

MENGANTISIPASI kerusakan vegetasi karena kekeringan akibat musim kemarau. Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango akan ditutup pada pertengahan Agustus mendatang.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:12 WIB

Pesantren Ideal Untuk Filter Penyebaran Hoax

PONDOK Pesantren (Pontren) menjadi tempat yang dinilai efektif untuk menekan dan mengantisipasi penyebaran berita bohong (hoaks) di lingkungan masyarakat.

Cianjur Euy 19/07/2018 18:09 WIB

PLN Upayakan yang Terbaik untuk Bocah Korban Tersengat Listrik

PERUSAHAAN Listrik Negara (PLN) Area Cianjur memaksimalkan upaya kemanusiaan untuk Enda Supriyadi (7) bocah yang tersengat listrik, dan kini menjalani pengobatan alternatif di wilayah Sukalarang, Kabupaten…

Cianjur Euy 19/07/2018 18:06 WIB

Satreskrim Polres Cianjur Tangkap Lima Pelaku Tindak Pidana

SATUAN Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur berhasil mengungkap sejumlah kasus tindak pidana yang terjadi di wilayah hukum Cianjur dalam beberapa bulan terakhir.

Aktualita 19/07/2018 07:00 WIB

Ini Deretan Dugaan Kasus Korupsi

BUKAN hanya Megaproyek Campaka, ternyata ada lebih dari tujuh kasus dugaan korupsi lainnya yang terjadi di Cianjur. Benarkah?