Sabtu, 18 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Ngabuburit Naik Delman Rame-Rame Budaya Tahunan

Tradisi Masyarakat Di Cianjur Timur

Apip Samlawi

Kamis, 24 Mei 2018 - 23:07 WIB

Foto: Apip Samlawi/BC
Foto: Apip Samlawi/BC
A A A

Beritacianjur.com - NGABUBURIT merupakan salah satu budaya urang sunda yang lazim dilakukan anak-anak yang sedang belajar berpuasa,  pada sore hari menjelang ditabuhnya bedug magrib atau menunggu tibanya adzan magrib pada bulan suci Ramadhan.

Beragam aktifitas ringan biasa dilakukan mereka, jalan-jalan bermain, canda ria, naik delman rame - rame, mancing, main bedil-bedilan lodong sepirtus dan lainnya.

Seperti halnya anak-anak usia SD, Warga Kecamatan Bojongpicung, Ciranjang dan Warga Kecamatan Haurwangi, setiap sore hari turun ke jalan naik delman rame-rame dengan rute yang telah ditentukan kusir delman dengan jarak kurang lebih 1Km dengan tarip harga Rp. 2000-Rp 3000, - per orangnya.

Dikatakan, salah seorang kusir Delman warga Kampung Cumanggala, Desa Nanggalamekar, Kecamatan Ciranjang, Jamal (47) menjelaskan,  delman yang tiap sore hari mangkal disetiap pertigaan jalan gang pinggir  jalan raya Bojongpicung, Doktor mangku, benong, jalan Cibarengkok, Cibodas, Mekarwagi, sipon, Kecamatan Haurwangi dan di jalan terusan Muhamad Ali, Kampung Sukamanah, Pasir Angin, Bedahan, Cibogo, Kecamatan Ciranjang.

"Bahakan warga Desa Nanggalamekar, sengaja datang untuk mengangkut  anak-anak bermain sambil ngabuburit naik delman,"ujar Jamal kepada wartawan kemarin.

Maksimalnya kata Jamal, delman mengangkut penumpang sampai 10 orang, dengan harga perorangnya hanya Rp. 200-Rp.3000,- dengan jarak 1Km bulak nalik. Dengan adanya budaya ngabuburit naik delman. Hampir semua pemilik delman tiap harinya mampu mengantongi uang Rp. 100- Rp. 150 ribu.

"Alhamdulilah, setiap bulan Ramadhon ketiban rizki yang cukup melimpah, "ucapnya.

Sementara itu, salah seorang warga Kampung Bedahan, Desa Mekargalih, Ciranjang, Nyimas Kokoy menambahkan, memeng benar adanya bahwa disetiap Ramadhan, khusnya tiap sore hari, anak-anak seusia SD turun ke jalan guna ngabuburit naik delman, naik odong odong dan ada pula yang jalan-jalan meyelusuri pinggir jalan raya.

Sain itu, pihaknya mengharapkan anaknya yang tiap sore naik delman benar terjaga keselamatannya, karena penumpangnya melebihi kapasitas dan kadang banyak yang nemplok bergelantungan, Ucap Nyimas Kokoy kemarin. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…