Jumat, 17 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Tim Satgas Pangan Cianjur Gelar Sidak Pasar

Angga Purwanda

Rabu, 02 Mei 2018 - 20:42 WIB

Tim Satgas Pangan Cianjur Gelar Sidak Pasar
Tim Satgas Pangan Cianjur Gelar Sidak Pasar
A A A

Beritacianjur.com - TIM Satgas Pangan Kabupaten Cianjur melakukan inspeksi mendadak (Sidak) persediaan dan harga ke pasar tradisional dan pusat perbelanjaan modern di Cianjur, Rabu (2/5/2018) siang.

Pada sidak yang dipimpin oleh Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah itu, terpantau harga daging ayam dan telur ayam di Pasar Induk Pasirhayam mengalami kenaikan.

Tim di bawah koordinasi Polres Cianjur itu kali pertama bergerak ke Pasar Induk Pasirhayam, Cilaku. Tim yang juga terdiri dari Dinas KUKM Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian Perkebunan Pangan dan Horlikultura, Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan, Bulog Subdivre Cianjur, Dinas Kesehatan, serta Kodim 0608 Cianjur itu menanyai sejumlah pedagang soal harga dan persediaan.

Usai melaksanakan sidak di Pasar Induk Pasirhayam Cianjur, tim kembali bergerak ke salah satu pusat perbelanjaan di bilangan Jalan KH Abdullah bin Nuh. Di tempat itu tim menyisir produk-produk makanan dan minuman yang disinyalir habis masa berlakunya. Namun dari sidak itu tak ditemukan produk makanan atau minuman yang kedaluwarsa.

Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah SIK, MH mengatakan, kegiatan itu untuk memastikan stabilitas harga maupun persediaan menjelang Ramadan hingga nanti Idul Fitri.

"Hasil di lapangan ditemukan adanya penaikan harga daging ayam potong dan telur ayam. Harga daging ayam potong yang biasa Rp32 ribu per kilogram sekarang jadi Rp35 ribu per kilogram. Sedangkan telur ayam semula Rp22 ribu jadi Rp25 ribu per kilogram," kata Soliyah, seusai sidak.

Soliyah menyebutkan, sejauh ini penaikan harga baru terpantau pada komoditas telur ayam dan daging ayam. Secara umum, harga komoditas kebutuhan lainnya relatif masih stabil. "Terutama harga sayur-sayuran masih dalam batas normal," ujarnya.

Adanya penaikan harga komoditas daging ayam potong dan telur ayam di pasaran, lanjut Soliyah, akan dikoordinasikan dengan Pemkab Cianjur sebagai fasilitator mempertemukan dengan peternak maupun pengusaha ayam potong. Upaya itu nantinya diharapkan bisa mencari solusi agar harga daging ayam potong bisa terkendali hingga Lebaran nanti. "Mudah-mudahan saat Lebaran harganya bisa terkendali. Artinya tidak ada penaikan signifikan," kata Soliyah.

Soliyah menyebutkan naiknya harga daging ayam dan telur karena banyak ditemukan yang afkir. Sehingga pasokan dan persediaan berkurang. "Dampaknya harga jadi naik," terangnya.

Polres Cianjur tak ada segan menindak penjual maupun pemasok berbagai komoditas konsumsi bahan pokok masyarakat yang ketahuan terindikasi melakukan penimbunan. Namun sejauh ini di Cianjur tidak terendus adanya upaya praktik-praktik penimbunan.

"Sampai saat ini tidak ada penimbunan barang-barang. Kami akan tindak tegas kalau memang ada yang berupaya melakukan praktik penimbunan komoditas konsumsi bahan pokok bagi masyarakat," sebutnya.

Ia pun memastikan hasil sidak di pusat perbelanjaan modern tak ditemukan produk-produk makanan dan minuman yang tak layak konsumsi. Hasil pemantauan sementara barang yang dijual sudah sesuai dan standar. "Harga-harga juga sesuai dengan yang ditentukan pemerintah," kata dia.

Sidak berbagai komoditas kebutuhan masyarakat tak hanya kali ini saja. Polres Cianjur bersama TNI serta elemen lainnya di lingkungan Pemkab Cianjur yang tergabung dalam Satgas Pangan akan terus mengintensifkan pengawasan di lapangan. "Akan terus dilakukan kontinyu. Kami ingin memastikan agar masyarakat tak kesulitan mendapatkan komoditas kebutuhan masyarakat saat Ramadan maupun nanti menjelang Lebaran," tandasnya.

Ayi, 50, pedagang daging ayam potong di Pasar Induk Pasirhayam Cianjur, mengaku sejak beberapa waktu terakhir harga daging ayam mengalami penaikan. Saat ini harganya di kisaran Rp34 ribu hingga Rp35 ribu per kilogram. Biasanya harga daging ayam dibanderol Rp32 ribu per kilogram. "Dari sananya (agen) juga sedang mahal. Satu ekor ayam hidup dijual Rp12 ribu," kata Ayi. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…