Kamis, 16 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Rahasia & Hikmah Puasa Rhamadhon

Apip Samlawi

Senin, 21 Mei 2018 - 21:09 WIB

Ustadzah Hj Yeti Qobtiah
Ustadzah Hj Yeti Qobtiah
A A A

Beritacianjur.com - PUASA Rhamadan merupakan salah satu rukun Islam yang ke 4, hingga wajib dilaksanakannya seluruh orang yang beriman dan bertaqwa. Dalam ibadah puasa rhamadan banyak hikmah yang perlu diketahui seluruh orang melaksanakannya.

Karena hikmah berpuasa di bulanbsuci rhamadan erat kaitannya dengan keberlangsungan hidup manusia di dunia dan di akherat seperti halnya, berpuasa pada bulan Rhamadan, itu merupakan tanda terimakasih kepada Allah SWT, karena seluruh bentuk perbuatan ibadah merupakan tanda terimasih pada Allah SWT atas segala nikmatnya.

Sebab nikmat yang telah diberikan Allah pada kita semua tidak akan terhitung banyak jumlahnya, seperti dalam Firman Allah SWT surat Ibrahim ayat 34 ,"jika kamu akan menghitung nikmat (pemberian) Allah kepada kamu, niscaya kamu tidak akan sanggup menghitungnya,".

Itu menandakan bahwa nikmat yang diberikan Allah pada kita, cukup begitu banyak seprti nikmat Allah yang ada disekujur tubuh manusia, tangan bergerak, mata berkedif, jantung berdenyut memompa aliran darah, cantik, tampan dan banyak lagi nikmat lainnya.

Selain itu, hikmah dan rahasia puasa, mendidik atau melatih kepercayaan dan kejujuran, karena ibadah puasa berbeda dengan puasa wajib lainnya. Ibadah shalat terlihat ada gerakannya di dalam mesjid, zakat terlihat ada gerakan tangan sedang memberikan yang dizakatinya, Haji bergerak pergi ke Baitullah, sedangkan Ibadah puasa sulit diterkanya, karena orang bisa pura-pura berpuasa padahal tidak dan sebaliknya mengaku tidak berpuasa padahal berpuasa. Hingga pusa melatih kejujuran, percaya diri, tawakal padanya.

Pusa melatih jiwa sosial, belas kasihan terhadap orang lain. Siapa saja yang menjalankan ibadah puasa niscaya akan tersa lapar, haus, lesu dan itu semua sering dialami keluarga pakir miskin yang ekinominya kirang beruntung.

Maka bila kita merasakan lapar, hair, lesu, kemudian harus ingat pada pakir miskin, yatim piatu, jompo dan duafha, untuk menyantuninya, meringankan beban mereka dalam melaksanakan kelangsungan hidupnya.

Dan Puasa tersebut, mampu melatih kesehatan tubuh manusia, karena selama kurun waktu setahun pencernaan kita tak ada hentinya terus tiap waktu yang telah ditentukan diisi makanan apa saja hingga kenyang dan pencernaannya tak pernah berhenti melainkan tiap saat bekerja keras.

Dengan adanya Pusa Rhamadhan yang lamaya 29 samdapai 30 hari dalam kurun waktu satu tahun, maka usus pencernaan dalam tubuh agak sedikit istirahat, karena makanan tidak terlalu banyak yang dimasukan.

Hingga mampu mengatur siskulari peredaran darah dalam tubuh, selain itu seluruh otot dalam tubuh manusia yang berpuasa tidak akan kaku,  karena pada malam harinya melaksanakan shalat tarawih dan witir yang gerakannya cukup banyak dan seimbang.

Dengan adanya itu, semoga bermanfaat adanya,  semoga Ibadah puasanya diberi kukuatan, lancar sampai akhir dan mendapat ridhonya, Ucap Ustadzah Hj Yeti Qobtiah (56), Kampung Pabuaran, Cikidang, Kabupaten Cianjur. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…