Jumat, 22 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Tugu Mangkok Bubur di Pacet Disoal!

Angga Purwanda

Senin, 21 Mei 2018 - 06:03 WIB

Tugu Mangkok Bubur di Pacet Disoal!
Tugu Mangkok Bubur di Pacet Disoal!
A A A

Beritacianjur.com - PEMBANGUNAN Tugu Mangkok Bubur Ayam di persimpangan Kantor Kecamatan Pacet disoal, masyarakat menilai pembangunan tugu itu asal-asalan dan tidak melihat unsur filosofi suatu daerah.

Pegiat seni asal Cipanas, Eko Wiwid, mengaku kecewa dengan dibangunnya tugu itu. Sebab, dengan berdirinya tugu mangkok itu tidak mewakili identitas wilayah itu (Pacet, dan Cipanas).

"Buat saya, selaku yang mencintai Lemah Cai atau tanah kelahiran, tentu dengan adanya Tugu Mangkok ini kurang setuju. Karena menurut saya, nilai filosofis yang berkenaan dengan identitas Cianjur tidak cukup hanya dengan soal mangkok.Banyak nilai yang berkaitan semangat dan identitas Cianjur khusunya di Cipanas," kata Eko, saat dihubungi BeritaCianjur, Senin (21/5/2018).

Eko menyebutkan, di kawasan Cianjur atau Cipanas banyak yang bisa jadi objek nilai filosofis yang bisa diangkat untuk jadi kebanggaan. Meksipun Cianjur terkenal juga dengan buburnya atau dengan gambaran tugu mangkok. Tapi itu tidak menggambarkan atau mewakili alam Cianjur dan sejarah Cianjur.

"Mangkok Bubur ada di seluruh Indonsa bahkan dunia juga ada.Banyak yang bisa diangkat dan banyak pilihan.Perlu kajian yang bisa mempersentasikan warga Cipanas..bisa saja hewan khas,pohon khas Gunung Gede atau yang lainya.Bisa saja kehidupan masyarakat, ataupun sejarah masyarakat Cipanas," jelasnya.

Sementara itu, Dinda RG mengaku sangat lucu dengan dibangunnya tugu mangkok di kawasan Kecamatan Pacet. Sebab, sepengetahuannya pembangunan sebuah tugu harus dapat menggambarkan atau mewakili suatu wilayah denan ke khasannya.

"Ini tiba-tiba saja dibangun tugu mangkok, sementara kawasan Pacet dan Cipanas terkenal dengan alamnya, baik pertanian ataaupun pariwisata. Jadi, dengan adanya tugu mangkok tersebut dinilai kurang elok," ungkap Dinda.

Dinda meminta Pemkab Cianjur agar lebih selektif dalam menentukan setiap pembangunan tugu jangan terkesan asal-asalan dan hanya untuk menghabiskan anggaran saja. "Pelajari kultur wilayahnya sehingga, pembangunannnya tak mubadzir. Komunikasikan dengan tokoh budaya atau seni. Sebab, tentunya mereka pasti lebih paham tugu apa yang pantas dibangun di wilayahnya," pungkas Dinda. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 06/06/2018 20:11 WIB

PJU dan Rambu-rambu di Jalur Alternatif Mudik Ditambah

DINAS Perhubugan (Dishub) Kabupaten Cianjur akan menyiapkan penambahan penerangan jalan umum (PJU) maupun rambu-rambu lalulintas di beberapa ruas jalur altenatif di wilyah itu yang dinilai masih minim…

Cianjur Euy 06/06/2018 20:02 WIB

Tak Laik Jalan, Dishub Kandangkan Angkutan Mudik

SEJUMLAH kendaraan umum untuk kebutuhan angkutan mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kabupaten Cianjur, terpaksa dikandangkan sementara karena tak laik jalan. Kendaraan bisa kembali beroperasi apabila perusahaan…

Ragam 06/06/2018 11:14 WIB

Kayuh Sepeda, Bocah Ini Nekat Mudik dari Cianjur ke Majalengka

NEKAT dan luar biasa. Itulah ungkapan yang pas disematkan untuk Ade Rahman, santri pesantren di kawasan Ciketung, Cipanas, Cianjur. Betapa tidak, dengan mengayuh sepeda, santri ini nekat mudik dari Cianjur…