Jumat, 17 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Komisi V DPR RI Pastikan Arus Mudik Tak Terkendala

Hal Teknis dan Non-teknis Dalam Tata Kelola Arus Mudik Sudah Bisa Diatasi Kemenhub RI

Angga Purwanda

Kamis, 24 Mei 2018 - 06:00 WIB

Komisi V DPR RI Pastikan Arus Mudik Tak Terkendala
Komisi V DPR RI Pastikan Arus Mudik Tak Terkendala
A A A

Beritacianjur.com - KOMISI V DPR RI terus mengevaluasi berbagai hal yang mungkin bisa jadi kendala menjelang arus mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah. Hal itu diungkapkan, anggota Komisi V DPR RI, Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz, saat ditemui wartawan di Cianjur, Rabu (23/5/2018).

Eem mengatakan, berdasarkan hasil pengamatan di lapangan yang dilakukan Komisi V DPR RI, hal-hal teknis dan non-teknis dalam tata kelola arus mudik nanti sedikit demi sedikit sudah bisa diatasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

 "Insya Allah, tahun ini (tata kelola) lebih bagus. Kemarin yang kami evaluasi itu di tol Palimanan ke sana (arah Jawa Tengah). Di sana rest area-nya terbilang masih sedikit. Kami sudah minta penambahan," kata Neng Eem.

Wakil rakyat dari dapil Jabar III (Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor) ini menyebut moda transportasi yang dipersiapkan Kemenhub RI saat arus mudik Idul Fitri nanti meliputi udara, laut, dan darat. Eem menilai, persiapan di jalur darat sudah berjalan cukup bagus. Misalnya soal jasa pengangkutan sepeda motor yang sudah dipersiapkan pemerintah.

"Paling yang harus diantisipasi kemungkinan bertambahnya pemudik yang menggunakan pesawat dan kereta api. Pemudik menggunakan mobil juga dipastikan akan bertambah," ucap legislator Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Kemungkinan tingginya pemudik menggunakan kendaraan pribadi, kata Eem, juga harus bisa diantisipasi. Hal itu berkaca dari tragedi di tol Brebes Exit (Brexit) saat arus mudik Idul Fitri beberapa waktu lalu.

"Pintu tol keluar dan masuk harus bisa diantisipasi. Kami juga sudah mengajukan adanya under pass maupun fly over di persimpangan-persimpangan tol masuk dan keluar," jelasnya.

Eem mengaku sudah berkoordinasi dengan Badan SAR Nasional (Basarnas) menyiapkan helikopter untuk memantau arus lalu-lintas selama mudik nanti. Termasuk menyiapkan posko-posko kesehatan di rest-rest area.

"Helikopter dibutuhkan ketika terjadi kemacetan yang crowded. Sehingga penanganannya bisa cepat dilakukan," tegasnya.

Ia pun mengapresiasi Kementerian Perhubungan yang akan menambah gerbong kereta api sebagai antisipasi melonjaknya pemudik. Namun adanya program mudik gratis bisa jadi satu di antara solusi mengurangi jumlah pemudik menggunakan moda transportasi angkutan-angkutan umum.

"Belum ditambah bus gratis yang disiapkan perusahaan-perusahaan bagi karyawannya yang akan mudik. Kami (PKB) juga akan menyiapkan (bus gratis) khusus ke arah Jawa Timur," pungkas Eem. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…