Sabtu, 21 Oktober 2017 - Pukul 08:06

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

edukasi

SMA Pasundan Cikalong Lestarikan 3 Pilar Budaya Lewat Pencak Silat

Oleh: Susi Susilawati - Sabtu 08 Agustus 2015 | 00:23 WIB

SMA Pasundan Cikalong Lestarikan 3 Pilar Budaya Lewat Pencak Silat

Susi Susilawati/

BERITACIANJUR.COM, Cikalong--Bertujuan melestarikan Tiga Pilar Budaya Kabupaten Cianjur, SMA Pasundan Cikalong mulai merintis Pencak Silat. Kegiatan tersebut masuk dalam ekstrakulikuler (ekskul) sekolah. Untuk memaksimalkan kegiatan tersebut, pihak sekolah pun menggandeng paguron Benteng Ksatria (Bentar). Paguron ini telah eksis sekitar enam tahun lalu.

 

Keberadaan ekskul ini awalnya tidak begitu dilirik siswa, tercatat hanya ada 10 orang yang ikut. Namun kini, jumlahnya mencapai 30 orang dari 670 siswa yang bersekolah di SMA Pasundan Cikalong.

 

“Kehadiran ekskul ini bukan tanpa maksud. Kita ingin membentuk karakter siswa yang berani, mandiri, tangguh dan membentuk akhlak. Kita juga harapkan, dengan keikutsertaan siswa dalam ekskul ini agar siswa lebih terarah,” ungkap Wakasi SMA Pasundang Cikalongkulon, sekaligus pembina ekskul Bentar, Dedi Haryanto.

Terkait prestasi, siswa yang tergabung dalam ekskul ini banyak membantu tambahan koleksi sekolah. Diantaranya juara umum Porcab Kab. Cianjur, juara dua Porda tingkat provinsi, juara kedua O2SN tingkat provinsi, Kopetisi Wilayah (Kopwil).

 

“Yang terbaru yaitu juara umum Piala Wakil Bupati Kabupaten Cianjur Pencak Silat laga SMA Alazhary  III Tahun 2015 yang di antaranya Juara 1 Laga SMAZR III Tahun 2015 Putra (Taufik Hidayat Kelas XI. MIPA1), Juara 1 Laga SMAZR III Tahun 2015 Putra (Riki Ridwan Kelas XI. MIIPA1), Juara 1 Laga SMAZR III Tahun 2015 Putri (Laila Sabtina Kelas XI. IPS2), Juara 3 Laga SMAZR III Tahun 2015 Putra (M. Redi Kelas XI. MIPA1) dan Juara 3 Laga SMAZR III Tahun 2015 Putri (Dede Vida Kelas XI. IPS1),” tuturnya.. ***

Komentar