Kamis, 16 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Angkum Mogok Beroperasi, Bupati Terkesan tak Peduli

Angga Purwanda

Kamis, 03 Mei 2018 - 21:22 WIB

Angkum Mogok Beroperasi, Bupati Terkesan tak Peduli
Angkum Mogok Beroperasi, Bupati Terkesan tak Peduli
A A A

Beritacianjur.com - SEJUMLAH masyarakat mengeluhkan tidak beroperasinya angkutan umum (Angkum) di Cianjur. Mereka juga menyayangkan lambatnya Pemkab Cianjur dalam menyelesaikan persoalan itu.

Seperti yang diungkapkan, Ranti (32), seorang ibu rumah tangga, warga Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur. Ranti mengatakan, terpaksa harus bangun lebih pagi untuk dapat mengantarkan anaknya ke sekolah, karena sudah beberapa hari angkum di Cianjur tidak beroperasi.

“Tidak hanya harus bangun lebih pagi, untuk berkativitas sehari-hari juga menjadi sulit. Apalagi saya, juga setiap hari harus berbelanja ke pasar untuk kebutuhan warung. Terpaksa, pakai ojek dengan ongkos yang lebih mahal,” kata Ranti, kepada wartawan, Kamis (3/5/2018).

Senada Putri (25), warga Kecamatan Karangtengah yang juga merasakan kesulitan yang sama untuk melakukan ativitas kesehariannya, karena tidak beroperasinya angkum dalam beberapa hari terakkhir.

“Jadi susah mau kemana-mana. Dari rumah mau ke ATM saja harus naik ojek dengan ongkos yang lumayan mahal. Anter adik ke sekolah juga harus nyari ojek lewat. Jadi kalau tidak ada hal penting, lebih baik di rumah kalau tidak ada angkutn umum seperti beberapa hari ini," ungkap Putri.

Selain itu, sejumlah masyarakat juga mempertanyakan peran Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar yang terkesan tak mau peduli dengan munculnya berbagai persoalan yang terjadi di Cianjur, termasuk persoalan kisruh antara angkutan umum konvensional dengan angkutan umum berbasisi aplikasi online.

“Ini bukti bahwa banyak kebijakan bupati yang menyengsarakan masyarakat. Jangankan segudang masalah lainnya, persoalan angkum saja tidak becus. Masyarakat sudah banyak yang berteriak karena tidak adanya angkum, tapi bupati dan pejabatnya terkesan tidak mau tahu,” kata Ketua Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia (SPRI) Kabupaten Cianjur, Rudi Agan.

Sementara itu, Koordinator Angkum lintasan 04, Rian, menjelaskan, tuntutan para sopir angkum yakni dikembalikannya trayek ke semula. Pasalnya perubahan trayek yang baru dinilai kurang menguntungkan bagi sopir, mengingat panjang lintasan yang terlampau jauh. Namun tarif tetap yang semula, yaitu Rp 3.000 untuk jarak jauh ataupun dekat."Dalam beberapa aksi kami kan sudah disebutkan, kami ingin trayek dikembalikan. Kalau trayek yang sekarang, hanya buang-buang uang untuk biaya bensin, kadang tidak bawa uang ke rumah karena biaya operasional itu. Segera keluarkan keputusan untuk mengembalikan trayek ke semula," pungkas Rian. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…