Senin, 18 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Ini Masalah dan Curhatan Masyarakat Cianjur yang Harus Segera Diatasi

Ridwan Kamil: Bangun Taman dan Tugu Harus Pakai Kajian dan Filosofi

Nuki Nugraha

Rabu, 30 Mei 2018 - 10:09 WIB

Tugu Mangkok Bubur di Pacet Disoal!
Tugu Mangkok Bubur di Pacet Disoal!
A A A

KEBERHASILAN Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil (RK) melakukan penataan kota Bandung banyak dinilai positif banyak pihak.

Berkat sentuhan ide kreatif pria yang akrab disapa Kang Emil ini, wajah kota Bandung kini banyak mengalami perubahan. Tak hanya jantung kota yang ditata, tapi sejumlah sudut kota pun dipermak Kang Emil sedemikan rupa, sehingga tampak jauh lebih menarik.

Ruang terbuka hijau diperbanyak, beragam taman pun dibangun, lengkap dengan penamaan yang unik sehingga menarik perhatian. Seperti taman Jomblo dan lainnya. 

Tak berhenti disitu, memanfaatkan lahan di persimpangan jalan, lagi-lagi Kang Emil menunjukkan kejelian dan kepiawainnya dalam seni arsitektur. Sebuah ornamen tugu yang indah, kental dengan nilai-nilai seni dibangun di atas lahan tersebut. 

Alhasil, kini banyak didapati bangunan tugu baru di kota Bandung. Dimana keindahan dan keunikan bangunan tugu tersebut seakan merepresentasikan bahwa Bandung memang Kota Seni. 

Apa yang ditanam Kang Emil kini bisa dirasakan masyarakat kota Bandung. Berkat ide kreatif yang dituangkannya melalui pembangunan tersebut, kunjungan turis ke Kota Bandung pun semakin terus meningkat, sehingga mampu mendorong pundi-pundi ekonomi warga Bandung.

Usut punya usut, keberhasilan Kang Emil menata kota Bandung hingga tampak terlihat seperti sekarang ini, ternyata setiap pembangunan taman maupun tugu tersebut berlandaskan kajian dan filosofi. 

Hal itu disampaikan Ridwan Kamil kepada Berita Cianjur, saat ditemui disela acara kampanye pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, di Gedung Juang Cianjur, belum lama ini.

"Semua pembangunan taman, tugu dan lainnya yang sudah dilaksanakan tidak asal-asalan. Selain berlandaskan kajian, juga ada filosofinya. Makanya kunjungan turisnya bisa bertambah sampai 1 juta juga," kata Kang Emil.

Saat dimintai penilaiannya soal tata kota Cianjur sekarang ini, Kang Emil mengatakan, pada intinya tidak jauh berbeda, intinya kota itu harus nyaman dan terlihat teduh. "Sama saja, kalau kota mah harus teduh, pedistriannya harus lebar, taman-taman juga harus banyak supaya rekreasi bisa murah," jawabnya.

Pada kesempatan itu, Kang Emil mengungkapkan rencananya jika nanti terpilih menjadi Gubernur Jawa Barat, dirinya akan membangun sebuah Kreatif Center di Kabupaten Cianjur.

"Pada dasarnya pemuda di Jawa Barat karakternya sama, didukung alam yang indah ini mereka sangat kreatif. Tapi percuma kalaupun punya daya imajinasi kreatif tak ada fasilitasnya. Maka tugas negara, khususnya nanti provinsi saya akan membangunkan kreatif centre di Cianjur," kata Kang Emil.

Dijelaskan Emil, kreatif center yang dimaksudnya yaitu tempat pemuda berkarya apapun itu bidangnya, baik musik, kerajinan, desain dan segala rupa. “Supaya pemuda ini sibuk, karena pemuda yang sibuk jauh lebih baik dibanding pemuda yang bengong. Tentu sibuknya yang positif, keagamaan atau kreatifitas," imbuhnya. 

Emil mengaku sangat prihatin dengan adanya korban 40-an pemuda yang meninggal gara-gara menenggak minuman oplosan. "Saya kira itu contoh, tidak ada yang membimbing dan mengajak ke arah positif akhirnya seperi itu. Untuk itu Cianjur salah satu gagasannya akan kita hadiahi namanya kreatif center," ucapnya.

Kang Emil mengaku mengenal Cianjur. Menurutnya, Kota Tatar Santri ini tak jauh berbeda seperti 27 kota/kabupaten lainnya di Jawa Barat. Sekarang ini, kata Emil, dirinya banyak menerima curhatan dari masyarakat Cianjur, seperti di wilayah Selatan itu soal masalah tanah, penambangan pasir besi dan sebagainya.

Sedangkan di daerah Utara, sambungnya, sejak ada tol Cipularang persentase yang lewat ke Cianjur semakin menurun, dampaknya terhadap ekonomi kuliner yang menurun. "Kaitan itu nanti akan kita bantu promosikan dengan pariwisata," ucapnya.

“Begitu juga dengan curhatan soal kiayinya, akan kita sondingkan dengan Peraturan Daerah (Perda) pesantren. Termasuk curhatan pengrajin seperti di Gentur nanti akan kita bantu promosikan produk-produknya. Intinya cara saya mengenal Canjur yaitu dengan mendengar curhatan masyaraknya," pungkasnya.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Aktualita 08/06/2018 07:00 WIB

Usut Tuntas Pengelolaan PPJ

MENGUATNYA dugaan penyimpangan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) di Cianjur, membuat sejumlah aktivis untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian. Benarkah?

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…