Senin, 18 Juni 2018 | Cianjur, Indonesia

Apa Kabar Dugaan Korupsi di Cianjur?

Penanganan Empat Kasus Pemkab oleh Polres Cianjur, Irda Akan Ekspos ke Penyidik

Nuki Nugraha

Kamis, 31 Mei 2018 - 08:57 WIB

Foto:net/ilustrasi
Foto:net/ilustrasi
A A A

Beritacianjur.com - SEJUMLAH kasus di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur yang tengah diusut aparat Kepolisian Resort (Polres) Cianjur hingga kini baru sepenggal kisah.

Kendati sejumlah pejabat Pemkab Cianjur terkait dalam kasus yang tengah diusut tersebut sudah dipanggil dan dimintai keterangan para penyidik, namun hingga saat ini belum ada satu pun yang mengarah pada penetapan sebagai tersangka.

Perlu diketahui, semasa Satuan Reskrim (Sat Reskrim) Polres Cianjur di bawah kepemimpinan AKP Benny Cahyadi, beberapa kasus di lingkungan Pemkab Cianjur sempat ditangani jajaran penyidik.

Kasus yang kini masih menjadi pekerjaan rumah penyidik Polres Cianjur itu antara lain, dugaan korupsi RSUD Cianjur, dugaan korupsi Megaproyek Campaka, dugaan korupsi pengadaan Kelapa Gading di Dinas Pertanian, serta dugaan korupsi buku raport di Dinas Pendidikan.

Satu dari empat kasus dugaan korupsi yang sudah dimohon untuk dilakukan penghitungan ada tidaknya kerugian negara oleh penyidik Polres pada Inspektorat Daerah (Irda), yaitu kasus dugaan korupsi raport di Dinas Pendidikan Cianjur.

Menyoroti itu, aktivis Perhimpunan Pergerakan Masyarakat Cianjur (PPMC), Ari Muhammad mengatakan, kasus di lingkungan Pemkab Cianjur yang kini sedang ditangani Polres Cianjur harus diusut sampai tuntas, jelas dan transparan.

Artinya, jika dalam kasus yang tengah ditangani itu memang tidak memenuhi unsur merugikan negara dengan kata lain tidak terbukti adanya penyimpangan yang mengarah ke sana, maka penyidik segera mengeksposnya ke publik.

"Bukan kenapa-kenapa, ini perlu dilakukan supaya masyarakat juga tahu sejauhmana tindak lanjut penanganan kasus oleh penyidik Polres. Jangan sampai nantinya malah membalik jadi preseden buruk buat Polres," ujar Ari kepada wartawan, Rabu (30/5/2018).

Ari menegaskan, pihaknya sangat mengapresiasi terhadap sikap kritis penyidik Reskrim Polres Cianjur di bawah kepemimpinan AKP Benny Cahyadi, yang merespon cepat menangani sejumlah kasus yang terjadi di lingkungan Pemkab Cianjur.

"Mudah-mudahan langkah positif Polres ini bisa terus dilanjutkan, sampai penaganan kasusnya diusut hingga tuntas," kata Ari.

Ari menilai dari sederet kasus yang ditangani pihak Polres, untuk kasus Megaproyek Campaka merupakan kasus paling seksi. Selain memang terus disorot public Cianjur, indikasi dugaan korupsinya pun mencapai puluhan miliar.

"Khusus Megaproyek Campaka itu paling ditunggu-tunggu. Soalnya ini kaitan langsung dengan pucuk pimpinan yang menjalankan roda pemerintahan sekarang ini," terangnya.

Sementara itu, mengetahui kepastian kapan tahapan penghitungan ada tidaknya kerugian negara oleh Irda, wartawan mencoba mengonfirmasi Sekertaris Irda, Asep Suhara. 

Orang nomor dua di lingkungan Irda itu mengungkapkan, rencananya pihak Irda baru akan menemui Polres dalam waktu dekat ini. Asep menjelaskan, kenapa jajaran Irda baru bisa melaksanakan? Dikarenakan proses pemeriksaan reguler baru selesai pada 28 Mei lalu.

"Tindak lanjut surat Polres, kalau tidak akhir bulan ini nanti pada awal bulan juni. Yah antara tanggal 31 sampai 6 Juni 2018 lah," kata Asep.

