Jumat, 22 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Sepekan Puasa Harga Daging Ayam dan Telur Berangsur Turun

Angga Purwanda

Jumat, 25 Mei 2018 - 00:22 WIB

Sepekan Puasa Harga Daging Ayam dan Telur Berangsur Turun
Sepekan Puasa Harga Daging Ayam dan Telur Berangsur Turun
A A A

Beritacianjur.com - SEPEKAN puasa harga komoditas daging ayam di Pasar Induk Pasirhayam, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku mulai berangsur turun. Sempat tembus di kisaran Rp40 ribu hingga Rp42 ribu per kilogram (Kg), sekarang harga daging ayam turun di kisaran Rp36 ribu per kg.

Kepala UPT Pasar Induk Pasirhayam, Asep Kusmiadi, saat ditemui wartawan, Selasa (24/5/2018), mengatakan, harga daging ayam dalam beberapa hari terakhir sudah berangsur turun. "Harganya, sudah berangsur turun, kini di kisaran Rp35 ribu hingga Rp36 ribu per kilogram," kata Asep.

Asep menyebut penyebab turunnya harga komoditas daging ayam satu di antara kemungkinannya karena dipicu turunnya permintaan. Tapi bisa juga karena pasokan dan persediaan mulai stabil. "Meningkatnya permintaan biasanya terjadi di awal menghadapi puasa dan di akhir menghadapi Lebaran," ujarnya.

Diungkapkan Asep, turunnya harga daging ayam dibarengi juga turunnya harga telur ayam broiler. Sekarang harganya di kisaran Rp25 ribu per kg dari sebelumnya Rp26.500 per kilogram. "Harga telur ayam juga mulai turun walaupun belum bisa dikatakan normal. Biasanya rata-rata harga telur ayam itu di kisaran Rp23 ribu per kg," ujar Asep.

Secara umum, berdasarkan data di Pasar Induk Pasirhayam Cianjur, rata-rata harga memasuki pekan kedua Ramadan berada dalam kondisi normal. Malahan ada kecenderungan turun. Harga beras kualitas medium II masih di kisaran Rp9 ribu per kg, beras kualitas premium Rp10.500 per kg, gula pasir curah lokal di kisaran Rp11.500 per kg, minyak goreng kemasan Rp13 ribu per liter, minyak goreng curah Rp11.500 per liter, serta daging sapi masih bertahan di kisaran Rp110 ribu per kg.

Sedangkan jenis sayuran yang komoditasnya kerap berfluktuasi yakni cabai-cabaian. Saat ini harga cabai merah biasa (TW) di kisaran Rp30 ribu per kg, cabai merah keriting Rp28 ribu per kg, cabai rawit hijau Rp24 ribu per kg, dan cabai rawit merah Rp28 ribu per kg.

"Naiknya harga daging ayam yang sekarang di kisaran Rp36 ribu hingga Rp40 ribu per kilogram sebetulnya lebih dipicu mahalnya harga day old chicken (DOC)," tambah Kabid Perdagangan Dinas KUMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cianjur, Yana Kamaludin, kemarin.

Namun, lanjut Yana, Dinas KUMKM Perindustrian dan Perdagangan tak lantas tak melaksanakan pengawasan di lapangan. Bisa saja ada faktor penyebab lain yang dimungkinkan terjadinya indikasi ulah bandar atau spekulan.

"Apabila terjadi penaikan karena ulah bandar atau spekulan atau pedagang, maka akan kami tindak. Sekarang kan ada Satgas Pangan yang bisa menindaklanjuti secara hukum," tegasnya.

Yana menyebutkan tim gabungan Satgas Pangan akan kembali mengagendakan sidak ke pasar-pasar rakyat. Selain terus memantau harga, pasokan, dan persediaan, juga menelusuri penyebab naiknya harga daging ayam di pasaran. "Tentu kami (pemerintah), juga mengambil langkah-langkah untuk mengantisipasi terjadinya gejolak di lapangan," tandasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Aktualita 07/06/2018 08:00 WIB

Dugaan Penyelewengan Pengelolaan PPJU Makin Menguat

DUGAAN adanya kejanggalan atau penyelewengan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) di Cianjur, semakin menguat. Benarkah?

Cianjur Euy 06/06/2018 20:11 WIB

PJU dan Rambu-rambu di Jalur Alternatif Mudik Ditambah

DINAS Perhubugan (Dishub) Kabupaten Cianjur akan menyiapkan penambahan penerangan jalan umum (PJU) maupun rambu-rambu lalulintas di beberapa ruas jalur altenatif di wilyah itu yang dinilai masih minim…

Cianjur Euy 06/06/2018 20:02 WIB

Tak Laik Jalan, Dishub Kandangkan Angkutan Mudik

SEJUMLAH kendaraan umum untuk kebutuhan angkutan mudik Idul Fitri 1439 Hijriyah di Kabupaten Cianjur, terpaksa dikandangkan sementara karena tak laik jalan. Kendaraan bisa kembali beroperasi apabila perusahaan…

Ragam 06/06/2018 11:14 WIB

Kayuh Sepeda, Bocah Ini Nekat Mudik dari Cianjur ke Majalengka

NEKAT dan luar biasa. Itulah ungkapan yang pas disematkan untuk Ade Rahman, santri pesantren di kawasan Ciketung, Cipanas, Cianjur. Betapa tidak, dengan mengayuh sepeda, santri ini nekat mudik dari Cianjur…