Selasa, 23 Januari 2018 | Cianjur, Indonesia

Mau Tahu Kepribadian Paslon, Tengoklah Visi-Misi nya

Nuki Nugraha

Selasa, 08 September 2015 - 07:30 WIB

ilustrasi/net
ilustrasi/net
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR – Visi misi menjadi salah satu dari sekian banyak syarat mutlak yang harus dipenuhi pasangan calon (paslon) peserta Pilkada Serentak 2015. Bahkan karena saking pentingnya, PKPU memastikan dokumen naskah visi misi paslon ini nantinya akan ditetapkan menjadi bagian dari lembaran negara.

Lalu bagaimana isi visi misi paslon peserta Pilkada Cianjur yang akan dihelat 9 Desember 2015 nanti? Untuk mengetahui lebih jauh terkait isi visi misi yang diajukan paslon, Institue Social Economic and Development (INSIDE) mencoba membedahnya secara khusus.

Menurut Direktur INSIDE Yusep Somantri, hasil analisa yang telah dilakukan pihaknya antara lain mengiformasikan bahwa visi misi yang diajukan cendrung mencerminkan kepribadian masing-masing calon. Dengan kata lain, visi misi yang dibuat umumnya menggambarkan sisi kekuatan kemampuan calon yang lebih mengarah kepada bidang tertentu yang dikuasinya.

Contoh visi paslon dari jalur perseorangan, Deni Sunarya alias Gawel-Zainy Hamzah Poll (GAZPOL), dengan tagline  “Mewujudkan Cianjur yang Kuat Aqidah, Kuat Akhlaq, dan Kuat Amalan”.  Semua itu kemudian di lagi ke dalam slogan yang berbunyi, “Cianjur Kuat Menuju Kebangkitan Ummat”.

“Sebagaian besar orang sudah tahu kalau sosok Deni Sunarya alias Mang Gawel ini merupakan jebolan Pesantern Gentur. Soalnya, melihat sepintas saja tema yang diusung langsung menembak pada arah keagamaan,” ujar Yusep saat acara bedah visi misi yang digelar INSIDE di kantor sekertariatnya di bilangan Jalan Panembong, Senin  (7/9).

Kecenderungan yang tidak jauh berbeda juga tercermin dari visi paslon Irvan Rivano Muchtar-Herman Suherman (BERIMAN) yang mengusung tagline “Cianjur Lebih Maju dan Agamis”. Tagline tersebut persis mencerminkan karakter masing-masing pasangannya. Untuk “Cianjur Lebih Maju” menceriminkan jiwa muda yang cenderung progresif milik Calon Bupati (Cabup) Irvan Rifano Muchtar. Sedangkan “Cianjur Lebih Agamis” lebih melekat kuat kepada sosok Calon Wakil Bupati (Cabup) Herman Suherman.

“Sosok Irvan ini kan masih muda, pada umumnya sosok pemuda itu lebih enerjik dan mampu berinovasi cepat. Sementara untuk sosok Herman sangat pas membawa gaung agamis sebagai penyeimbangnya,” katanya.       

Begitupun dengan visi paslon Suranto-Aldwin Rahardian (SUARA) yang mengusung Tagline ”Pemerintahan yang Baik Menuju Perubahan Cianjur Tahun 2021”. Dengan berbekal kesamaan pengalaman sebagai sesama birokrat, tema visinya langsung mengarah kepada perbaikan sektor pemerintahan.   

“Pa Suranto itu kan profesinya seorang dokter. Kerjaan dokter membantu yang sakit biar menjadi sembuh. Nah bisa digambarkan kalau kondisi pemerintahaan Cianjur saat ini memang sedang sakit, tentunya perlu seseorang yang bisa menyembuhkan penyakit itu supaya roda pemerintahan tidak menjadi pesakitan,” jelasnya.

Terlepas dari gambaran mengenai visi paslon, Yusep berpendapat, pada dasarnya untuk misi calon lebih menitikberatkan kepada bagaimana agar mereka bisa meraih kemenangan pada pilkada nanti.

