Jumat, 17 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Hadapi Bhayangkara, Persib Usung Misi Sodok Papan Atas

Ini Tanggapan Manajemen Persib dan Bali United soal Ancaman Gomez Hengkang

Net/BBS

Rabu, 30 Mei 2018 - 10:13 WIB

foto:net
foto:net
A A A

Beritacianjur.com - MISI menembus papan atas klasemen sementara Liga 1 2018, akan diusung Skuad Maung Bandung kala menjamu Bhayangkara FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), besok malam (31/5/2018).

Ya, pada laga tandang kontra Bali United Minggu (27/5/2018) lalu, Supardi Nasir saparakanca gagal meraih kemenangan dan harus puas dengan skor imbang. Padahal saat itu Persib sempat kelebihan jumlah pemain dan gagal dalam mengeksekusi hadiah penalti.

Alhasil, tim asuhan Roberto Carlos Mario Gomez gagal menyodok ke papan atas dan masih tertahan posisi ke-7 di sementara Liga 1 2018.

Meski begitu, berdasarkan catatan laga, hasil kemarin masih terbilang positif. Pasalnya, Persib masih tetap menjadi salah satu tim yang paling sedikit menelan kekalahan di Liga 1 2018 sejauh ini.

Hingga saat ini, Persib baru dua kali kalah saat bertandang ke markas Sriwijaya FC dan Madura United. Uniknya Persib mencatat jumlah kekalahan paling sedikit itu bersama dua tim asal Perserikatan lain, Persela Lamongan dan Persebaya Surabaya.

Bagi Persela, catatan itu membuat mereka kini bercokol di peringkat ke-2 klasemen sementara. Namun mereka sudah melakoni 11 laga atau dua laga lebih banyak dari Persib yang baru 9 kali bertanding.

Besok, memasuki pekan ke-12, Persib akan menjadi tim yang lebih dulu berlaga menjamu Bhayangara FC. Tentunya laga kandang tersebut menjadi peluang besar bagi Maung Bandung untuk ke papan atas klasemen sementara.

Dengan 15 poin yang sudah dikantongi, Persib akan mengoleksi total 18 poin jika mampu memenangi duel kontra Bhayangkara FC. Artinya, raihan poin Persib akan menyamai Persipura yang mengantongi 18 poin dari 11 laga. Meski sama, jumlah laga Persib masih lebih sedikit ketimbang Persipura.

Menyikapi peluang tersebut, Gomez pun akan terus menggenjot program latihan ke arah penguasaan bola dan penyelesaian akhir. Seperti diketahui dalam laga kontra Bali United, Persib memang banyak memiliki peluang untuk mencetak gol. Namun penyelesaian akhir yang kurang sempurna membuat tak satu gol pun tercipta di laga tersebut.

"Kita lihat pertandingan lawan Bali United, banyak sekali mendapatkan peluang, tapi belum berhasil menjadi gol. Pertandingan selanjutnya ini tidak boleh terjadi. Apalagi kita akan bermain di kandang," ujar Gomez seperti dilansir laman resmi Persib.

Meski fokus mengejar kemenangan, Gomez tetap tak melupakan sektor pertahanan. Apalagi saat ini trennya sedang bagus, karena dalam tiga laga terakhir berturut-turut, Maung Bandung tak pernah kebobolan (clean Sheet).

Sementara itu, di luar laga, kubu Persib tengah dirundung kabar terkait Gomez yang sempat menebar ancaman untuk angkat kaki dari Kota Kembang. Bukan tanpa sebab, ancaman itu dilontarkan Gomez karena menginginkan beberapa permintaan.

Salah satunya menyoal fasilitas latihan milik tim kebanggaan Bobotoh. Gomez menilai, sarana latihan yang dimiliki Persib masih belum memadai.

Mengetahui hal tersebut, jajaran manajemen Maung Bandung pun ambil sikap. Manajer Persib, Umuh Muchtar menegaskan, Persib memang berencana membangun fasilitas latihan. Bahkan, upaya tersebut bukan hanya untuk memenuhi keinginan Gomez semata. Lebih dari itu demi membangun masa depan Persib Bandung agar lebih baik nantinya.

"Jadi mereka (pemain dan pelatih) minta tempat latihan khusus, kalau bisa punya lapangan khusus. Punya lapang sendiri," kata Umuh.

Umuh mengaku masih terus mengupayakan agar Persib memiliki lapangan latihan sendiri. Salah satunya dengan meminta kadispora Jawa Barat agar Stadion Arcamanik bisa terus digunakan Maung Bandung.

