Sabtu, 18 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

JAGA KEANGKERAN 'KANDANG MAUNG'

Duet Eze-Bauman Bakal Dikawal Ketat, Persib Yakin Tumbangkan PSM

Gie/net/bbs

Selasa, 22 Mei 2018 - 23:05 WIB

foto:net
foto:net
A A A

Beritacianjur.com - DEMI harga diri tampil di 'kandang maung' dan target menembus papan atas, kemenangan menjadi harga mati bagi Persib saat menjamu PSM Makassar dalam lanjutan Liga 1 pekan ke-10, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Rabu (23/5 /2018). 

Untuk meraih targetnya tersebut, ada hal positif dan negatif yang bakal dihadapi tim asuhan Roberto Carlos Mario Gomez. Negatifnya dari segi posisi, Persib kalah jauh dari PSM dalam klasemen. Mereka menempati posisi ke-12 dengan nilai 11 dari 7 laga. Sedangkan PSM di urutan kedua dengan nilai 16 dari 9 laga. Pada ajang Piala Presiden 2018, Persib juga takluk 1-0.

Tak hanya itu, PSM sukses membawa dua poin dari dua laga terakhirnya saat tandang ke Arema FC (1-1) dan Sriwijaya FC (0-0). Tim Juku Eja itu juga unggul dalam produktivitas gol cukup baik. Mereka telah mengemas 15 gol dari sembilan laga yang dimainkan. Sejumlah nama seperti Ferdinand Sinaga, Wiljan Pluim, Rizky Pellu, Marc Klok dan Guy Junior mencatatkan diri sebagai mesin gol PSM musim ini.

Namun positifnya, Supardi Nasir saparakanca diuntungkan karena akan bermain di kandang. Pada laga sebelumnya di GBLA, mereka mampu mengalahkan sang pemuncak klasemen Persipura Jayapura dua gol tanpa balas.

Menanggapi hal tersebut, Gomez tetap optimis bisa membawa Skuad Maung Bandung kembali meraih kemenangan di laga nanti. Ia juga memilih tak memikirkan hasil minor dari Piala Presiden lalu.

"Itu cerita yang sudah berlalu dan sekarang sudah berbeda. This is Bandung, kandang kita. Kami harus memberi yang terbaik, yaitu kemenangan untuk para bobotoh! Jadi, saya ingin semua dukung kami besok, karena kemenangan sangat bagus untuk jalan ke peringkat atas ," kata pelatih asal Argentina itu seperti dikutip laman resmi Persib.

Selain karena bakal diperkuat striker andalannya Jonathan Bauman, Gomez juga makin yakin dengan targetnya karena gelandang asal Korea Selatan, Oh-In-kyun, kini sudah dalam kondisi fit dan siap tempur. "Yang menentukan hasil adalah cara kita berproses dan mempersiapkan tim. Siapapun lawannya, bermain di kandang motivasi kita tentunya akan jauh lebih besar," ucapnya

Untuk bisa membungkam tim berjuluk Juku Eja, Gomez meminta skuatnya untuk tampil maksimal di laga nanti. Namun, dia juga mengingatkan Supardi Nasir dan kawan-kawan untuk fokus penuh sepanjang pertandingan. "Dalam setiap pertandingan, khususnya pertandingan penting besok (hari ini), kita tidak boleh lengah, bahkan untuk satu detik. Jangan sampai lawan mencetak gol. Kunci dari setiap kemenangan adalah bagaimana kita menjaga fokus itu sendiri," tegasnya.

"Saya yakin semua pemain bisa tampil sangat baik. Meski pertandingan besar, saya harap mereka bisa tenang dan menikmati jalannya pertandingan," tandasnya.

Sementara itu, Jonathan Bauman menyambut kabar baik bisa tampil menghadapi PSM Makassar. Dia menilai pertandingan itu sangat berarti buat timnya. Ya, meskipun punya koleksi tiga kartu kuning, pemain asal Argentina ini bisa bermain lawan PSM. Sebab, merujuk pada Regulasi Go-Jek Liga 1 2018 pasal 53 ayat 12, sanksi akumulasi kartu kuning Bauman berlaku saat laga kontra Persebaya Surabaya pekan ke-9 (19 Mei 2018) yang mengalami penundaan jadwal.

Dia pun akan berusaha keras bersama rekan-rekannya untuk memenangkan pertandingan. Apalagi, tim berjuluk Juku Eja itu merupakan penghuni papan atas klasemen sementara. "Tentunya saya senang bisa bermain. Kabar bagus. Saya pikir, mereka adalah tim yang sangat bagus. Mereka telah bekerja baik. Itu yang membuat mereka berada di papan atas. Kita harus lebih kerja keras," lanjut pemain bernomor punggung 99 ini.

Dukungan bobotoh di stadion akan menambah kekuatan buat Persib pada pertandingan tersebut. Dia pun berharap bobotoh bisa kembali mendukung tim kebanggaannya untuk bisa merangkak naik ke posisi yang lebih atas. Kehadiran bobotoh sangat penting buat kami, mereka memberikan tambahan tenaga buat kami," tutupnya. 

Terpisah, di kubu lawan, Pelatih PSM Robert Rene Alberts ternyata mewaspadai duet juru gedor Persib Bandung, Ezechiel Ndouassel dan Jonathan Bauman, yang terus menunjukkan grafik positif seiring dengan produktivitas gol yang dihasilkan keduanya.

Seperti diketahui, Duet tersebut telah menyumbangkan 11 gol bagi Persib dari 12 total gol yang disarangkan Persib hingga pekan ke-10 Liga 1 2018. "Persib bisa memenangi poin dan mendapatkan poin karena dua orang (Eze-Bauman) sering mencetak gol. Sangat penting untuk kami untuk selalu memperhatikan pemain ini," ucap Robert saat ditemui di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Selasa (22/5/2018).

Robert pun mengakui, saat ini tak ada bomber PSM yang bersaing di daftar pencetak gol terbanyak, apalagi striker anyar PSM, Bruce Djite, masih berupaya mengembalikan performa usai sembuh dari cedera. Namun, ia tak khawatir lantaran masih memilik sejumlah pemain lokal yang punya naluri mencetak gol yang tinggi.

Akankah Persib mampu mempertahankan rekor tak terkalahkan saat laga di GBLA dan mampu menembus papan atas dengan menumbangkan PSM? Kita saksikan aksi Bauman saparakanca malam ini.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…