Senin, 18 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Bupati Berhentikan Aban sebagai Plt Sekda

Nuki Nugraha

Senin, 21 Mei 2018 - 07:55 WIB

foto:dok
foto:dok
A A A

Beritacianjur.com - Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar kembali mengeluarkan sebuah kebijakan yang membuat terkesima Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cianjur. 

Orang nomor satu di Kabupaten Cianjur itu memutuskan untuk memberhentikan Aban Sobandi dari jabatannya sebagai Plt Sekertaris Daerah (Sekda).

Pemberhentian Aban dari jabatan Plt Sekda, dipastikan pada saat momen pelantikan para kepala desa terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2018 yang digelar di Pendopo Cianjur, Jumat (18/5/2018) lalu.

Setelah setahun lamanya berlatih menjadi pimpinan tertinggi ASN Pemkab Cianjur (Plt Sekda, red), Aban yang sore itu mengenakan kemeja putih berpeci hitam dilantik bupati menjadi sekda yang sesungguhnya. Ya, terhitung 18 Mei 2018 Aban Sobandi akhirnya resmi menjadi Sekda definitif Kabupaten Cianjur.

Saat proses pemilihan, Aban rupanya tidak seorang diri alias bukan calon tunggal. Tapi ada pejabat lain di lingkungan Pemkab Cianjur yang turut serta mengikuti proses seleksi menjadi Sekda.

"Proses seleksinya sudah dilakukan oleh Tim Pansel yang diketuai Profesor Dwija. Malah waktu itu pendaftaran sempat dibuka dua kali, soalnya tidak ada yang mau mendaftar. Setelah itu baru ada yang daftar, Pak Dodi, Rivai, Yanto dan Aban," ujar Kepala BPKD Cianjur, Tohari Sastra.

Setelah melalui proses seleksi, sambung Tohari, tiga nama diajukan ke bupati, yaitu Aban, Yanto dan Rivai. "Diantara tiga nama yang diajukan, bupati memilih Pak Aban," kata Tohari.

Sayang, alasan dan pertimbangan bupati menjatuhkan pilihannya terhadap sosok Aban belum dapat diketahui. Pasalnya saat awak media akan mengonfrimasi kaitan itu, seusai pelantikan, bupati langsung masuk ke dalam ruangan, berkumpul dengan pejabat Pemkab Cianjur.

Seperti diketahui, selama periode kepemimpinan Bupati Irvan Rivano Muchtar, kursi Sekda Cianjur seakan menjadi sebuah kursi yang teramat panas. Bagaimana tidak, selama kurun dua tahun terakhir, kursi sekda ditinggalkan pergi begitu saja oleh pejabat terpilih. 

Dua pejabat yang sempat menduduki Sekda saat itu yakni Oting Zaenal Mutaqin dan Cecep Alamsyah. Tanpa alasan yang pasti dan masuk diakal, keduanya mendadak mengundurkan diri. Sehingga kurun 1 tahun kursi Sekda hanya diisi seorang Plt.

Sementara itu, ditemui seusai acara pelantikan, Sekda Cianjur Aban Sobandi saat ditanya apakah dirinya ke depan akan mengikuti jejak dua sekda sebelumnya mengundurkan diri ditengah jalan? "Yah, doakan saja saya bisa menjalankan tugas sampai dengan tuntas," jawabnya singkat sambil tersenyum dan bergegas menuju ruangan kantornya.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.