Jumat, 22 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

CAI Soroti Pendirian Mall GSP Ciranjang

Nuki Nugraha/Apip Samlawi

Selasa, 22 Mei 2018 - 22:09 WIB

Foto: Dokumen/BC
Foto: Dokumen/BC
A A A

Beritacianjur.com - PENDIRIAN Ruko dan Mall GSP Ciranjang kembali mendapat sorotan publik. Kali ini sorotan tajam disampaikan kalangan aktivis yang tergabung dalam Cianjur Aktivis Independen (CAI).

Dalam isi suratnya nomor 80/Desakan/CAI/V/2018, kalangan aktivis itu mendesak agar pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) meninjau kembali dan membatalkan IMB pembangunan pusat pertokoan GSP Ciranjang.

Direktur Eksekutif CAI, Farid Sandi mengungkapkan berdasarkan hasil investigasi dan pemantuan tim CAI atas kegiatan pembangunan GSP Ciranjang, pihaknya menduga telah terjadi pelanggaran peraturan daerah (perda) dan kesalahan prosedur dalam pemberian izin.

Farid menegaskan, pembanguann Ruko dan Mall GSP telah melangar Perda Kabupaten Cianjur nomor 5 Tahun 2016 tentang Penataan Pasar Rakyat, Perbelanjaan dan Toko Swalayan. Khususnya terkait soal jarak antara lokasi pembangunan dengan pasar tradisional Impres Ciranjang.

"Yang dilanggar itu pasal 10 huruf c "Jarak untuk supermarket dan Departemn Store berjarak1.500 meter dari pasar rakyat yang terletak dipinggir jalan Kolektor/Jalan Arteri,"beber Farid kepada wartawan , Selasa (22/5).

Selain itu sambung Farid, pelanggaran lainnya yaitu tidak mengindahkan penolakan rekomendasi Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cianjur, nomor: 517/463/diskoperdagin, tanggal 13 Juni 2017.

"Untuk itu kami mendesak dinas perijinan untuk meninjau kembali dan membatalkan IMB yang sudah diterbitkan sekarang ini,"tegasnya.

Sebelumnya kaitan soal pembangunan Ruko dan Mall
pihak pengembang melalui Direktur Tekhnik  PT. Graha Sriintan Persada (GSP) Rudy Gunawan menjelaskan, rencana pembangunan Ruko dan Mall GSP Trade Center Centra Bisnis Modern dibangun mulai sejak tahun 2014.

Baru sekarang ini kembali dikerjakan, karena banyak nya hal yang belum selesi, utamanya mengenai  perijinan. Tapi setelahnya kelengkapan izin selesai dibuat, khsusnya IMB, maka pembangunannya langsung digarap.

"Sebenarnya dibangunnya Ruko dan Mall di Ciranjang, itu untuk memudahkan belanja seluruh warga Ciranjang, Bojongpicung, Haurwangi dan sekitarnya, karena produk yang dijual di Ruko dan Mall, muali dari lantai paling bawah sampai lantai atas, itu tidak akan sama dengan produk yang dipasarkan di Pasar Tradisional Ciranjang,"bebernya.

Jadi jelas Rudi, barang dagangan yang tersedia di Ruko dan Mall GSP Trade Center Centra Bisnis Modern tidak akan bersaing dengan Pasar Tradisional Ciranjang.

"Dengan itu diharapkan pada seluruh para pedagang pasar Tradisional dan masyarakat lainnya mohon jangan terpropokasi dengan oknum warga yang tidak bertangung jawab, ucapnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 06/06/2018 20:11 WIB

PJU dan Rambu-rambu di Jalur Alternatif Mudik Ditambah

DINAS Perhubugan (Dishub) Kabupaten Cianjur akan menyiapkan penambahan penerangan jalan umum (PJU) maupun rambu-rambu lalulintas di beberapa ruas jalur altenatif di wilyah itu yang dinilai masih minim…

Cianjur Euy 06/06/2018 20:02 WIB

Tak Laik Jalan, Dishub Kandangkan Angkutan Mudik

SEJUMLAH kendaraan umum untuk kebutuhan angkutan mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kabupaten Cianjur, terpaksa dikandangkan sementara karena tak laik jalan. Kendaraan bisa kembali beroperasi apabila perusahaan…

Ragam 06/06/2018 11:14 WIB

Kayuh Sepeda, Bocah Ini Nekat Mudik dari Cianjur ke Majalengka

NEKAT dan luar biasa. Itulah ungkapan yang pas disematkan untuk Ade Rahman, santri pesantren di kawasan Ciketung, Cipanas, Cianjur. Betapa tidak, dengan mengayuh sepeda, santri ini nekat mudik dari Cianjur…