Menurutnya, dalam kasus yang ditangani Polres sama sekali belum ada tersangkanya. Penghitungan kerugian negara itu, sambung dia, teorinya calon tersangkanya sudah ada atau kelihatan.

"Proses penghitungan negara itu tidak begitu lama, 3 sampai 4 hari juga bisa selesai, syaratnya bukan soal bangunan. Kalau bangunan dan jalan itu memang cukup makan waktu lama, soalnya harus turun langsung cek ke lapangan dan lainnya," terangnya.

Saat ditanya bagaimana dengan kasus Dinas Pendidikan sebagaimana permintaan Polres? "Kalau kasus raport itu mah sudah kelihatan dan jauh lebih mudah, soalnya bukan fisik. Jadi tinggal kita lihat mana yang ada mark up-nya juga proses lelangnya," pungkasnya.(*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Ragam 11/06/2018 22:35 WIB

Charfest 2018 Sukses Ajak Donasi Warga Cianjur

Charity Festival (Charfest) 2018 digelar di 4 lokasi berbeda di Cianjur. Circle Of Donate (COD), Rengginang Eyang dan BW Squad menjadi pempelopor kegiatan sosial ini. Charfest berhasil mengumpulkan donasi…

Ragam 11/06/2018 22:23 WIB

Perbaiki Masjid, CTC Gulirkan Bantuan Guna Tingkatkan Kepedulian Sosial.

Cianjur Tiger Club (CTC) menggelar bakti sosial dalam momentum Ramadan. Meskipun sudah jadi agenda rutin, tapi kini bantuan sosial diberikan pada sejumlah masjid untuk pembangunan dan perbaikan bangunan.

Bisnis Line 11/06/2018 22:20 WIB

Telkomsel Dorong Percepatan Adopsi Layanan Broadband 4G LTE

Memanfaatkan momen Ramadhan tahun 2018 Telkomsel kembali menghadirkan program Ramadhan Fair yaitu bazaar smartphone dengan beragam promo dan layanan menarik seperti smartphone bundling dan paket data…

Cianjur Euy 11/06/2018 22:12 WIB

Eka Sastra Berikan 5000 Bingkisan Ramadhan kepada Baraya

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Eka Sastra menggelar buka bersama dan silaturahmi dengan konstituennya yang disebut Baraya di Aula Gedung DKC, Sabtu (9/6) petang. Mempererat tali silaturahmi…

Cianjur Euy 08/06/2018 06:05 WIB

Hari Ini Jadi Puncak Arus Mudik

DIKARENAKAN hari ini (8/6/2018) merupakan hari terakhir pegawai bekerja dan Senin (11/6/2018) sudah mulai memasuki cuti bersama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi hari ini dan Sabtu (9/6/2018)…

Si Maung 08/06/2018 03:08 WIB

Tiga Pemain Persib yang Makin Disorot

SETELAH menutup libur Idul Fitri dengan kemenangan telak 3-0 atas PSMS Medan pada Selasa (5/6/2018) lalu, ada tiga pemain Persib yang kian mendapat simpati dari bobotoh, bahkan menyedot perhatian publik…

Bisnis Line 07/06/2018 21:17 WIB

Tingkatkan Kepedulian Sosial, BNI Cianjur Gelar Santunan ke Yatim dan Jompo

BULAN Ramadhan menjadi momentum bagi ummat muslim untuk berlomba dalam berbuat kebaikan. Salah satunya dengan bakti sosial. Seperti yang dilakukan Bank BNI Cianjur, pada Kamis, (7/6/2018) menggelar santunan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:28 WIB

Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Diprediksi Terjadi Pada H-2 Lebaran

HARGA berbagai komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Cianjur, diperkirakan bakal tak terkendali pada H-2 hingga H-1 Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pasalnya, pada saat itu volume pasokan makin menyusut dan…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pelaksanaan Arus Mudik, Puskesmas Agar Siaga 24 jam

MENGHADAPI pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 Hijriah seluruh Pusat Kesehatan Masyarakaat (Puskesmas) diinstruksikan untuk buka dan memberikan pelayanan 24 jam. Hal itu disampaikan Kepala…

Cianjur Euy 07/06/2018 20:27 WIB

Pipa Bocor Pasokan Air Bersih Ke Sejumlah Wilayah Tersendat

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Cianjur mengklaim tersendatnya pasokan air bersih kepada pelanggan dalam beberapa hari terakhir disebabkan kerusakan pipa.