Jumat, 17 Agustus 2018 | Cianjur, Indonesia

Polres Cianjur Gagalkan Peredaran 125 Kilogram Ganja

Tiga Pelaku Berhasil Diciduk, Pengungkapan Berawal Dari Informasi Masyarakat

Angga Purwanda

Minggu, 03 Juni 2018 - 22:35 WIB

Polres Cianjur Gagalkan Peredaran 125 Kilogram Ganja
Polres Cianjur Gagalkan Peredaran 125 Kilogram Ganja
A A A

Beritacianjur.com - KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur mengamankan tiga orang pelaku pengedar dan berhasil menggagalkan upaya peredaran daun ganja kering seberat lebih kurang 125 kilogram di Kampung Cijedil RT 03/01, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Sabtu (2/6/2018) sekitar pukul 19.00 WIB.

Berdasarkan informasi, pengungkapan kasus bermula dari informasi masyarakat adanya dua bungkusan karung yang dititipkan di sebuah warung di wilayah hukum Polsek Cugenang. Kemudian informasi itu ditindaklanjuti bhabinkamtibmas desa setempat dengan memeriksa dua bungkusan karung tersebut.

Hasilnya ternyata di dalam karung diduga terdapat paket ganja, karena terdapat sejumlah barang yang dilakban warna cokelat. Bungkusan karung itu kemudian diambil tersangka dari warung menggunakan mobil pikap Mitsubishi T 120 SS bernomor polisi F 8663 WZ. Bhabinkamtibmas Polsek Cugenang kemudian berkoordinasi dengan tim patroli untuk mencegat kendaraan yang ditumpangi tersangka.

Tim patroli berhasil mengamankan mobil tersebut di jalan. Dari penggeledahan ditemukan barang bukti berupa 1 kilogram daun ganja kering di jok sopir serta dua karung berisi ganja kering dan satu kardus kopi berisi ganja kering yang disimpan di bak mobil tertutup terpal warna hitam.

"Setelah mendapatkan informasi dari masyarakat yang merupakan pemilik warung, bhabinkamtibmas kami (Bripka Agus Sulaeman) tak tinggal diam. Anggota kami mencari informasi lanjutan, termasuk berkoordinasi dengan tim patroli," kata Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah, SIK, MH kepada wartawan di Mapolsek Cugenang, Sabtu (2/6/2018) malam.

Selain mengamankan barang bukti, kata Soliyah, anggotanya juga mengamankan tiga orang yang berada di dalam mobil. Mereka adalah AMY (20) warga Kecamatn Pacet, Y (38) warga Kecamatan Cianjur sebagai kurir, dan JAS (29) warga Kecamatan Cugenang.

"Saat ini ketiga pelaku masih menjalani pemeriksaan guna pengembangan. Kami akan terus mendalami dari mana pelaku mendapatkan barang haram tersebut. Harapan kami Cianjur bersih dari peredaran narkoba terlebih saat puasa dan lebaran nanti," katanya.

Soliyah megungkapkan, hasil pembongkaran, di satu karung polisi menemukan daun ganja kering sebanyak 63 paket berlakban warna cokelat. Sedangkan bungkusan karung lainnya terdapat ganja kering lainnya sebanyak 62 paket yang juga berlakban warna cokelat.

"Terdapat 125 paket. Perkiraan satu paket beratnya masing-masing 1 kilogram. Untuk memastikan beratnya nanti akan kami timbang lagi," tutur Soliyah.

Soliyah belum bisa memastikan pendistribusi ganja kering tersebut. Dalihnya, hingga saat ini polisi masih mengembangkan kasus tersebut dengan mengorek keterangan dari tersangka.

"Kita menunggu informasi selanjutnya. Artinya sekarang kami masih mendalami dan memeriksa (tersangka) lebih lanjut. Dari pengungkapan kasus ini kami berharap bisa menelusuri pemasoknya. Kami berkomitmen perang terhadap narkoba untuk mewujudkan Cianjur bebas dari peredaran narkoba," pungkasnya. (*)

Komentar Berita

Berita Lainnya

Aktualita 14/08/2018 08:00 WIB

Kepala DPPPH dan Barjas Saling Tuding

SALING tuding antara Kepala DPPPH Cianjur, Ahmad Nano dan pejabat Bagian Barang dan Jasa (Barjas) Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur terkait dugaan kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), langsung…

Aktualita 13/08/2018 08:00 WIB

Korupsi dan Pungli Terpantau Ramai Lancar

KORUPSI dan pungutan liar (pungli) di Cianjur terpantau ramai lancar. Itulah kalimat yang didapat Tim Nawacita -9 agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, saat mengunjungi sejumlah wilayah…

Aktualita 08/08/2018 23:28 WIB

Presidium Rakyat: Pimpinan DPRD Tak Bermoral

RATUSAN massa Presidium Rakyat Sugih Mukti kecewa usai menggelar aksi damai di Gedung DPRD Cianjur, Rabu (8/8/2018).

Aktualita 07/08/2018 08:00 WIB

Presidium Rakyat Melawan!

BUPATI Cianjur harus diingatkan kembali bahwa gerakan moral Presidium Rakyat tidak akan pernah berhenti, selama aparat penegak hukum tidak menindak tegas penguasa yang dianggap banyak melakukan pelanggaran…

Aktualita 06/08/2018 07:00 WIB

Masalah Lagi, Korupsi Lagi

BELUM kelar dengan sederet dugaan penyimpangan atau kasus korupsi, kini kabar tak sedap kembali menerpa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Ada apa?

Cianjur Euy 05/08/2018 20:54 WIB

Jelang Asian GamesXVIII, Polres Cianjur Gencar Gelar Razia Ranmor

SATUAN Lalulintas (Satlantas) Polres Cianjur, Jawa Barat menggelar razia kendaraan bermotor di seputaran Pos Traffic Management Center (TMC), Sabtu (4/8/2018) malam.

Cianjur Euy 05/08/2018 20:49 WIB

Perumdam Tirta Mukti Siagakan Armada Mobil Tanki

PERUSAHAAN Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat telah menyediakan armada mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau yang telah melanda…

Cianjur Euy 03/08/2018 07:30 WIB

Pembangunan Desa Cikondang Dimonev

TIM monitoring dan evaluasi (Monev) Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur meninjau lokasi pelaksanaan pembangunan di Desa Cikondang.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:15 WIB

BAPELTAN Gelar Turnamen Sepak Bola Futsal

MEMERIAHKAN HUT RI ke 73, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Cihea, Kecamatan Bojongpicung menggelar turnamen sepak bola futsal antar instansi se Kecamatan Bojongpiung.

Cianjur Euy 03/08/2018 07:00 WIB

Usaha Kulub Tutut Agus Nata Berujung Tragis

MUSIBAH tak bisa diterka kapan waktunya akan datang menimpa seseorang, karena soal yang satu itu merupakan kehendakNYA. Siapa yang mau orang mendapat musibah, tentunya jika saja diberi kemampuan mengetahui…