Rabu, 22 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Tugu Mangkok Bubur di Pacet Disoal!

Angga Purwanda

Senin, 21 Mei 2018 - 06:03 WIB

Tugu Mangkok Bubur di Pacet Disoal!
Tugu Mangkok Bubur di Pacet Disoal!
A A A

Beritacianjur.com - PEMBANGUNAN Tugu Mangkok Bubur Ayam di persimpangan Kantor Kecamatan Pacet disoal, masyarakat menilai pembangunan tugu itu asal-asalan dan tidak melihat unsur filosofi suatu daerah.

Pegiat seni asal Cipanas, Eko Wiwid, mengaku kecewa dengan dibangunnya tugu itu. Sebab, dengan berdirinya tugu mangkok itu tidak mewakili identitas wilayah itu (Pacet, dan Cipanas).

"Buat saya, selaku yang mencintai Lemah Cai atau tanah kelahiran, tentu dengan adanya Tugu Mangkok ini kurang setuju. Karena menurut saya, nilai filosofis yang berkenaan dengan identitas Cianjur tidak cukup hanya dengan soal mangkok.Banyak nilai yang berkaitan semangat dan identitas Cianjur khusunya di Cipanas," kata Eko, saat dihubungi BeritaCianjur, Senin (21/5/2018).

Eko menyebutkan, di kawasan Cianjur atau Cipanas banyak yang bisa jadi objek nilai filosofis yang bisa diangkat untuk jadi kebanggaan. Meksipun Cianjur terkenal juga dengan buburnya atau dengan gambaran tugu mangkok. Tapi itu tidak menggambarkan atau mewakili alam Cianjur dan sejarah Cianjur.

"Mangkok Bubur ada di seluruh Indonsa bahkan dunia juga ada.Banyak yang bisa diangkat dan banyak pilihan.Perlu kajian yang bisa mempersentasikan warga Cipanas..bisa saja hewan khas,pohon khas Gunung Gede atau yang lainya.Bisa saja kehidupan masyarakat, ataupun sejarah masyarakat Cipanas," jelasnya.

Sementara itu, Dinda RG mengaku sangat lucu dengan dibangunnya tugu mangkok di kawasan Kecamatan Pacet. Sebab, sepengetahuannya pembangunan sebuah tugu harus dapat menggambarkan atau mewakili suatu wilayah denan ke khasannya.

"Ini tiba-tiba saja dibangun tugu mangkok, sementara kawasan Pacet dan Cipanas terkenal dengan alamnya, baik pertanian ataaupun pariwisata. Jadi, dengan adanya tugu mangkok tersebut dinilai kurang elok," ungkap Dinda.

Dinda meminta Pemkab Cianjur agar lebih selektif dalam menentukan setiap pembangunan tugu jangan terkesan asal-asalan dan hanya untuk menghabiskan anggaran saja. "Pelajari kultur wilayahnya sehingga, pembangunannnya tak mubadzir. Komunikasikan dengan tokoh budaya atau seni. Sebab, tentunya mereka pasti lebih paham tugu apa yang pantas dibangun di wilayahnya," pungkas Dinda. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…