Kamis, 16 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Pembangunan Di Desa Mekargalih Terlambat

Baru Bertugas, Kades Langsung Disambut Masalah DD

Apip Samlawi

Rabu, 23 Mei 2018 - 21:16 WIB

Foto: Apip Samlawi/BC
Foto: Apip Samlawi/BC
A A A

Beritacianjur.com - BARU saja dua hari bertugas menjalankan pucuk pimpinan pemerintahan desa, Kepala Desa Mekargalih terpilih yang baru saja dilantik Taryat Bibrata langsung disambut permasalahan.

Permasalahan yang dihadapi Kades yaitu terkait pengelolaan Dana Desa (DD) tahap I anggaran tahun 2018, menyusul masih adanya pembangunan infrastrukur yang belum dapat dilaksanakan.

Pembangunan tersebut antaralain, pembangunan Tembok Penyangga Tanah (TPT) pinggir  jalan desa, mulai dari Kampung Pasir Gede menuju Kampung Pasir Kihiang, Jalan lingkungan dari Cibogo menuju BTN Cibogo, corbrton jalan menuju pemakaman umum dan membangun TPT saluran irigasi.
Berdasarkan informasi dihimpun, keterlambatan pengerjaan di Desa Mekargalih saat itu disebabkan Pjs Kepala Desa, Tatin Supriatin menolak pekerjaan dilaksanakan oleh pihak ketiga.

Alasan penolakan Tatin, karena bila dikerjakan pihak ketiga, menurutnya itu menyalahi aturan perundang undangan yang berlaku. Berdasarkan itu, Tatin akhirnya lebih memilih untuk membekukan terlebih dahulu pembangunan.

Terkait ini Kepala Desa Mekargalih Taryat Bibrata, menjelaskan, baru saja dua hari bertugas menjadi Kepala Desa Mekargalih, sudah dihadapkan beberapa permasalahan, diantatanya masalah penterapan DD tahap 1 anggaran tahun 2018.

Tapi kata dia, semua masalah tersebut dihadapinya dengan rasa tenang, sabar dan tidak terlepas dari musyawarah dengan BPD, LPM, RT/RW dan disaksikan Binmas, Binsa Desa Mekargalih.

"Hasil kesepakatan bersama maka penterapan DD pada pembangunan Infrasetruktur jalan akan dikerjakan langsung Tim Pelaksana Kegiatan Desa (TPKD) yang dibantu lanhsung pihak LPM dan organisasi kemasyarakatan lainnya,"ujar Taryat kepada wartawan, Rabu (23/5).

Selain itu Taryat berharap kepada pihak TPKD, agar semua  pembanguan yang akan dilaksanakan tersebut dikerjakan sesuai bistek.

"Saya mohon bantuan pemantauan pada pihak BPD, Binmas dan Binsa Desa Mekargalij, supaya pembangunan terlaksana dengan tertib, aman dan lancar, "ucap Taryat Bibrata setelah selesai rapat koordinasi di aula desa setempat.

Sementata itu, wakil Ketua BPD Mekargalih, Asep Wawan menambahkan, memang benar adanya bahwa sebumnya mengenai pembangunan agak sedikit masalah, ini menyusul adanya usulan warga yang ingin memborong penterapan DD tahap pertama.

Namun hal tersebut ditolaknya pemerintahan desa yang saat itu dipimpin Pjs Kepala Desa, begitu juga dengan sikap Kepala Desa Mekargalih yang baru dilantik tetap untuk menolak usulan tersebut.

"Karena seluruh dana  bantuan pemerintah yang diturunkan langsung pada Pemerintahan desa, maka pengerjaanya harus dikerjakanbdengan cara sewa kelola pihak desa itu sendiri dengan menggunakan tenaga kearioan lokal,"kata Asep.

Dengan adanya itu tegas Asep, BPD akan terus mengawal seluruh pembangunan yang akan dilaksanakan di Desa Mekargalih.

"Semua itu merupakan suatu kewajiban pihak BPD yang notabe sebagai kepanjangan tangan sutuh masyatakat Desa Mekargalih, ucap Asep Wawan kemarin. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…