Jumat, 17 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Bank BJB Cianjur Diduga 'Tabrak' UU No.13 Tahun 2013 Tentang Ketenagakerjaan

Rizky Alfaraby

Kamis, 17 Mei 2018 - 21:19 WIB

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa
A A A

Beritacianjur.com - NADA protes terhadap Bank BJB muncul dari Tim Kuasa Hukum korban pemecatan sepihak Karyawan Tetap Bank BJB. Pasalnya, Cianjur Lawyer Club (CLC) selaku kuasa hukum menyesalkan pemecatan sepihak terhadap karyawan Bank BJB atas nama Rengga Mega Suci, warga Gg Asem, Desa Mekarasari, Kecamatan Cianjur.

Tim Kuasa Hukum Rengga Mega Suci dari CLC, Oden M Junaedi menjelaskan, penerima kuasa diberikan kewenangan total untuk menghadap ke lembaga-lembaga yudikatif, kepolisian, Pengadilan Negeri (PN) Cianjur dan sejumlah pejabat lainnya.

“Ini tidak sesuai aturan ketenagakerjaan. Maka pihaknya akan mengajukan gugatan melalui master of public administration atau Majelis Pemeriksaan Awal (MPA). Sesuai dengan UU No 13 Tahun 2013, tentang Ketenagakerjaan Pasal 156 (1) di wilayah hukum Republik Indonesia (RI),” ujar Oden kepada awak media beberapa waktu lalu.

Di tempat yang sama, salah satu kuasa hukum lainnya Gilang Arvansendra mengungkapkan, langkah yang sudah dilakukan pihak kuasa hukum sudah mendapat persetujuan dari pemberi kuasa, dan pada umumnya dapat melakukan segala sesuatu yang dianggap perlu oleh pihak penerima kuasa.

“Perlu diketahui secara hukum sudah kuat, surat kuasa ini diberikan dengan hak subtitusi dan retensi,” pungkasnya.

Selain itu, korban pemecatan sepihak, Rengga Mega Suci menuturkan, pemecatan dilakukan pihak bank bjb pada tanggal 14 April 2018, dirinya dituding menggelapkan atau penyelewengkan uang sebesar Rp 28 juta. Dirinya pun tidak hanya dipecat, melainkan harus mengganti uang yang hilang dalam tiga hari.

“Nah, harusnya ada sangsi atau peringatan terlebih dahulu misalnya menerima SP1, SP2 atau SP3. Ini sampai langsung diberhentikan sebelah pihak, saya rasa itu tidak adil, dan perlu penjelasan secara jelas dimana letak kesalahan saya,” akunya.

Kepala Pimpinan Cabang Bank BJB Kabupaten Cianjur, Arris Mirrawan melalui managernya, Reza menjelaskan, mengenai permasalahan ini akan disampaikan. Namun, lanjut dia tidak akan menjawab secara detail dan jelas memberikan komentar. Semua harus melalui pusat tidak bisa memutuskan segala sesuatunya, mohon maaf kepada rekan media.

“Ya, tapi nanti juga akan jumpa pers pada waktunya. Pasalnya, posisi saya sebagai manager masih baru belum lama dan tidak tahu persis seperti apa permasalahannya. Artinya masih belum memahami atau tidak mengetahui pemecatan sebelah pihak kepada salah satu karyawan tetap BUMD. Tapi, pihaknya akan konfirmrasi terlebih ke pusat dimana dan bagimana letak akar permasalahannya seperti apa,” jelasnya (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…