Rabu, 22 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

CAI Soroti Pendirian Mall GSP Ciranjang

Nuki Nugraha/Apip Samlawi

Selasa, 22 Mei 2018 - 22:09 WIB

Foto: Dokumen/BC
Foto: Dokumen/BC
A A A

Beritacianjur.com - PENDIRIAN Ruko dan Mall GSP Ciranjang kembali mendapat sorotan publik. Kali ini sorotan tajam disampaikan kalangan aktivis yang tergabung dalam Cianjur Aktivis Independen (CAI).

Dalam isi suratnya nomor 80/Desakan/CAI/V/2018, kalangan aktivis itu mendesak agar pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) meninjau kembali dan membatalkan IMB pembangunan pusat pertokoan GSP Ciranjang.

Direktur Eksekutif CAI, Farid Sandi mengungkapkan berdasarkan hasil investigasi dan pemantuan tim CAI atas kegiatan pembangunan GSP Ciranjang, pihaknya menduga telah terjadi pelanggaran peraturan daerah (perda) dan kesalahan prosedur dalam pemberian izin.

Farid menegaskan, pembanguann Ruko dan Mall GSP telah melangar Perda Kabupaten Cianjur nomor 5 Tahun 2016 tentang Penataan Pasar Rakyat, Perbelanjaan dan Toko Swalayan. Khususnya terkait soal jarak antara lokasi pembangunan dengan pasar tradisional Impres Ciranjang.

"Yang dilanggar itu pasal 10 huruf c "Jarak untuk supermarket dan Departemn Store berjarak1.500 meter dari pasar rakyat yang terletak dipinggir jalan Kolektor/Jalan Arteri,"beber Farid kepada wartawan , Selasa (22/5).

Selain itu sambung Farid, pelanggaran lainnya yaitu tidak mengindahkan penolakan rekomendasi Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cianjur, nomor: 517/463/diskoperdagin, tanggal 13 Juni 2017.

"Untuk itu kami mendesak dinas perijinan untuk meninjau kembali dan membatalkan IMB yang sudah diterbitkan sekarang ini,"tegasnya.

Sebelumnya kaitan soal pembangunan Ruko dan Mall
pihak pengembang melalui Direktur Tekhnik  PT. Graha Sriintan Persada (GSP) Rudy Gunawan menjelaskan, rencana pembangunan Ruko dan Mall GSP Trade Center Centra Bisnis Modern dibangun mulai sejak tahun 2014.

Baru sekarang ini kembali dikerjakan, karena banyak nya hal yang belum selesi, utamanya mengenai  perijinan. Tapi setelahnya kelengkapan izin selesai dibuat, khsusnya IMB, maka pembangunannya langsung digarap.

"Sebenarnya dibangunnya Ruko dan Mall di Ciranjang, itu untuk memudahkan belanja seluruh warga Ciranjang, Bojongpicung, Haurwangi dan sekitarnya, karena produk yang dijual di Ruko dan Mall, muali dari lantai paling bawah sampai lantai atas, itu tidak akan sama dengan produk yang dipasarkan di Pasar Tradisional Ciranjang,"bebernya.

Jadi jelas Rudi, barang dagangan yang tersedia di Ruko dan Mall GSP Trade Center Centra Bisnis Modern tidak akan bersaing dengan Pasar Tradisional Ciranjang.

"Dengan itu diharapkan pada seluruh para pedagang pasar Tradisional dan masyarakat lainnya mohon jangan terpropokasi dengan oknum warga yang tidak bertangung jawab, ucapnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…