Senin, 18 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Pemicu Terjadinya Macet Di Ciranjang Bertambah

Apip Samlawi

Selasa, 22 Mei 2018 - 22:08 WIB

Foto: Apip Samlawi/BC
Foto: Apip Samlawi/BC
A A A

Beritacianjur.com - JALAN raya Cianjur - Bandung tepatnya di pertigaan jalan masuk ke pasar, Bojongpicung dan menuju jalan Jati, setiap harinya tak pernah sepi kendaraan motor maupun mobil.

Hingga pada pagi hari dan sore hari selalu terjadi kemacetan arus lalulintas di jalan raya mapun di pertigaan jalan masuk Bojongpicung, Pasar Ciranjang dan menuju Jati.

Dengan adanya itu tentu saja petugas kepolisian Polsek Ciranjang, tiap pagi dan menjelang sore selalu direpotkan dengan terjadinya macet arus lalulintas di jalan raya.

Informasi yang dihimpun, terjadinya kemacetan arus lalulintas di Ciranjang, itu banyak faktor penyebab yang sulit dihinfarinya, seperti tidak adanya jalan alternatif, belum dipungsikannya dengan pasar dan Sub terminal yang baru selesai dibangun.

Tidak hanya itu saja, dipindahkannya pintu masuk menuju Bojongpicung, pasr Ciranjang dan menuju jalan Jati, hingga banyak para pengemudi motor mengambil jalan pintas ke jalan gang Pasir Asem.

Tentu saja hal itu, bukannya lancar dan mulus malah membuat masalah baru menjadi biang kemacetan dan jalan  lingkar setatsiun itu pun jadi biang kemacetan baru. Lengkaplah sudah pemicu kemacetan di Kawasan Ciranjang semakin komplit dan bertambah banyak.

Tokoh Pemuda Kecamatan Ciranjang, Iwan Yusup mengatakan mungkin pada musim lebaran mendatang,  banyak yang memprediksi bahwa di jalan raya Ciranjang dan jalan menunu Bojongpicung, Jati dan Jalan menuju Pasar Ciranjang, akan terjadi macet total karena arus lalulintas akan masuk seluruhnya menuju jalan linhkat setat siun kereta api dan tidak adanya jalan anternatif untuk membuang arus lalulintas.

"Dengan adanya itu, saat menjelang lebaran nanti, jalan masuk menuju lingkar setatsiun kereta api, untuk sementara tidak digunakan, melainkan menggunakan jalan semula yang sekarang dipasang perboden, hal itu dilakukan tiada lain untuk menekan angka terjadinya kemacetan,"Ucap Iwan Yusup.

Sementara itu, Kasi trantib Kecamatan Ciranjang, Adah Kurnia menambahkan, memang benar adanya bahwa arus lalulintas di Jalan Raya Ciaranjang - Bandung, tepatnya di jalan pertigaan menuju Bojongpicung, Pasar dan menju Jati, tiap pagi dan petang menuju malam rutin terjadi kemacetan arus lalulintas.

Hal itu, terjadi karena banya faktor penyebab yang sulit dihindari, seperti para mengemudi motor yang meuju jalan Bojongpicung, Jati dan menuju Pasar Ciranjang, itu enggan masuk pertigaan jalan lingkar setat siun, hingga memilih jalan gang pasir asem yang ujungnya kejalan raya nenuju Bojongpicung, depan rel kereta api Ciranjang dan belum adak adanya jalan anternatif.

Hal tersebut, banyak dikhawatirkan berbagai pihak, karena saat menghadapi marema lebaran akan terkadi macet total, karena pangkal jala masuk Bojonhpicung, Pasar dan menuju Jati akan tertutup berbagi kendaraan, karea selain pangkal jalan juga sebagai muara jalan dari semua arah.

"Pihaknya mengharapkan pada para mengemudi motor, mohon mampu menggunakan jalan yang telah diarahkan pihak dinas instansi terkait, supaya terlaksana tertib, lancar, aman dan tidak menimbukan terjadinya kemacetan di jalan raya, Ucap Adah Kurnia, (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 06/06/2018 20:11 WIB

PJU dan Rambu-rambu di Jalur Alternatif Mudik Ditambah

DINAS Perhubugan (Dishub) Kabupaten Cianjur akan menyiapkan penambahan penerangan jalan umum (PJU) maupun rambu-rambu lalulintas di beberapa ruas jalur altenatif di wilyah itu yang dinilai masih minim…

Cianjur Euy 06/06/2018 20:02 WIB

Tak Laik Jalan, Dishub Kandangkan Angkutan Mudik

SEJUMLAH kendaraan umum untuk kebutuhan angkutan mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kabupaten Cianjur, terpaksa dikandangkan sementara karena tak laik jalan. Kendaraan bisa kembali beroperasi apabila perusahaan…

Ragam 06/06/2018 11:14 WIB

Kayuh Sepeda, Bocah Ini Nekat Mudik dari Cianjur ke Majalengka

NEKAT dan luar biasa. Itulah ungkapan yang pas disematkan untuk Ade Rahman, santri pesantren di kawasan Ciketung, Cipanas, Cianjur. Betapa tidak, dengan mengayuh sepeda, santri ini nekat mudik dari Cianjur…