Sabtu, 18 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Pemicu Terjadinya Macet Di Ciranjang Bertambah

Apip Samlawi

Selasa, 22 Mei 2018 - 22:08 WIB

Foto: Apip Samlawi/BC
Foto: Apip Samlawi/BC
A A A

Beritacianjur.com - JALAN raya Cianjur - Bandung tepatnya di pertigaan jalan masuk ke pasar, Bojongpicung dan menuju jalan Jati, setiap harinya tak pernah sepi kendaraan motor maupun mobil.

Hingga pada pagi hari dan sore hari selalu terjadi kemacetan arus lalulintas di jalan raya mapun di pertigaan jalan masuk Bojongpicung, Pasar Ciranjang dan menuju Jati.

Dengan adanya itu tentu saja petugas kepolisian Polsek Ciranjang, tiap pagi dan menjelang sore selalu direpotkan dengan terjadinya macet arus lalulintas di jalan raya.

Informasi yang dihimpun, terjadinya kemacetan arus lalulintas di Ciranjang, itu banyak faktor penyebab yang sulit dihinfarinya, seperti tidak adanya jalan alternatif, belum dipungsikannya dengan pasar dan Sub terminal yang baru selesai dibangun.

Tidak hanya itu saja, dipindahkannya pintu masuk menuju Bojongpicung, pasr Ciranjang dan menuju jalan Jati, hingga banyak para pengemudi motor mengambil jalan pintas ke jalan gang Pasir Asem.

Tentu saja hal itu, bukannya lancar dan mulus malah membuat masalah baru menjadi biang kemacetan dan jalan  lingkar setatsiun itu pun jadi biang kemacetan baru. Lengkaplah sudah pemicu kemacetan di Kawasan Ciranjang semakin komplit dan bertambah banyak.

Tokoh Pemuda Kecamatan Ciranjang, Iwan Yusup mengatakan mungkin pada musim lebaran mendatang,  banyak yang memprediksi bahwa di jalan raya Ciranjang dan jalan menunu Bojongpicung, Jati dan Jalan menuju Pasar Ciranjang, akan terjadi macet total karena arus lalulintas akan masuk seluruhnya menuju jalan linhkat setat siun kereta api dan tidak adanya jalan anternatif untuk membuang arus lalulintas.

"Dengan adanya itu, saat menjelang lebaran nanti, jalan masuk menuju lingkar setatsiun kereta api, untuk sementara tidak digunakan, melainkan menggunakan jalan semula yang sekarang dipasang perboden, hal itu dilakukan tiada lain untuk menekan angka terjadinya kemacetan,"Ucap Iwan Yusup.

Sementara itu, Kasi trantib Kecamatan Ciranjang, Adah Kurnia menambahkan, memang benar adanya bahwa arus lalulintas di Jalan Raya Ciaranjang - Bandung, tepatnya di jalan pertigaan menuju Bojongpicung, Pasar dan menju Jati, tiap pagi dan petang menuju malam rutin terjadi kemacetan arus lalulintas.

Hal itu, terjadi karena banya faktor penyebab yang sulit dihindari, seperti para mengemudi motor yang meuju jalan Bojongpicung, Jati dan menuju Pasar Ciranjang, itu enggan masuk pertigaan jalan lingkar setat siun, hingga memilih jalan gang pasir asem yang ujungnya kejalan raya nenuju Bojongpicung, depan rel kereta api Ciranjang dan belum adak adanya jalan anternatif.

Hal tersebut, banyak dikhawatirkan berbagai pihak, karena saat menghadapi marema lebaran akan terkadi macet total, karena pangkal jala masuk Bojonhpicung, Pasar dan menuju Jati akan tertutup berbagi kendaraan, karea selain pangkal jalan juga sebagai muara jalan dari semua arah.

"Pihaknya mengharapkan pada para mengemudi motor, mohon mampu menggunakan jalan yang telah diarahkan pihak dinas instansi terkait, supaya terlaksana tertib, lancar, aman dan tidak menimbukan terjadinya kemacetan di jalan raya, Ucap Adah Kurnia, (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…