“Jadi kalau meliat dari misi para calon, semuanya hanya berfikir pada asumsi bagaimana cara mereka supaya menang. Tanpa memikirkan bagaimana nantinya untuk mengimplementasikan misi tersebut. Artinya, sebagaian besar hanya fokus pada penyerapan anggaran saja, sementara poin bagaimana untuk menciptakan sumber dana baru untuk membiayai misi atau program itu tidak dijelaskan sama sekali,” terangnya.

Tidak hanya itu, lanjut Yusep, misi yang dibuat juga beberapa diantaranya bahkan cendrung tidak berdasarkan basis data yang kuat, sehingga output yang dihasilkan terkesan tidak jelas dan mengambang sasarannya.

“Bagusnya, misi atau program para calon itu dibuat berdasarkan akar permaslahan yang terjadi dan memang dirasakan masyarakat dan diperkuat dengan sumber data otentik. Sehingga pada saat mereka terpilih bisa langsung mengimplementasikannya,”tandasnya. (nuk)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Cuaca Buruk, Masyarakat Agar Waspada

MASYARAKAT Kabupaten Cianjur diimbau untuk mewaspadai bencana akibat cuaca buruk yang dalam beberapa pekan terakhir melanda Tatar Santri.

Cianjur Euy 9 jam yang lalu

Disdukcapil Siap Launching Lima Cabang Layanan

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur membuka cabang layanan administrasi kependudukan di lima kecamatan. Tak hanya proses perekaman, pencetakan KTP el pun dapat dilaksanakan…

Cianjur Euy 10 jam yang lalu

Tolak Alihfungsi dan Pembongkaran Bujensa

AKSI penolakan terkait alihfungsi dan pembongkaran eks Gedung SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red) terus disuarakan berbagai kalangan. Bahkan, aktivis di Cianjur akan menggugat Pemerintah Kabupaten (Pemkab)…

Aktualita 23 jam yang lalu

Tega, Ini Jeritan Hati Pegawai RSUD

PENGAKUAN mengejutkan datang dari sejumlah pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur. Sudah dua bulan, insentif para pegawai di rumah sakit plat merah tersebut belum dibayarkan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:37 WIB

Sampah Berserakan di Area Asamul Husna

PEDAGANG yang biasa mangkal di sekitar area Taman Asmaul Husna, Kampung Panaruban, Desa/Kecamatan Haurwangi belum sepenuhnya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:36 WIB

Akhirnya Keluarga Otim Punya Rumah Baru

RAUT wajah Otim (47) tampak berseri seri dipenuhi kebahagian. Bagaimana tidak bahagia, Minggu (21/1) dirinya bisa bertemu langsung dengan Dedi Mulyadi, Calon Wakil Gubernur Jabar.

Cianjur Euy 21/01/2018 22:35 WIB

Kepengurusan Kampung KUBA Dibentuk

PROGRAM Kampung Utama Berakhlakul Karimah (KUBA) mulai dibumikan di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur. Mensukseskan program yang digagas Bupati Cianjur itu, kepengurusan Kampung KUBA mulai dibentuk di…

Bisnis Line 21/01/2018 22:28 WIB

Gurihnya Sensasi Soto Bogor Siliwangi Bikin Nagih

SIAPA yang tak suka dengan gurihnya sajian kuah soto hangat? Selain memiliki cita rasa rempah yang kuat, irisan daging yang dipotong dadu, taburan bawang goreng, kacang kedelai, dan tomat segar terasa…

Cianjur Euy 21/01/2018 21:52 WIB

Kecewa Kebijakan Pemkab, Warga Segel Eks SD Bujensa

SEBUAH spanduk penolakan terbentang di pagar tembok eks SDN Ibu Jenab 1 (Bujensa, red). Spanduk penolakan itu ditempel oleh warga yang menilai Pemkab Cianjur tidak menjalankan komitmen yang dibuat terkait…

Cianjur Euy 21/01/2018 21:50 WIB

Stok Surplus, Pemkab Cianjur Tolak Impor Beras

CAPAIAN produksi padi di Kabupaten Cianjur tahun 2017 mencapai 105 persen. Capaian itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 100,88 persen.