Selasa, 14 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Apa Kabar Dugaan Korupsi di Cianjur?

Penanganan Empat Kasus Pemkab oleh Polres Cianjur, Irda Akan Ekspos ke Penyidik

Nuki Nugraha

Kamis, 31 Mei 2018 - 08:57 WIB

Foto:net/ilustrasi
Foto:net/ilustrasi
A A A

Beritacianjur.com - SEJUMLAH kasus di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur yang tengah diusut aparat Kepolisian Resort (Polres) Cianjur hingga kini baru sepenggal kisah.

Kendati sejumlah pejabat Pemkab Cianjur terkait dalam kasus yang tengah diusut tersebut sudah dipanggil dan dimintai keterangan para penyidik, namun hingga saat ini belum ada satu pun yang mengarah pada penetapan sebagai tersangka.

Perlu diketahui, semasa Satuan Reskrim (Sat Reskrim) Polres Cianjur di bawah kepemimpinan AKP Benny Cahyadi, beberapa kasus di lingkungan Pemkab Cianjur sempat ditangani jajaran penyidik.

Kasus yang kini masih menjadi pekerjaan rumah penyidik Polres Cianjur itu antara lain, dugaan korupsi RSUD Cianjur, dugaan korupsi Megaproyek Campaka, dugaan korupsi pengadaan Kelapa Gading di Dinas Pertanian, serta dugaan korupsi buku raport di Dinas Pendidikan.

Satu dari empat kasus dugaan korupsi yang sudah dimohon untuk dilakukan penghitungan ada tidaknya kerugian negara oleh penyidik Polres pada Inspektorat Daerah (Irda), yaitu kasus dugaan korupsi raport di Dinas Pendidikan Cianjur.

Menyoroti itu, aktivis Perhimpunan Pergerakan Masyarakat Cianjur (PPMC), Ari Muhammad mengatakan, kasus di lingkungan Pemkab Cianjur yang kini sedang ditangani Polres Cianjur harus diusut sampai tuntas, jelas dan transparan.

Artinya, jika dalam kasus yang tengah ditangani itu memang tidak memenuhi unsur merugikan negara dengan kata lain tidak terbukti adanya penyimpangan yang mengarah ke sana, maka penyidik segera mengeksposnya ke publik.

"Bukan kenapa-kenapa, ini perlu dilakukan supaya masyarakat juga tahu sejauhmana tindak lanjut penanganan kasus oleh penyidik Polres. Jangan sampai nantinya malah membalik jadi preseden buruk buat Polres," ujar Ari kepada wartawan, Rabu (30/5/2018).

Ari menegaskan, pihaknya sangat mengapresiasi terhadap sikap kritis penyidik Reskrim Polres Cianjur di bawah kepemimpinan AKP Benny Cahyadi, yang merespon cepat menangani sejumlah kasus yang terjadi di lingkungan Pemkab Cianjur.

"Mudah-mudahan langkah positif Polres ini bisa terus dilanjutkan, sampai penaganan kasusnya diusut hingga tuntas," kata Ari.

Ari menilai dari sederet kasus yang ditangani pihak Polres, untuk kasus Megaproyek Campaka merupakan kasus paling seksi. Selain memang terus disorot public Cianjur, indikasi dugaan korupsinya pun mencapai puluhan miliar.

"Khusus Megaproyek Campaka itu paling ditunggu-tunggu. Soalnya ini kaitan langsung dengan pucuk pimpinan yang menjalankan roda pemerintahan sekarang ini," terangnya.

Sementara itu, mengetahui kepastian kapan tahapan penghitungan ada tidaknya kerugian negara oleh Irda, wartawan mencoba mengonfirmasi Sekertaris Irda, Asep Suhara. 

Orang nomor dua di lingkungan Irda itu mengungkapkan, rencananya pihak Irda baru akan menemui Polres dalam waktu dekat ini. Asep menjelaskan, kenapa jajaran Irda baru bisa melaksanakan? Dikarenakan proses pemeriksaan reguler baru selesai pada 28 Mei lalu.

"Tindak lanjut surat Polres, kalau tidak akhir bulan ini nanti pada awal bulan juni. Yah antara tanggal 31 sampai 6 Juni 2018 lah," kata Asep.

Menurutnya, dalam kasus yang ditangani Polres sama sekali belum ada tersangkanya. Penghitungan kerugian negara itu, sambung dia, teorinya calon tersangkanya sudah ada atau kelihatan.

"Proses penghitungan negara itu tidak begitu lama, 3 sampai 4 hari juga bisa selesai, syaratnya bukan soal bangunan. Kalau bangunan dan jalan itu memang cukup makan waktu lama, soalnya harus turun langsung cek ke lapangan dan lainnya," terangnya.

Saat ditanya bagaimana dengan kasus Dinas Pendidikan sebagaimana permintaan Polres? "Kalau kasus raport itu mah sudah kelihatan dan jauh lebih mudah, soalnya bukan fisik. Jadi tinggal kita lihat mana yang ada mark up-nya juga proses lelangnya," pungkasnya.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Cianjur Euy 12/08/2018 22:31 WIB

Polres Cianjur Siap Amankan Kirab Obor Asian GamesXVIII

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat akan bekerja maksimal (all out) dalam pelaksanaan pengamanan perjalanan kirab obor api Asian GamesXVIII yang akan melintas dan diinapkan di Pendopo Kabupaten…

Cianjur Euy 08/08/2018 08:00 WIB

Petani Penggarap di Cianjur Tagih Janji Presiden

Tim Nawacita Presiden, Ruri Jumar Saef mewakili Ketua Tim Joko Daryanto, yang juga adik Jokowi blusukan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (7/8/2018).

Cianjur Euy 06/08/2018 21:11 WIB

Dua Rumah Ludes Terbakar

Dua unit rumah di Gang Mujahidin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ludes terbakar, Senin (6/8/2018) pagi.

Cianjur Euy 06/08/2018 06:55 WIB

Rekanan Proyek Irigasi Untung Banyak

Pelaksanaan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI Cihea kembali mendapat sorotan tajam pemerhati pembangunan.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:57 WIB

Untuk Memberikan Pemahaman Tentang Islam Kaafah

KABUPATEN Cianjur akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional para dai Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI). Sediannya jambore tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun Parmusi 26 September…

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…