"Saya sudah telepon ke Kadispora untuk Arcamanik, sangat membantu. Karena Kadispora Pak Yuda itu sangat-sangat Persib-lah. Insya Allah karena lapang bola yang ada di Kota Bandung khususnya semua juga pake APBD dan itu pake uang rakyat," ucapnya.

Umuh memahami keinginan Gomez, karena fasilitas yang memadai sangat dibutuhkan oleh tim agar program latihan yang disiapkan oleh pelatih bisa berjalan dengan maksimal.

Gomez memiliki rencana meninggalkan Persib, jika tim berjulukan Maung Bandung ini masih kesulitan berlatih di lapangan berkualitas di Bandung. "Jadi intinya, dia minta fasilitas di Bandung untuk latihan. Kami sudah bicara panjang lebar sama Mario Gomez dan Fernando Soler. Jadi yang kesulitan tolonglah diperbaiki, untuk fasilitas," tuturnya. 

Seperti diketahui, selama ini Persib memang sering berpindah-pindah tempat latihan. Selain latihan di Stadion Arcamanik, Persib juga melakoni agenda serupa di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), dan beberapa tempat lainnya.

Umuh berharap, pemerintah daerah bisa memiliki prioritas agar Persib dapat menggunakan fasilitas lapangan yang ada. Apalagi, skuat Maung Bandung merupakan tim kebanggaan masyarakat dan bukan hanya Kota Bandung saja.

"Kalau latihan sulit, hari ini bisa, besok enggak bisa. Ini makanya saya minta ke pemimpin daerah juga membangun lapangan yang diprioritaskan untuk Persib, karena lapangan sudah jelas dibangun dengan uang rakyat," ucapnya.

"Kalau Persib difasilitasi oleh para pejabat, itu mungkin saya rasa wajar dan pantas. Dulu juga GBLA dibangun oleh orang lama yang mencintai Persib seperti Pak Dada (Rosada). Pak Dada kan bilang Persib itu ikon Bandung dan umumnya Jawa Barat," sambung dia 

Manajemen Persib memiliki rencana untuk membangun fasilitan latihan bagi Persib di wilayah Gedebage, Kota Bandung, hanya itu tidak bisa terealisasi dalam waktu dekat. "Wacana saja, itu masih lama dan tak bisa seperti sulap dibangun dua sampai tiga tahun. Ada rencana karena sudah ada tanah, itu aset PT sudah punya," katanya.

Terpisah, menanggapi pernyataan Gomez yang menyebut Bali United ingin menggunakan jasanya, Presiden Bali United, Pieter Tanuri langsung membantahnya. Menurutnya, timnya tidak pernah mengubungi Mario Gomez  perihal kemungkinan perpindahan klub.

"Memang ada rekamannya (Gomez mau ke Bali United). Namun, kami tidak berkomunikasi dengan dia. Tidak benar itu pelatih," kata Pieter.

Sebelumnya, Gomez mengaku siap menerima tawaran dari Bali United dalam waktu dekat. Pelatih asal Argentina tersebut menempuh langkah itu lantaran tuntutan kepada manajemen perihal fasilitas tim tidak bisa direalisasikan oleh Persib.

Menurur Pieter, Gomez sengaja menyebut Bali United karena ingin tinggal di Pulau Dewata yang terkenal akan keindahannya. Namun, hal ini dibantah Pieter Tanuri. Tidak hanya itu, Pieter juga menegaskan bahwa Bali United tidak akan merekrut Gomez, sekalipun mantan pelatih Johor Darul Takzim tersebut sudah tak terikat kontrak dengan Persib.

"Siapa sih yang tidak mau menetap d Bali? Sebagai klub profesional, tidak etis membajak pelatih lain. Kami juga tidak akan ambil Gomez. Dia bisa melakukan ini dengan Persib sekarang, besok kami bisa saja jadi korbannya" tuturnya.

Pieter sangat menyayangkan sikap Gomez yang sangat tidak profesional. Menurut dia, tidak seharusnya permasalahan internal klub dikaitkan dengan klub lain. "Dia etikanya enggak benar. Dia tidak bijaksana karena urusan internal di bawa ke luar," kata Pieter.

Pernyataan Gomez ini sempat memicu reaksi dari manajer Persib, Umuh Muchtar. Bahkan, Bali United pun menjadi sasaran kemarahan Umuh.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…