Jumat, 25 Mei 2018 | Cianjur, Indonesia

Di Cianjur Pasar Swasta Tunjukkan Tren Positif

M. Arlan Akbar

Senin, 07 September 2015 - 17:00 WIB

ilustrasi/net
ilustrasi/net
A A A

BERITACIANJUR.COM, CUGENANG – Pengelolaan pasar swasta di Kabupaten Cianjur terus tumbuh dan berkembang beberapa tahun terkahir. Hal ini seiring pemenuhan kebutuhan bahan pokok masyarakat Cianjur semakin meningkat.

Meski kualitas pasar milik pemerintah daerah saat ini mulai banyak diperbaharui, namun keberadaan pasar milik swasta dan pasar musiman yang memang memiliki konsumen tersendiri tetap tidak memudar.

Cecep Ahyat, pengelola lapangan Pasar Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, mengatakan, saat ini pengelolaan pasar dipegang PT Masindo Jaya Utama. Selama dua tahun terakhir, sejak berdiri tahun 2013 lalu perkembangannya terus meningkat meskipun lokasi berada di lingkungan Kecamatan. Bahkan Tidak kurang 180 kios lapak dan toko tersedia untuk melayani kebutuhan konsumen dari desa lainnya di Kecamatan Cugenang.

Menurutnya, dibandingkan dengan pasar pemerintah, pengelolaan pasar swasta tidak kalah baiknya, mulai dari segi K5 (Kemanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan dan Kenyamanan), harga standar jualan ataupun jenis dagangan. Sementara ini untuk melengkapi berbagai kebutuhan konsumen, pengelola pasar bekerjasama lewat koperasi.

“Pedagang disini kebanyakan pengecer di wilayah Cugenang. Para pembeli mayoritas dari desa terdekat. Soal pasokan barang pedagang, disesuikan dengan penjulan berasal dari Pasar Induk Cianjur dan Pasar Induk Caringin,”ujar Cecep kepada “BC”, kemarin.

Menurutnya, kurun waktu jangka pendek, profit untuk pasar swasta memang belum bisa menunjukan keuntungan yang signifikan. Tapi, kalau secara jangka panjang kemungkinan bisa memberikan pemasukan lebih meningkat.

“Perhari tidak kurang 200 sampai 300 konsumen yang berkunjung ke pasar Mangungkerta. Dari pengelolaan retribusi pasar per hari bisa mencapai kisaran Rp 300 ribu. Bahkan, untuk hari besar tertentu bisa meningkat, kisaran Rp 500 ribu per hari,”paparnya.

Ia mengungkapkan, sedikitnya ada 14 grosir besar di pasar Mangunkerta, terdiri dari pedagang makanan ringan dan sembako. Untuk toko terdiri dari pakaian, perabotan rumah tangga juga perlengkapan lainnnya seperti elektronika, perlengkapan mesin, dan barang mewah lainnya.

“Khusus untuk daging dan penggilingan, pasar Mangunkerta sudah bisa bersaing dengan pasar umum dan swasta lainnya di Cianjur,” ucapnya.

Terpisah, Aceng Hidayat, pengelola pasar subuh Cibadak Trade Center (CTC) di Sukaresmi menjelaskan, keberadaan pasar yang dikelola swasta di wilayah Sukaresmi ini sudah berjalan selama sepuluh tahun sejak tahun 2005.

Hingga saat ini sudah dua kali ganti pengelola, namum menurut dia, pergantian pengelola tidak berpengaruh terhadap penjulan para pedagang. Terlebih kondisi pedagang pasar subuh CTC Sukaresmi seringkali musiman walaupun komoditas dagangan hampir sama dengan pedagang di Pasar Induk Cipanas (PIS).

“Jumlah pedagang disini ada sekitar 200 orang. Untuk kesesuian harga dipasar Subuh CTC Sukaresmi ditentukan pedagang yang umumnya mengacu ke Pasar Induk Cipanas (PIC). Soalnya diantara pedagang sebagian besar cabang dari PIC. Makanya, untuk harga sembako disini dengan di PIC relatif sama,” ungkapnya. (nuk)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 41 menit yang lalu

Satlantas Cianjur Segera Buka Gerai SIM dan STNK di Ciranjang

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur melalui Satuan Lalulintas (Satlantas) terus berinovasi dalam memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat.

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Polwan-polwan Cantik Polres Cianjur Bagikan Takjil Bagi Pengendara

JAJARAN Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur membagikan makan buka puasa (Takjil) bagi pengendara yang melintas di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC) atau simpang Tugu Lampu Gentur, Kamis…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Sepekan Puasa Harga Daging Ayam dan Telur Berangsur Turun

SEPEKAN puasa harga komoditas daging ayam di Pasar Induk Pasirhayam, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku mulai berangsur turun. Sempat tembus di kisaran Rp40 ribu hingga Rp42 ribu per kilogram (Kg), sekarang…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Kejari Cianjur Minta Pemilik Urus Barang Bukti

KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Cianjur mengimbau masyarakat atau pemilik barang bukti atau barang rampasan yang kini masih tersimpan di gudang Kejari agar segera mengurus atau kembali mengambilnya.

Aktualita 10 jam yang lalu

Bupati dan DPRD Dianggap Langgar Undang-Undang

SEBUAH fakta mengejutkan terkait kinerja anggota DPRD Cianjur dalam melakukan pengawalan jalannya roda pemerintahan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, kembali terungkap.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Warga Keluhkan Penutupan Jalan

PENUTUPAN jalan imbas pengerjaan proyek pembangunan infrastruktur di Desa Sindangjaya dan Kertajaya, Kecamatan Ciranjang dikeluhkan banyak warga.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Pembangunan Kantor Kecamatan Ciranjang Disorot

PEMBANGUNAN kantor baru Kecamatan Ciranjang yang saat ini tengah berlangsung mendapat sorotan publik.

Cianjur Euy 11 jam yang lalu

Ngabuburit Naik Delman Rame-Rame Budaya Tahunan

NGABUBURIT merupakan salah satu budaya urang sunda yang lazim dilakukan anak-anak yang sedang belajar berpuasa, pada sore hari menjelang ditabuhnya bedug magrib atau menunggu tibanya adzan magrib pada…

Aktualita 24/05/2018 08:00 WIB

'Gono gini' Upah Pungut PPJU

TERUNGKAP, ternyata jatah pembagian "gono gini" upah pungut atau insentif pemungutan pajak daerah dan retribusi untuk Bupati dan Wakil Bupati Cianjur, sebesar 18 persen dari total penerimaan.

Cianjur Euy 24/05/2018 06:02 WIB

Berobat Cukup Bayar Dengan Membaca Alquran Satu Juz

LANTUNAN bacaan ayat suci Alquran terdengar jelas saat memasuki Klinik Kesehatan Harapan Sehat. Ya, selama ramadan ini bagi masyarakat yang akan berobat di klinik tersebut tak perlu mengeluarkan uang…