Minggu, 22 April 2018 | Cianjur, Indonesia

Mau Tahu Kepribadian Paslon, Tengoklah Visi-Misi nya

Nuki Nugraha

Selasa, 08 September 2015 - 07:30 WIB

ilustrasi/net
ilustrasi/net
A A A

BERITACIANJUR.COM, CIANJUR – Visi misi menjadi salah satu dari sekian banyak syarat mutlak yang harus dipenuhi pasangan calon (paslon) peserta Pilkada Serentak 2015. Bahkan karena saking pentingnya, PKPU memastikan dokumen naskah visi misi paslon ini nantinya akan ditetapkan menjadi bagian dari lembaran negara.

Lalu bagaimana isi visi misi paslon peserta Pilkada Cianjur yang akan dihelat 9 Desember 2015 nanti? Untuk mengetahui lebih jauh terkait isi visi misi yang diajukan paslon, Institue Social Economic and Development (INSIDE) mencoba membedahnya secara khusus.

Menurut Direktur INSIDE Yusep Somantri, hasil analisa yang telah dilakukan pihaknya antara lain mengiformasikan bahwa visi misi yang diajukan cendrung mencerminkan kepribadian masing-masing calon. Dengan kata lain, visi misi yang dibuat umumnya menggambarkan sisi kekuatan kemampuan calon yang lebih mengarah kepada bidang tertentu yang dikuasinya.

Contoh visi paslon dari jalur perseorangan, Deni Sunarya alias Gawel-Zainy Hamzah Poll (GAZPOL), dengan tagline  “Mewujudkan Cianjur yang Kuat Aqidah, Kuat Akhlaq, dan Kuat Amalan”.  Semua itu kemudian di lagi ke dalam slogan yang berbunyi, “Cianjur Kuat Menuju Kebangkitan Ummat”.

“Sebagaian besar orang sudah tahu kalau sosok Deni Sunarya alias Mang Gawel ini merupakan jebolan Pesantern Gentur. Soalnya, melihat sepintas saja tema yang diusung langsung menembak pada arah keagamaan,” ujar Yusep saat acara bedah visi misi yang digelar INSIDE di kantor sekertariatnya di bilangan Jalan Panembong, Senin  (7/9).

Kecenderungan yang tidak jauh berbeda juga tercermin dari visi paslon Irvan Rivano Muchtar-Herman Suherman (BERIMAN) yang mengusung tagline “Cianjur Lebih Maju dan Agamis”. Tagline tersebut persis mencerminkan karakter masing-masing pasangannya. Untuk “Cianjur Lebih Maju” menceriminkan jiwa muda yang cenderung progresif milik Calon Bupati (Cabup) Irvan Rifano Muchtar. Sedangkan “Cianjur Lebih Agamis” lebih melekat kuat kepada sosok Calon Wakil Bupati (Cabup) Herman Suherman.

“Sosok Irvan ini kan masih muda, pada umumnya sosok pemuda itu lebih enerjik dan mampu berinovasi cepat. Sementara untuk sosok Herman sangat pas membawa gaung agamis sebagai penyeimbangnya,” katanya.       

Begitupun dengan visi paslon Suranto-Aldwin Rahardian (SUARA) yang mengusung Tagline ”Pemerintahan yang Baik Menuju Perubahan Cianjur Tahun 2021”. Dengan berbekal kesamaan pengalaman sebagai sesama birokrat, tema visinya langsung mengarah kepada perbaikan sektor pemerintahan.   

“Pa Suranto itu kan profesinya seorang dokter. Kerjaan dokter membantu yang sakit biar menjadi sembuh. Nah bisa digambarkan kalau kondisi pemerintahaan Cianjur saat ini memang sedang sakit, tentunya perlu seseorang yang bisa menyembuhkan penyakit itu supaya roda pemerintahan tidak menjadi pesakitan,” jelasnya.

Terlepas dari gambaran mengenai visi paslon, Yusep berpendapat, pada dasarnya untuk misi calon lebih menitikberatkan kepada bagaimana agar mereka bisa meraih kemenangan pada pilkada nanti.

