Jumat, 17 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Sektor Industri Primadona Para Pencari Kerja di Cianjur

Angga Purwanda

Selasa, 08 Mei 2018 - 22:19 WIB

Sektor Industri Primadona Para Pencari Kerja di Cianjur
Sektor Industri Primadona Para Pencari Kerja di Cianjur
A A A

Beritacianjur.com - SEKTOR industri masih menjadi primadona para pencari kerja di Kabupaten Cianjur untuk melamar pekerjaan. Hal itu terbukti dengan sebagian besar pencari kerja yang melamar ke industri menengah dan besar dalam kegiatan bursa kerja atau job fair di Taman Prawatasari, Joglo, Selasa (8/5/2018).

Salah satu perusahaan yang jadi targetan ialah PT Pou Yuen Indonesia, meski tak menerima banyak tenaga kerja, tetapi perusahaan  terbesar di Cianjur tersebut paling banyak dimasuki berkas lamaran oleh pencari kerja yang rata-rata usia belasan tahun, khususnya mereka yang baru lulus SMA /SMK sederajat.

Padahal, perusahaan tersebut hanya menampung sekitar 200 tenaga kerja dari ribuan berkas yang masuk dalam job fair. Sementara beberapa perusahaan lainnya menerima lebih banyak, bahkan sampai 600 tenaga kerja, namun tidak begitu banyak diminati oleh pencari kerja.

"Jadi miris juga, melihatnya perusahaan besarnya padahal serapan tenaga kerja sedikit, sedangkan yang banyak menerima tidak banyak dilamar. Keduanya sama-sama UMK dan memberikan hak normatif, seharusnya melihat potensi diterima juga, bukan melihat orang banyak masuk ke mana," ungkap Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman usai melakukan kunjungan ke agenda Job Fair.

Herman mengakui jika saat ini mayoritas pencari kerja lebih memilih untuk bekerja sebagai buruh pabrik. Padahal dari 31 perusahaan yang dilibatkan, sebagian merupakan lowongan dari sektor perbankan, restoran, hotel, hingga bidang lainnya.

"Kalau kami mengarahkan untuk sesuai dengan kemampuan pribadinya, tapi memang yang banyak itu ke perusahaan sebagai buruh," tuturnya.

Meski begitu, terpenting bagi Pemkab saat ini, penyelenggaraan job fair bisa menyerap banyak tenaga kerja. Target 2.400 serapan tenaga kerja di harapkan mampu menunjang target daerah terkait penyerapan tenaga kerja setiap tahunnya.

Tidak hanya untuk warga dengan pendidikan SMP, SMA/SMK, atau sarjana, tetapi termasuk untuk warga yang pendidikannya masih rendah, atau sebatas SD.

"Pemkab menargetkan 100.000 tenaga kerja terserap selama lima tahun, untuk tahun lalu bisa lebih dari 25 ribu tenaga kerja. Kami harap ini juga bisa menambah catatan target penyerapan tenaga kerja untuk semua strata pendidikan," katanya.

Di samping itu, Herman juga menekankan perusahaan di Cianjur untuk tidak banyak menggunakan tenaga kerja asing (TKA), mengingat tenaga kerja asal Cianjur pun diklaim memiliki keahlian yang setara atau lebih dibandingkan TKA."Jangan sampai TKA masuk dulu ke Cianjur, gunakan dulu saja tenaga kerja lokal untuk di setiap bagian. Dengan begitu Cianjur bisa lebih maju dan berdaya saing, kami juga yakin mereka punya kemampuan lebih,"  pungkas orang nomor dua di Kabupaten Cianjur itu. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…