“Jadi kalau meliat dari misi para calon, semuanya hanya berfikir pada asumsi bagaimana cara mereka supaya menang. Tanpa memikirkan bagaimana nantinya untuk mengimplementasikan misi tersebut. Artinya, sebagaian besar hanya fokus pada penyerapan anggaran saja, sementara poin bagaimana untuk menciptakan sumber dana baru untuk membiayai misi atau program itu tidak dijelaskan sama sekali,” terangnya.

Tidak hanya itu, lanjut Yusep, misi yang dibuat juga beberapa diantaranya bahkan cendrung tidak berdasarkan basis data yang kuat, sehingga output yang dihasilkan terkesan tidak jelas dan mengambang sasarannya.

“Bagusnya, misi atau program para calon itu dibuat berdasarkan akar permaslahan yang terjadi dan memang dirasakan masyarakat dan diperkuat dengan sumber data otentik. Sehingga pada saat mereka terpilih bisa langsung mengimplementasikannya,”tandasnya. (nuk)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 2 jam yang lalu

Mutia, Gadis Cilik Asal Cidaun Berprestasi di Seni Membaca Dongeng Sunda

TINGGAL dan mengenyam pendidikan di wilayah yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, tak menjadikan halangan bagi Mutia Karin, siswa kelas IV SD Negeri Puncak Lawang, Kecamatan Cidaun untuk berkarya dan…

Cianjur Euy 3 jam yang lalu

Dishub Cianjur Akan Rubah Sistem Tarif Angkum

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur berencana merubah sistem tarif angkutan umum (Angkum). Kebijakan rencana itu untuk menyesuaikan kondisi angkum pasca perubahan trayek beberapa waktu lalu.

Cianjur Euy 3 jam yang lalu

Positif Amfetamin, Dua Remaja Perempuan Diamankan

DUA orang pengunjung tempat hiburan di Cianjur diamankan petugas gabungan dalam razia cipta kondisi (Cipkon) yang digelar Sabtu (21/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018) dini hari.

Cianjur Euy 20/04/2018 21:59 WIB

Dua Polwan Polres Cianjur Ikuti Kartini Run 2018

DUA Polisi Wanita (Polwan) Polres Cianjur akan memeriahkan lomba lari bertajuk Kartini Run 2018 yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Aktualita 20/04/2018 08:00 WIB

DPRD Jadi Anak Buah Bupati?

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi dan Sekretaris Dewan, Cahyo Supriyo terkait mekanisme penghapusan pendapat atau pandangan akhir fraksi, kembali terbongkar.

Aktualita 20/04/2018 07:55 WIB

4 Kader ‘Selingkuhi’ Partai, Ketuanya Malah Acuh

KASUS ‘perselingkuhan’ anggota DPRD Kabupaten Cianjur menyeruak ke ruang publik. Secara terbuka dan terang-terangan, para wakil rakyat ini begitu berani mempertontonkan permainan hati dengan pujaannya,…

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Hari Kartini, Polwan Polres Cianjur Gelar Pengobatan dan Makan Gratis

LIMA ratusan orang dari sejumlah wilayah di Cianjur mengikuti pengobatan gratis di lingkungan Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku, Kamis (19/4/2018) pagi.

Cianjur Euy 19/04/2018 21:53 WIB

Pengendara Opang Desak Hapus Angkutan Berbasis Online

RIBUAN pengendara ojek pangkalan (Opang) dan angkutan umum (Angkum) di Cianjur menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Kamis (19/4/2018).

Cianjur Euy 19/04/2018 21:52 WIB

Prediksi Harga Beras Jelang Ramadan tak Melonjak

SEJUMLAH pedagang komoditas beras di Pasar Induk Pasirhayam, Sirnagalih, Cilaku memprediksi untuk harga beras tidak akan mengalami lonjakan menjelang Ramadan 1438 Hijriah mendatang.

Aktualita 19/04/2018 08:00 WIB

Kebohongan Ketua DPRD Terungkap

KEBOHONGAN Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi terkait mekanisme penghapusan pendapat akhir fraksi semakin menguat. Benarkah?